Mengenal Birokrasi: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

9 Nov 2023

Birokrasi adalah istilah dan merujuk pada penyederhanaan sistem yang kompleks.

Birokrasi adalah sebuah istilah umum dan kerap digunakan untuk merujuk kepada alur organisasi yang kompleks dan berlapis.

Sebenarnya, birokrasi pemerintah yang telah memiliki konotasi negatif tidak selamanya memberikan dampak buruk bagi masyarakat.

Bahkan, peran ideal birokrasi adalah membantu suatu badan bekerja, misalnya lembaga keuangan mikro untuk melaksanakan pelayanan publik.

Lantas, apa yang dimaksud dengan birokrasi? Apa jenis, tujuan, contoh, beserta cara kerjanya?

Agar lebih memahami apa yang dimaksud dengan birokrasi, artikel berikut akan menyajikan pembahasan mengenai definisi sekaligus implementasinya.

Apa itu Birokrasi?

Pengertian birokrasi adalah sebuah istilah yang mengacu pada organisasi atau tatanan pemerintah kompleks dan sistemnya berlapis-lapis.

Selain itu, pemaknaan birokrasi adalah suatu organisasi yang mempunyai rantai komando berbentuk piramida yang di mana semakin sulit bagi seseorang berada di tingkat atas.

Dengan kata lain, birokrasi adalah sekumpulan orang yang menjalankan tugas di balik meja, yang dalam hal ini merujuk pada perkantoran atau bidang pemerintahan.

Untuk lebih memahaminya lagi, terdapat beberapa tokoh yang menyampaikan pendapatnya mengenai paradigma birokrasi.

Max Weber, sosiolog asal Jerman, menyampaikan bahwa birokrasi adalah bentuk organisasi yang dalam pelaksanaannya memiliki hubungan dengan tujuan awal.

Fritz Morstein Marx, ilmuwan Jerman-Amerika, juga menambahkan pemahaman akan birokrasi, yakni tipe organisasi yang diterapkan oleh pemerintah guna menjalankan tugas tugasnya dan bersifat spesialis.

Satu lagi, Hegel dan Karl Marx dari Jerman, turut berargumen bahwa birokrasi adalah sebuah alat yang dapat digunakan bersama untuk mengomunikasikan kepentingan khusus dengan kepentingan umum.

Jenis Birokrasi

Dalam menjalankan sistem organisasi yang rumit dan kompleks tersebut, pemerintah kerap mengadaptasi prinsip birokrasi dari Amerika Serikat. Sejumlah jenis birokrasi adalah sebagai berikut.

1. The Cabinet Departments

Birokrasi jenis ini terorganisir ke dalam beberapa departemen yang telah dibagi berdasarkan spesifikasi tugasnya.

Contoh birokrasi departemen misalnya departemen kesehatan, pertahanan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Tugas dari birokrasi ini adalah melaksanakan atau mengeksekusi kebijakan yang telah dibuat oleh lembaga yudikatif dan eksekutif.

Baca juga: Kebijakan Moneter Ekspansif: Pengertian, Contoh, & Tujuannya

2. Federal Agencies

Agen federal sejatinya merupakan tangan kanan dari lembaga eksekutif yang membantu tugasnya secara spesifik.

Walaupun bukan negara federasi seperti Amerika Serikat, namun contoh federal agencies di Indonesia misalnya Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

3. Federal Corporation

Birokrasi jenis ini sebenarnya memadukan fungsinya sebagai tangan kanan pemerintah sekaligus lembaga profit.

Adapun contoh perusahaan milik negara misalnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kereta Api Indonesia (KAI), dan Garuda Indonesia Airways (GIA).

4. Independent Regulatory Agencies

Jenis birokrasi terakhir adalah agen-agen regulasi independen. Sesuai namanya, birokrasi ini tidak terikat dalam struktur pemerintah. Walau demikian, lembaga independen termasuk alat kelengkapan negara.

Adapun contoh lembaga independen di Indonesia adalah Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Komisi Yudisial (KY), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Tujuan Birokrasi

Pada dasarnya, tujuan birokrasi adalah melaksanakan administrasi dan pelayanan publik melalui kerja sama antar lembaga negara.

Adapun secara rinci, tujuan birokrasi adalah berikut ini:

  • Menjalankan program tertentu untuk mencapai visi dan misi pemerintahan.
  • Memberikan pelayanan prima kepada seluruh aspek masyarakat dan melakukan pembangunan secara merata.
  • Memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan maupun perlindungan hak.
  • Mendukung dan meningkatkan efektivitas pencapaian pemerintah.
  • Mengaplikasikan seluruh manajemen pemerintahan.

Cara Kerja Birokrasi

Birokrasi adalah sebuah istilah yang kerap dikait-kaitkan dengan sistem yang redundan, sewenang-wenang, dan inefisiensi.

Bahkan, ada satir yang mengatakan bahwa birokrasi adalah “seni membuat yang mungkin menjadi tidak mungkin".

Secara lebih struktural, birokrasi semula diciptakan untuk pengadaan regulasi organisasi melalui sistem tertutup. Sistem ini dinilai formal dalam menjaga ketertiban.

Seorang birokrat pada umumnya membuat asumsi bahwa organisasi tidak selalu bisa mengandalkan organisasi terbuka yang terlalu kompleks.

Sebaliknya, perlu adanya sistem yang tertutup untuk menjaga keefektifan jalannya pemerintahan.

Baca juga: Fungsi Badan Usaha dan Jenis-Jenisnya yang Ada di Indonesia

Contoh Birokrasi

Setelah Sobat OCBC NISP memahami pengertian birokrasi secara mendalam, kini saatnya masuk ke pembahasan contohnya.

Untuk memudahkannya, penggambaran dari contoh birokrasi adalah sebagai berikut:

1. Pengajuan Izin

Ketika ingin membangun atau merenovasi rumah, Sobat OCBC NISP harus mengajukan izin ke pemerintah setempat.

Proses ini melibatkan pengisian formulir, pembayaran biaya-biaya, dan penerapan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah.

2. Mengurus Visa atau Paspor

Jika ingin bepergian ke luar negeri, Sobat OCBC NISP harus mengurus visa atau paspor. Ini termasuk di dalamnya pengisian formulir, mengumpulkan dokumen, dan biaya administrasi.

3. Pendaftaran Kendaraan

Ketika membeli kendaraan baru atau bekas, Sobat OCBC NISP harus mengurusnya pada otoritas transportasi setempat.

Hal ini tidak luput dari proses seperti pengisian dokumen-dokumen, pembayaran pajak, dan inspeksi kendaraan.

Itu dia penjelasan lengkap tentang pengertian, jenis, tujuan, cara kerja, hingga contoh birokrasi yang mungkin belum Sobat OCBC NISP ketahui.

Dapat disimpulkan, birokrasi adalah upaya pemerintah untuk memberikan efisiensi terhadap pelayanan dari organisasi besar dengan menyederhanakan prosedur yang awalnya terlalu kompleks.

Walau demikian, dalam praktiknya tetap saja ada oknum-oknum licik yang memanfaatkan ‘percepatan’ prosedural ini.

Setelah memahami pengertian birokrasi secara mendalam, apakah Sobat OCBC NISP sudah tahu kalau pemerintah juga menerbitkan obligasi?

Obligasi pemerintah adalah salah satu alternatif bagi Sobat OCBC NISP yang sedang mencari produk investasi dengan risiko rendah.

Sobat OCBC juga bisa memanfaatkan Obligasi OCBC NISP yang menawarkan berbagai pilihan kontrak. Satu hal yang pasti, berinvestasi di OCBC NISP dijamin aman dan cuan!

Dengan bergabung bersama kami, Sobat OCBC NISP akan memperoleh tingkat suku bunga tetap hingga solusi lindung nilai.

Kini, melalui satu aplikasi saja, ONe Mobile, Sobat OCBC NISP dapat melakukan berbagai kebutuhan, seperti investasi hingga pengajuan peminjaman!

Tunggu apalagi, yuk raih cuannya? Mari kembangkan bersama OCBC NISP dan wujudkan usaha impian dari sekarang!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Faktor Produksi, Tujuan, dan Jenisnya 

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 13 Feb 2025

Email resmi “palsu” penuh jebakan, bisa rugikan perusahaan!

Baca
Tax

Edukasi - 16 Jan 2025

Waspada! Tipuan Re-aktivasi Akun Pajak Menjebak

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile