SIPP BPJS Ketenagakerjaan memudahkan perusahaan melakukan pelaporan BPJS TK secara online.
Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan atau SIPP BPJS Ketenagakerjaan adalah layanan digital yang memudahkan perusahaan membuat laporan peserta BPJS TK secara online.
Melalui layanan daring tersebut, perusahaan dapat dengan mudah mengelola data peserta BPJS TK mulai dari data upah sampai penghitungan iuran dengan tepat.
Memahami bagaimana cara menggunakan aplikasi SIPP BPJS Ketenagakerjaan adalah hal krusial untuk memastikan perusahaan senantiasa mematuhi aturan terkait pelaporan peserta BPJS TK.
Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu dan cara daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di ulasan berikut ini!
SIPP BPJS Ketenagakerjaan adalah platform yang disediakan untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola dan membuat laporan terkait peserta BPJS TK.
Platform tersebut menjadi solusi bagi perusahaan untuk memudahkan proses administrasi dan menghindari risiko hilangnya data.
Pasalnya, SIPP BPJS Ketenagakerjaan memungkinkan perusahaan untuk memasukkan data perusahaan, data karyawan, data upah, dan perhitungan iuran secara akurat.
Selain itu, pengolahan data juga akan semakin praktis karena perusahaan dapat mutasi atau menambahkan data karyawan baru secara daring.
Platform SIPP Ketenagakerjaan tersedia dalam versi web dan aplikasi yang dapat diunduh gratis melalui Google Play Store atau App Store.
Dalam memudahkan perusahaan mengelola data peserta BPJS TK, terdapat beberapa fitur SIPP Ketenagakerjaan dengan fungsi sebagai berikut:
Fitur Mutasi Data membantu perusahaan mengelola data karyawannya yang tergabung ke dalam BPJS Ketenagakerjaan.
Hal tersebut mencakup fungsi untuk menambah karyawan baru, menghapus data karyawan resign, dan memperbarui data upah terkini.
SIPP BPJS Ketenagakerjaan juga membantu perusahaan memastikan setiap karyawan telah membayar iuran wajib atau premi sesuai ketentuan.
Fitur Monitoring ini juga memudahkan pihak BPJS mengecek bahwa perusahaan telah mematuhi aturan untuk membayarkan iuran sekian persen bagi setiap karyawannya.
Baca juga: 4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lengkap dan Terbaru
Perusahaan dapat mengakses beberapa jenis formulir laporan melalui fitur ini. Berikut adalah daftar laporan yang dapat diunduh.
Selain ketiga fitur di atas, SIPP Ketenagakerjaan oleh BPJS juga memungkinkan perusahaan mengatur data perusahaan mereka.
Hal tersebut mencakup data profil, penambahan perusahaan, pendaftaran atau penghapusan pengguna sebagai pengelola akun.
Sebelum melakukan pendaftaran melalui web atau aplikasi SIPP BPJS Ketenagakerjaan, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi.
Persyaratan tersebut akan dibedakan berdasarkan jenis kepesertaan masing-masing, yaitu:
Kepesertaan TKHK adalah karyawan yang memiliki hubungan kontrak kerja dan mengisi jabatan dalam perusahaan. Syarat yang harus dipenuhi, yaitu:
Jenis kepesertaan TKLHK merujuk pada tenaga kerja yang tidak memiliki hubungan kontrak dengan perusahaan.
Biasanya, mereka adalah freelancer, arsitek, atau pengacara. Berikut adalah dokumen yang perlu disiapkan:
Baca juga: Apa itu JKP? Pengertian, Manfaat, hingga Cara Mendaftarnya
Proses pendaftaran perusahaan ke dalam SIPP BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan mengunjungi laman sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id. Berikut tahapannya:
Setelah memahami cara daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan, langkah yang harus dilakukan berikutnya adalah memasukkan data tenaga kerja.
Terdapat dua metode untuk memasukkan data karyawan, yaitu secara individual dan massal atau sekaligus. Berikut langkah-langkahnya:
Memasukkan data karyawan secara individual biasanya dilakukan ketika ada tenaga kerja baru. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:
Berikut adalah langkah-langkah untuk memasukkan data karyawan secara massal:
Itulah pembahasan lengkap tentang layanan SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang memudahkan perusahaan mengelola data peserta BPJS TK.
Berbicara mengenai kemudahan administrasi BPJS Ketenagakerjaan, Sobat OCBC NISP juga bisa melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui ONe Mobile.
Melalui aplikasi ONe Mobile, Sobat OCBC NISP dapat dengan mudah mengecek tagihan dan melakukan pembayaran dengan mudah.
Selain itu, ONe Mobile juga menyediakan beragam fitur menarik untuk menabung dan berinvestasi melalui beragam jenis instrumen.
Yuk, percayakan urusan keuanganmu bersama OCBC NISP sekarang juga!
Baca juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, Syarat Lengkapnya!