Jakarta, 24 Februari 2025 – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) terus berkomitmen untuk membangun masyarakat Indonesia yang #FUNanciallyFit, yakni generasi yang paham dan cerdas dalam mengelola keuangan. Salah satu langkah nyata yang diambil adalah dengan menghadirkan Young NYALA, solusi finansial yang dirancang khusus bagi orang tua dengan anak di bawah 17 tahun untuk mengajarkan anak menabung dan mengelola keuangan secara bijak.
Kesadaran akan pentingnya literasi keuangan sejak dini semakin meningkat, sejalan dengan aspirasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menargetkan peningkatan literasi dan inklusi keuangan nasional, termasuk melalui program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCAR) yang menargetkan peningkatan inklusi keuangan 3 persen setiap tahunnya untuk menuju Indonesia Emas 2045 . Dengan pemahaman keuangan yang baik sejak kecil, anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang mampu membuat keputusan finansial yang bijak di masa depan.
Mendukung hal tersebut, Chinni Yanti Tjhin, Personal Banking Division Head OCBC mengatakan “OCBC percaya bahwa agar anak bisa mengelola keuangan sejak dini, maka kita sebagai orang tua harus memberikan mereka kesempatan agar bisa bertanggung jawab mengelola keuangan mereka secara mandiri sejak mereka kecil, tentunya didampingi oleh bimbingan orang tua.”
Setiap orang tua ingin memberikan yang ‘terbaik’ untuk anak-anak mereka. Namun tapi yang terbaik itu seringkali disalahartikan dengan memanjakan anak dengan memberikan banyak hadiah berupa materi secara berlebihan, tanpa diiringi dengan pendampingan yang baik dan mungkin bisa berdampak buruk bagi masa depan mereka. “Dengan Young NYALA, OCBC membawa misi besar untuk membantu orang tua mengenalkan konsep menabung dan mengelola keuangan kepada anak-anak mereka dengan cara yang menyenangkan, aman, mudah, dan interaktif menggunakan OCBC Mobile Anak dan debit card Young NYALA. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menjadikan masyarakat Indonesia lebih #FUNanciallyFit,” tambah Chinni.
Young NYALA hadir dengan berbagai fitur yang dirancang agar anak bisa belajar finansial secara interaktif, sekaligus memberikan kontrol penuh bagi orang tua. Dengan fitur Yang Paham, anak bisa belajar keuangan melalui video dan artikel edukatif yang mudah dipahami. Melalui fitur Yang Pintar, anak dapat mulai menabung dan melakukan transaksi sehari-hari secara mandiri. Sementara itu, fitur Yang Aman memungkinkan orang tua untuk tetap mengawasi transaksi anak melalui OCBC Mobile, termasuk mengatur limit transaksi harian hingga Rp2 juta dan menerima notifikasi setiap kali anak melakukan transaksi.
Sejak awal 2025, anak usia 10 sampai 17 tahun sudah bisa memiliki OCBC Mobile Anak sendiri, yang memungkinkan mereka untuk menabung, mengecek saldo, melakukan transfer dana, membayar dengan QRIS, top up e-wallet, serta membeli paket data dan pulsa. Melalui OCBC Mobile Orang Tua, nasabah juga tetap memiliki kendali penuh atas transaksi anak selama 24 jam, termasuk mengecek saldo, mengatur limit transaksi, memblokir atau membuka akses OCBC Mobile anak, serta menerima notifikasi setiap kali anak melakukan transaksi.
Orang tua yang ingin membuka akun Young NYALA untuk anak mereka bisa melakukannya dengan mudah melalui dua kanal. Pertama, melalui OCBC Mobile orangtua dan melalui cabang OCBC terdekat dengan membawa dokumen seperti KTP orang tua dan Kartu Keluarga.
Memperkenalkan kartu debit bertema Disney
Sebagai bagian dari kerja sama berkelanjutan OCBC dengan Disney di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, Young Nyala OCBC menawarkan desain kartu debit khusus bagi nasabah di Indonesia. Nasabah Young Nyala dapat memilih desain kartu debit sesuai karakter Disney dan Marvel favorit mereka.
Chinni menambahkan, “Dengan desain baru bertema Disney dan Marvel, kami berharap Young Nyala OCBC akan menginspirasi keluarga untuk memulai pengelolaan keuangan bagi generasi mendatang dengan cara yang menyenangkan.”
Kartu debit edisi khusus bertema Disney dan Marvel kini tersedia untuk dipesan dengan mekanisme pre-booking. Nasabah dapat memilih dari desain yang terinspirasi oleh karakter dan cerita kesayangan seperti Lilo & Stitch, Frozen, dan Spider-Man. Nasabah yang membuka akun baru juga berkesempatan untuk mendapatkan welcome kit bertema Disney, selama persediaan masih ada (Syarat dan Ketentuan berlaku).
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Young Nyala OCBC dan pemesanan kartu edisi khusus bertema Disney dan Marvel, silakan kunjungi situs web resmi kami di ocbc.id/youngnyala.
Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 83 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Desember 2024, OCBC melayani nasabah melalui 207 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 531 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 580 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.
Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id
Aleta Hanafi Division Head aleta.hanafi@ocbc.id, Mobile: 62-8119860068 |
Chandra Novita Publicist chandra.novita@ocbc.id Mobile: 62-8111071069 |
Nadya Maharani Publicist nadya.maharani@ocbc.id Mobile: 62-8118725945 |
Novi Henriatika Publicist novi.henriatika@ocbc.id Mobile: 62-8119812329 |