Kemajuan teknologi digital telah memberikan banyak kemudahan dalam berbagai aspek salah satunya layanan keuangan yang dapat diakses melalui handphone.
Kemajuan teknologi digital telah memberikan banyak kemudahan dalam berbagai aspek salah satunya layanan keuangan yang dapat diakses melalui handphone. Namun, dibalik semua kemudahan tersebut, terdapat risiko yang semakin besar, salah satunya adalah ancaman penipuan.
Ini skema modus penipuannya! Hati-hati jangan sampai tertipu
1. Nasabah menerima SMS OTP atas transaksi tidak dikenal atau transaksi yang tidak Nasabah lakukan, lalu penipu akan menelepon menggunakan nomor dan logo yang mengatasnamakan Bank dan menawarkan bantuan untuk melakukan pembatalan transaksi / pemblokiran kartu.
2. Lalu Nasabah diminta mengakses link ke website OCBC palsu yang diberikan melalui email yang domain atau alamat emailnya palsu dan menyerupai email Bank OCBC. Kemudian penipu memandu nasabah mengisi data rahasia perbankan seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu, CVV/CVC, masa berlaku kartu, user ID & password mobile banking serta PIN.
3. Selanjutnya, penipu akan melakukan transaksi menggunakan data perbankan yang telah diberikan nasabah saat mengisi informasi pada link website palsu tersebut.
Agar terhindar dari modus penipuan ini, Ikuti 4 tips cegah kena penipuan:
1. Jangan panik saat terima OTP transaksi yang tidak Anda lakukan.
Tetap tenang dan baca dengan teliti pesan yang diterima.
2. Waspada saat terima telefon dari nomor yang tidak dikenal.
Apalagi saat mereka meminta data rahasia. Segera matikan telepon dan laporkan ke pihak bank. Jika ada keraguan, hubungi TANYA OCBC 1500-999 untuk mendapatkan informasi.
3. Jangan klik link sebelum memastikan link resmi, pastikan seluruh informasi berasal dari akun & nomor OCBC resmi yang terdaftar:
• Website ocbc.id atau web.ocbc.id
• TANYA OCBC 1500-999
• WhatsApp: Tanya OCBC (+62-812-1500999), OCBC Indonesia (+62-811- 2250-0999 & +62-811-5850-0999) dan OCBC Info (+62-811-1060-6222)
• Email: tanya@ocbc.id atau email resmi OCBC lainnya dengan domain/akhiran @ocbc.id
Social Media OCBC:
• Instagram: @ocbc_indonesia
• Facebook: OCBC Indonesia
• X: @OCBC_Indonesia & @tanya_OCBC
• Youtube: OCBC_Indonesia
• Tiktok: ocbc_indonesia
4. Jangan bagikan data rahasia kepada siapapun.
Jaga data pribadi Anda seperti kode OTP, User ID, Password, PIN OCBC mobile atau Internet Banking. Bank dan staff Bank tidak akan pernah meminta data rahasia ini dengan alasan apapun.
Lalu bagaimana jika terlanjur klik link yang diberikan, apa yang harus dilakukan? Tetap tenang dan ikuti tips berikut ini!
1. Segera tutup halaman website/ browser yang sedang diakses. Pastikan tidak menginput informasi apapun termasuk nomor HP, CVV, nomor kartu debit/kredit, PIN, User ID dan password akun perbankanmu.
2. Hubungi kontak resmi TANYA OCBC 1500999 dan segera laporkan jika kamu mengalami indikasi penipuan serupa ataupun indikasi penipuan lainnya.
3. Selalu cek transaksi secara berkala pada OCBC Mobile yang resmi.
Ingat! Selalu teliti kembali pesan yang diterima & waspada karena modus penipuan ini bisa terjadi kepada siapapun.