Garansi: Definisi, Syarat, Jenis & Manfaat Cegah Cyber Crime

25 Okt 2023

Garansi adalah jaminan penting untuk melindungi pelanggan dari kejahatan siber.

Garansi adalah jaminan esensial yang harus diberikan oleh penjual kepada pelanggan. Di era digital yang serba online, garansi tidak lagi terbatas pada perlindungan fisik atau kualitas produk, tetapi juga mencakup aspek keamanan data pelanggan.

Beberapa bentuk kejahatan siber yang dapat membahayakan keamanan pelanggan adalah penipuan transaksi online dan kebocoran data pribadi.

Oleh sebab itu, penjual harus mempertimbangkan risiko kejahatan siber ketika merancang garansi untuk menjaga kredibilitas dan etika bisnis.

Lebih lanjut, yuk simak penjelasan terkait garansi, mulai dari pengertian sampai manfaatnya untuk mencegah kejahatan siber, di bawah ini!

Apa itu Garansi?

Secara sederhana, garansi adalah layanan berupa jaminan atas produk atau jasa yang diterima oleh pelanggan.

Jaminan ini diberikan oleh penjual sebagai tanda bahwa produk atau jasa yang dijual memiliki kualitas baik.

Membuat garansi tidak boleh dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan ada landasan hukum yang menjadi acuan pembuatan garansi.

Landasan hukum garansi adalah Undang-Undang (UU) No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Salah satu peraturannya adalah pelanggan berhak untuk menguji coba produk terlebih dahulu.

Lalu, berdasarkan peraturan tersebut, adapun masa jaminan garansi adalah sekitar 1 tahun.[1] 

Syarat Garansi

Garansi adalah bentuk perjanjian atau komitmen kepada pelanggan untuk memberikan perlindungan produk. Maka dari itu, garansi harus bisa memenuhi syarat-syarat tertentu. Beberapa syarat garansi adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan harus bisa memenuhi kewajiban yang tertera di garansi sehingga kualitasnya dapat dipercaya.
  • Garansi harus disusun dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti oleh pelanggan.
  • Garansi harus relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, serta transparan terkait masalah yang mungkin dialami oleh pelanggan.
  • Garansi harus dibuat dengan ketentuan yang logis dan adil antara penjual dan pelanggan.

Apa Saja Jenis Garansi?

Ada beberapa jenis garansi yang bisa diberikan oleh penjual. Setiap jenis garansi memuat ketentuan yang lebih spesifik dan berbeda satu sama lain. Beberapa jenis garansi adalah sebagai berikut:

1. Garansi Resmi

Pertama, salah satu jenis garansi adalah yang bersifat resmi, yaitu jaminan diberikan langsung oleh pihak produksi.

Meskipun pada dasarnya, masa jaminan garansi adalah satu tahun, tapi untuk jenis yang satu ini dapat memberikan jangka waktu lebih lama. Masa jaminannya sekitar 3-5 tahun.

Garansi resmi bisa didapatkan langsung dari official store atau service center di lokasi mana pun.

2. Garansi Distributor

Garansi distributor umumnya dianggap tidak resmi karena tidak langsung diberikan oleh pihak produksi.

Meski begitu, bukan berarti produk dan garansi bersifat ilegal karena hal ini juga sudah menjadi tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh distributor.

Biasanya, syarat yang tertera akan berbeda dengan garansi resmi, seperti keterbatasan kewenangan dalam melakukan perbaikan produk.

Baca juga: Surat Perjanjian Jual Beli: Contoh, Fungsi, & Cara Buatnya

3. Garansi Toko

Garansi toko adalah jaminan yang diberikan oleh pihak penjual atau tempat pembelian produk.

Jenis yang satu ini tidak akan menghilangkan garansi resmi dari pihak produksi. Oleh sebab itu, pelanggan bisa mendapatkan dua macam garansi sekaligus, yaitu garansi resmi dan garansi toko.

Kekurangannya adalah masa jaminan yang sebentar dan klaim garansi hanya bisa dilakukan di tempat pembelian produk.

4. Garansi Global

Selanjutnya, salah satu jenis garansi adalah yang bersifat global atau internasional. Garansi resmi ini bisa diperoleh di negara mana pun selama berada dalam jangkauan perusahaan.

Jadi, untuk mendapatkan garansi ini, Sobat OCBC NISP tidak perlu repot untuk pergi ke negara pihak produksi.

5. Bank Garansi

Terakhir, salah satu jenis garansi adalah yang diberikan oleh pihak bank. Bank garansi adalah jaminan kepada pihak ketiga apabila nasabah melakukan wanprestasi.

Cara kerja bank garansi adalah membuat perjanjian tertulis dengan pihak ketiga jika nasabah tidak memenuhi kewajibannya kepada penerima jaminan.

Jadi, beberapa syarat bank garansi adalah reputasi nasabah yang baik, kelayakan transaksi bisnis, dan kondisi keuangan.

Manfaat Garansi untuk Mencegah Kejahatan Siber

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa saat ini garansi tidak lagi terbatas untuk memberikan perlindungan fisik, tetapi juga mencakup aspek keamanan dari kejahatan siber.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa manfaat garansi untuk mencegah kejahatan siber sehingga keamanan pelanggan bisa terjamin:

1. Memberikan Perlindungan Data pada Pelanggan

Pertama, garansi adalah salah satu upaya perusahaan untuk mencegah kebocoran data pelanggan. Garansi yang dibuat akan dipastikan memiliki standar keamanan tinggi.

Namun, apabila terjadi penyalahgunaan data, garansi bisa digunakan untuk penyelidikan dan mengganti kerugian pada pelanggan.

2. Meningkatkan Kredibilitas Penjual

Pada dasarnya, manfaat garansi adalah untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan sehingga perusahaan dapat menjaga kredibilitasnya.

Dalam mencegah kejahatan siber, garansi dapat meminimalkan risiko penipuan sekaligus mengurangi potensi ancaman transaksi online.

3. Mengikat Penjual dan Pelanggan

Garansi dapat dianggap sebagai perjanjian antara penjual dan pelanggan ketika melakukan transaksi. Dengan kata lain, masing-masing pihak memiliki tanggung jawab tertentu.

Penjual wajib memberikan perlindungan terhadap kejahatan siber yang mungkin terjadi. Sebaliknya, pelanggan harus bisa menjaga informasi pribadi, seperti bukti transaksi.

4. Menetapkan Standar Produk Digital

Manfaat garansi adalah membantu pihak produksi untuk merancang, mengembangkan, dan menguji produk digital dengan lebih cermat.

Selain itu, garansi juga berperan penting agar pihak produksi bisa menciptakan inovasi yang dapat memaksimalkan perlindungan kejahatan siber.

5. Sebagai Bahan Evaluasi untuk Penjual

Selanjutnya, garansi dapat digunakan sebagai bahan evaluasi, terutama dalam memeriksa standar keamanan dan keandalan sistem informasi.

Dengan begitu, perusahaan bisa menemukan sekaligus mencari solusi untuk menghindari potensi ancaman kejahatan siber dari produk yang akan dijual.

6. Mengefektifkan Kegiatan Bisnis dengan Garansi Digital

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengganti garansi fisik ke digital. Beberapa keunggulannya adalah diakses secara online, fleksibel, dan ramah lingkungan.

Dalam mencegah kejahatan siber, garansi digital dapat memudahkan perusahaan untuk memantau dan mengelola data secara real-time.

Cara Lain untuk Menghindari Cyber Crime Selain Garansi

Selain dengan garansi, ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pelanggan untuk mencegah cyber crime, yaitu:

  • Membuat password yang kuat dan menggantinya secara berkala.
  • Memanfaatkan fitur Two-Factor Authentication (2FA) untuk keamanan yang berlapis.
  • Tidak menyebarluaskan kode OTP saat bertransaksi.
  • Hindari install aplikasi atau akses website dari sumber yang mencurigakan.
  • Melakukan backup file secara rutin, terutama yang memuat informasi pribadi.
  • Memasang software antivirus dan anti malware yang terpercaya.

Demikian penjelasan terkait garansi, mulai dari pengertian, syarat, jenis, dan manfaatnya untuk perlindungan dari kejahatan siber.

Jadi, garansi adalah jaminan yang bisa memberikan perlindungan dari kejahatan siber dengan manfaat seperti perlindungan data sampai mengefektifkan kegiatan bisnis.

Lalu, untuk menjamin keamanan saat transaksi online, Sobat OCBC NISP juga bisa memanfaatkan aplikasi ONe Mobile.

ONe Mobile adalah aplikasi untuk memudahkan aktivitas perbankan dengan keamanan secara berlapis.

Aplikasi ONe Mobile memiliki fitur Two-Factor Authentication (2FA) yang berfungsi mengamankan akun dari berbagai macam kejahatan digital.

Selain keamanan, ONe Mobile juga menawarkan keuntungan lainnya, seperti bebas biaya transfer, Tabungan Valas dengan 12 mata uang, modal investasi murah, dan akses pinjaman mudah.

Yuk, install aplikasi ONe Mobile sekarang juga supaya nyaman dan aman saat transaksi online!

Baca juga: Apa itu Asuransi? Kenali Manfaat, Jenis, dan Contohnya


Story for your Inspiration

Baca

News Update - 20 Des 2024

Four lessons from the US inflation data

Baca

Investasi - 18 Des 2024

Pinjol Makin Mudah, Hati-hati Terjebak Hutang Konsumtif

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile