Account Officer atau AO di bank merupakan posisi yang penting dengan tugas yang sangat kompleks. Kamu yang tertarik meniti karir di bidang ini harus membaca sampai akhir uraian berikut.
Dalam sebuah perusahaan, ada banyak divisi dan posisi dengan masing-masing tugasnya. Hal itu juga berlaku pada sebuah bank, baik di level kantor pusat, cabang, maupun cabang pembantu.
Secara garis besar, jabatan di bank meliputi teller, customer service, back office, account officer, sales officer, investment banker, management, hingga kepala cabang.
Kamu bisa meniti karir dari posisi paling bawah hingga mencapai level tertinggi di kantor bank. Meskipun dalam beberapa kasus, bank bisa saja merekrut orang baru yang berpengalaman untuk menempati posisi atas secara langsung.
Baca juga: 10 Tips agar Bisa Menabung Setiap Hari dengan Konsisten
Melansir berbagai sumber, account officer adalah profesi yang menangani pembukuan dan pencatatan keuangan suatu perusahaan. Tugas utama mereka mencatat transaksi, pembayaran dan pengeluaran, serta memproses faktur.
Itu adalah pengertian account officer secara umum. Dalam perusahaan perbankan, account officer sedikit lebih kompleks karena mereka juga harus berhubungan dengan klien dalam hal ini nasabah.
Secara bahasa, account officer berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu account yaitu “akun” dan officer yaitu “petugas”. Artinya, account officer adalah karyawan yang bertugas menangani berbagai hal yang berkaitan dengan akun. Istilah akun ini merujuk pada klien atau nasabah.
Account officer mulai lazim dikenal di dunia perbankan sejak 1 juni 1983, yaitu saat dunia kerja di bank semakin kompetitif dalam kaitannya dengan pengarahan dan penyaluran dana pihak ketiga.
Saat itu, semua bank berlomba memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah. Para bank itu mulai mengedepankan kepentingan nasabah sehingga muncul slogan “pelayanan yang berorientasi pada nasabah”
Menurut pakar perbankan Indonesia, Deddi Anggadiredja, account officer memiliki 2 pengertian aspek yang berbeda. Pertama sebagai suatu sistem, Account Officer merupakan suatu bagian integral dari suatu sistem manajemen modern di bidang manajemen pemasaran yang efektif.
Kedua sebagai orang yang mengemban fungsi Account Officer, ia adalah petugas bank yang dalam melaksanakan pekerjaannya berusaha menciptakan ramuan tentang berbagai produk dan jasa bank yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar.
Sementara menurut Edratna, Account Officer Bank adalah orang yang bertugas sejak mencari nasabah yang layak sesuai kriteria dan peraturan bank, menilai, mengevaluasi, mengusulkan besarnya kredit yang diberikan.
Baca juga: 6 Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran dan Keuangan
Account Officer adalah pegawai atau karyawan bank yang berada pada bagian perkreditan, yang tugas dan kewajibannya secara umum adalah mengelola kredit nasabahnya.
Artinya, Account Officer akan mencari nasabah yang layak, sesuai dengan kriteria peraturan bank menilai mengevaluasi, menganalisa dan mengusulkan besarnya kredit yang diberikan.
Untuk mendapatkan seorang AO yang berkualitas, diperlukan pendidikan yang memadai dan jam terbang agar bisa mengenali usaha yang layak dibiayai.
Dalam menjalankan tugasnya, Account Officer akan membuat perencanaan terkait usaha apa yang layak dibiayai dan berapa dana yang diperlukan untuk menunjang usaha tersebut.
Kemudian, Account Officer akan melakukan kunjungan ke usaha nasabah, serta melakukan wawancara untuk mencari tahu lebih lanjut tentang nasabah, usahanya, serta kemampuannya dalam menunaikan kewajiban ketika pinjaman sudah diberikan untuk mencegah kredit macet.
Di sisi lain, Account Officer juga berperan sebagai konsultan. Ia akan memandu nasabah agar dapat membuat neraca perkiraan usaha, serta arus kas kemampuan membayarnya.
Selanjutnya AO akan mengusulkan dalam bentuk memorandum analisis kredit kepada atasannya untuk diteruskan ke dalam komite kredit (loan committee) agar diputuskan, berupa persetujuan maupun penolakan.
Secara praktis, tugas dan tanggung jawab seorang Account Officer Bank adalah pemasaran kredit, analisis kredit, mengenalkan produk bank ke nasabah, menjaga relasi dengan klien atau nasabah, hingga mengelola hutang piutang perusahaan.
Baca juga: 10 Cara Menabung untuk Beli Rumah agar Cepat Terwujud
Account Officer atau AO Bank merupakan ujung tombak bisnis bank yang bergerak dalam bidang penyaluran pembiayaan atau kredit. Secara umum, ada dua persyaratan untuk menjadi seorang AO, yaitu syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus yang berkaitan dengan analisis.
Seorang AO harus memiliki jaringan yang luas, yaitu memiliki sumber data yang baik sehingga tidak akan mengalami kesulitan untuk memasarkan produk pembiayaan atau kredit.
AO dituntut memiliki pengetahuan umum yang memadai. Jangan sampai AO meloloskan pembiayaan dari nasabah yang usahanya tidak ia pahami dengan betul.
AO harus memahami prospek bisnis nasabah sehingga kerjasama pembiayaan akan saling menguntungkan. Memiliki mental baja, karena tugasnya sangat berisiko, yaitu memanggul untung-rugi sebuah bank.
Analisis yang baik merupakan tugas utama seorang AO. Selain memasarkan produk pembiayaan, ketajaman analisis seorang AO akan sangat membantu bank memperoleh nasabah yang baik, sehingga keuntungan bank meningkat.
Seorang AO juga dituntut untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan. Pasalnya dalam bekerja, bisa saja AO akan menemukan banyak bisnis yang belum dikuasai sehingga perlu pengetahuan baru untuk menilai prospeknya.
Baca juga: 11 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Baik Anti Ribet
Melihat tugas dan tanggung jawabnya yang besar, akan muncul pertanyaan, berapa kisaran gaji seorang Account Officer di bank?
Secara umum, rata-rata gaji seorang Account Officer berkisar di atas Upah Minimum Regional (UMR) atau Rp4 Juta - Rp5 Juta per bulan. Namun beberapa bank juga ada yang memberikan gaji yang lebih dari itu, yaitu berkisar antara Rp6 Juta - Rp10 Juta per bulan.
Nominal gaji tersebut tentu saja akan disesuaikan dengan pengalaman, capaian kerja, dan sebagainya. Gimana, tertarik jadi seorang Account Officer di bank?
Jika iya, kamu bisa meniti karir sebagai Account Officer di OCBC. Cek ketersediaan lowongan Account Officer di halaman Karir OCBC, atau jika belum tersedia kamu bisa terus memantau halaman tersebut!
Kamu akan mendapatkan lingkungan kerja yang seru di OCBC. Selain ditempa agar menjadi karyawan yang tahan banting, kamu juga akan beradu untuk memberikan ide-ide menawan sekaligus ngulik berbagai tren baru.
Baca juga: Simpanan - Kelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan bertransaksi