Garansi adalah jaminan penting untuk melindungi pelanggan dari kejahatan siber.
Garansi adalah jaminan esensial yang harus diberikan oleh penjual kepada pelanggan. Di era digital yang serba online, garansi tidak lagi terbatas pada perlindungan fisik atau kualitas produk, tetapi juga mencakup aspek keamanan data pelanggan.
Beberapa bentuk kejahatan siber yang dapat membahayakan keamanan pelanggan adalah penipuan transaksi online dan kebocoran data pribadi.
Oleh sebab itu, penjual harus mempertimbangkan risiko kejahatan siber ketika merancang garansi untuk menjaga kredibilitas dan etika bisnis.
Lebih lanjut, yuk simak penjelasan terkait garansi, mulai dari pengertian sampai manfaatnya untuk mencegah kejahatan siber, di bawah ini!
Secara sederhana, garansi adalah layanan berupa jaminan atas produk atau jasa yang diterima oleh pelanggan.
Jaminan ini diberikan oleh penjual sebagai tanda bahwa produk atau jasa yang dijual memiliki kualitas baik.
Membuat garansi tidak boleh dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan ada landasan hukum yang menjadi acuan pembuatan garansi.
Landasan hukum garansi adalah Undang-Undang (UU) No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Salah satu peraturannya adalah pelanggan berhak untuk menguji coba produk terlebih dahulu.
Lalu, berdasarkan peraturan tersebut, adapun masa jaminan garansi adalah sekitar 1 tahun.[1]
Garansi adalah bentuk perjanjian atau komitmen kepada pelanggan untuk memberikan perlindungan produk. Maka dari itu, garansi harus bisa memenuhi syarat-syarat tertentu. Beberapa syarat garansi adalah sebagai berikut:
Ada beberapa jenis garansi yang bisa diberikan oleh penjual. Setiap jenis garansi memuat ketentuan yang lebih spesifik dan berbeda satu sama lain. Beberapa jenis garansi adalah sebagai berikut:
Pertama, salah satu jenis garansi adalah yang bersifat resmi, yaitu jaminan diberikan langsung oleh pihak produksi.
Meskipun pada dasarnya, masa jaminan garansi adalah satu tahun, tapi untuk jenis yang satu ini dapat memberikan jangka waktu lebih lama. Masa jaminannya sekitar 3-5 tahun.
Garansi resmi bisa didapatkan langsung dari official store atau service center di lokasi mana pun.
Garansi distributor umumnya dianggap tidak resmi karena tidak langsung diberikan oleh pihak produksi.
Meski begitu, bukan berarti produk dan garansi bersifat ilegal karena hal ini juga sudah menjadi tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh distributor.
Biasanya, syarat yang tertera akan berbeda dengan garansi resmi, seperti keterbatasan kewenangan dalam melakukan perbaikan produk.
Baca juga: Surat Perjanjian Jual Beli: Contoh, Fungsi, & Cara Buatnya
Garansi toko adalah jaminan yang diberikan oleh pihak penjual atau tempat pembelian produk.
Jenis yang satu ini tidak akan menghilangkan garansi resmi dari pihak produksi. Oleh sebab itu, pelanggan bisa mendapatkan dua macam garansi sekaligus, yaitu garansi resmi dan garansi toko.
Kekurangannya adalah masa jaminan yang sebentar dan klaim garansi hanya bisa dilakukan di tempat pembelian produk.
Selanjutnya, salah satu jenis garansi adalah yang bersifat global atau internasional. Garansi resmi ini bisa diperoleh di negara mana pun selama berada dalam jangkauan perusahaan.
Jadi, untuk mendapatkan garansi ini, Sobat OCBC NISP tidak perlu repot untuk pergi ke negara pihak produksi.
Terakhir, salah satu jenis garansi adalah yang diberikan oleh pihak bank. Bank garansi adalah jaminan kepada pihak ketiga apabila nasabah melakukan wanprestasi.
Cara kerja bank garansi adalah membuat perjanjian tertulis dengan pihak ketiga jika nasabah tidak memenuhi kewajibannya kepada penerima jaminan.
Jadi, beberapa syarat bank garansi adalah reputasi nasabah yang baik, kelayakan transaksi bisnis, dan kondisi keuangan.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa saat ini garansi tidak lagi terbatas untuk memberikan perlindungan fisik, tetapi juga mencakup aspek keamanan dari kejahatan siber.
Oleh karena itu, berikut adalah beberapa manfaat garansi untuk mencegah kejahatan siber sehingga keamanan pelanggan bisa terjamin:
Pertama, garansi adalah salah satu upaya perusahaan untuk mencegah kebocoran data pelanggan. Garansi yang dibuat akan dipastikan memiliki standar keamanan tinggi.
Namun, apabila terjadi penyalahgunaan data, garansi bisa digunakan untuk penyelidikan dan mengganti kerugian pada pelanggan.
Pada dasarnya, manfaat garansi adalah untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan sehingga perusahaan dapat menjaga kredibilitasnya.
Dalam mencegah kejahatan siber, garansi dapat meminimalkan risiko penipuan sekaligus mengurangi potensi ancaman transaksi online.
Garansi dapat dianggap sebagai perjanjian antara penjual dan pelanggan ketika melakukan transaksi. Dengan kata lain, masing-masing pihak memiliki tanggung jawab tertentu.
Penjual wajib memberikan perlindungan terhadap kejahatan siber yang mungkin terjadi. Sebaliknya, pelanggan harus bisa menjaga informasi pribadi, seperti bukti transaksi.
Manfaat garansi adalah membantu pihak produksi untuk merancang, mengembangkan, dan menguji produk digital dengan lebih cermat.
Selain itu, garansi juga berperan penting agar pihak produksi bisa menciptakan inovasi yang dapat memaksimalkan perlindungan kejahatan siber.
Selanjutnya, garansi dapat digunakan sebagai bahan evaluasi, terutama dalam memeriksa standar keamanan dan keandalan sistem informasi.
Dengan begitu, perusahaan bisa menemukan sekaligus mencari solusi untuk menghindari potensi ancaman kejahatan siber dari produk yang akan dijual.
Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengganti garansi fisik ke digital. Beberapa keunggulannya adalah diakses secara online, fleksibel, dan ramah lingkungan.
Dalam mencegah kejahatan siber, garansi digital dapat memudahkan perusahaan untuk memantau dan mengelola data secara real-time.
Selain dengan garansi, ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pelanggan untuk mencegah cyber crime, yaitu:
Demikian penjelasan terkait garansi, mulai dari pengertian, syarat, jenis, dan manfaatnya untuk perlindungan dari kejahatan siber.
Jadi, garansi adalah jaminan yang bisa memberikan perlindungan dari kejahatan siber dengan manfaat seperti perlindungan data sampai mengefektifkan kegiatan bisnis.
Lalu, untuk menjamin keamanan saat transaksi online, Sobat OCBC NISP juga bisa memanfaatkan aplikasi ONe Mobile.
ONe Mobile adalah aplikasi untuk memudahkan aktivitas perbankan dengan keamanan secara berlapis.
Aplikasi ONe Mobile memiliki fitur Two-Factor Authentication (2FA) yang berfungsi mengamankan akun dari berbagai macam kejahatan digital.
Selain keamanan, ONe Mobile juga menawarkan keuntungan lainnya, seperti bebas biaya transfer, Tabungan Valas dengan 12 mata uang, modal investasi murah, dan akses pinjaman mudah.
Yuk, install aplikasi ONe Mobile sekarang juga supaya nyaman dan aman saat transaksi online!
Baca juga: Apa itu Asuransi? Kenali Manfaat, Jenis, dan Contohnya