7 Cara Belajar Digital Marketing yang Efektif untuk Pemula

29 Sep 2023

Belajar digital marketing menjadi salah satu cara untuk menjangkau target pasar.

Dewasa ini, belajar digital marketing merupakan keharusan bagi setiap individu agar dapat bersaing di dunia kerja.

Hal ini dikarenakan hampir semua industri saat ini mulai mengoptimalkan aspek digital untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Akan tetapi, digital marketing memiliki istilah dan beragam aspek yang perlu dipahami terlebih dahulu agar tidak salah langkah.

Untuk memahami pendekatan platform online yang berbeda-beda ini, Sobat OCBC NISP perlu belajar digital marketing melalui berbagai cara berikut.

Mengapa Harus Belajar Digital Marketing?

Sebagai orang awam, tentu Sobat OCBC NISP bertanya, kenapa harus belajar digital marketing?

Jawabannya adalah karena konsep pemasaran saat ini telah bergeser yang semula konvensional, kini merambah ke ranah digital.

Sebagian besar orang tidak bisa luput dari kecanggihan smartphone dan banyak menghabiskan waktunya di media sosial.

Nah, dalam melihat sebuah peluang bisnis, kita perlu ikut update dan beranjak dari metode pemasaran yang sudah tidak lagi relevan, yakni dengan memanfaatkan berbagai jejaring sosial.

Sejalan dengan hal itu, manfaat belajar digital marketing di antaranya meliputi biaya promosi yang lebih murah, menjangkau target pasar, dan menjalin hubungan dengan pelanggan lebih mudah.

Cara Belajar Digital Marketing

Terdapat beberapa cara belajar digital marketing yang bisa Sobat OCBC NISP mulai dari sekarang.

Cara belajar dan strategi tersebut bersifat universal, artinya digital marketing melingkupi jenis usaha apapun.

Adapun, sejumlah cara belajar digital marketing adalah seperti berikut ini.

1. Riset Pasar

Cara belajar digital marketing yang pertama adalah dengan menentukan produk dan target pasar.

Dalam hal ini, Sobat OCBC NISP juga perlu untuk mengetahui permasalahan apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar.

Dengan begitu, produk Sobat OCBC NISP mampu menjawab permasalahan masyarakat yang membuatnya lebih tahan lama dan tepat sasaran.

2. Pahami Marketing Funnel

Cara belajar digital marketing selanjutnya adalah memahami marketing funnel dalam dunia bisnis.

Marketing funnel sendiri dapat diartikan sebagai gambaran calon konsumen dalam mencapai keputusan transaksi.

Ada lima tahapan marketing funnel, yakni:

- Awareness (kesadaran), yakni titik di mana calon konsumen menyadari kebutuhan dan berharap mendapat solusi.

- Consideration (pertimbangan), yakni tahap di saat calon konsumen mencari informasi mengenai produk atau jasa yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

- Purchase (pembelian), yakni tahap di mana calon konsumen bertransaksi dan menggunakan produk tersebut.

- Retention (pemakaian kembali), yakni titik di saat pelanggan merasa puas dengan suatu produk atau jasa dan memutuskan untuk repurchase atau repeat order.

- Advocacy (testimoni), yakni tahap di mana pelanggan yang merasa puas mulai merekomendasikan produk kepada orang lain.

Nah, dengan memahami lima tahapan konsep ini, Sobat OCBC NISP bisa menentukan strategi promosi yang baik, agar setiap calon pembeli dapat mencapai tahap ke-5.

Baca Juga: Industri Kreatif: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

3. Memanfaatkan Beragam Media

Selain riset pasar dan funnel, cara belajar digital market yang lainnya adalah dengan memanfaatkan beragam media.

Perkembangan zaman mendorong industri teknologi untuk terus berinovasi menciptakan temuan yang efisien membantu pekerjaan manusia.

Dalam hal ini, terdapat banyak media yang bisa Sobat OCBC NISP manfaatkan untuk menjangkau target pasar lebih luas.

Adapun, berbagai pilihan media pemasaran meliputi affiliate, Whatsapp for Business, landing page, chat marketing, dan masih banyak lagi.

4. Pelajari Kemampuan Copywriting

Belajar digital marketing tidak akan berhasil tanpa keahlian copywriting atau penggunaan kata-kata relevan.

Lain halnya dengan content writing, copywriting lebih fokus kepada teknik memengaruhi pembaca dalam segi promosi.

Dengan mempelajari teknik khusus ini, tentunya usaha Sobat OCBC NISP akan berpotensi menjangkau pembaca dengan metode cerdik (soft-selling) dan efektif (convincing).

5. Pahami Metrik

Dalam dunia digital marketing, ada empat kategori metrik, yakni website traffic, engagement, conversion, dan revenue metric.

Metrik adalah sekumpulan standar yang dipakai untuk pengukuran keberhasilan pemasaran sebagai salah satu bahan evaluasi perusahaan.

Dengan memahami cara kerja metrik, Sobat OCBC NISP dapat mengembangkan bisnis dan mengisi peluang yang ada.

6. Kenali Calon Pelanggan

Metode belajar digital marketing satu ini cukup krusial dalam pengembangan usaha. Pasalnya, tanpa pelanggan yang tepat suatu usaha akan sulit untuk bertahan.

Maka dari itu, dalam dunia digital marketing, buyer persona menjadi salah satu strategi identifikasi kebutuhan pelanggan.

Untuk mendapat gambaran karakter pelanggan yang diinginkan, Sobat OCBC NISP perlu melakukan riset mendalam, yakni melalui observasi atau wawancara.

Sobat OCBC NISP bisa mengumpulkan informasi calon pelanggan (data pribadi, tingkah laku, kebiasaan), serta mengetahui masalah pelanggan yang sedang dirasakan.

Dengan demikian Sobat OCBC NISP dapat memahami lebih baik tentang kebutuhan pelanggan ideal dan meningkatkan efisiensi pemasaran.

Baca Juga: 7 Cara Dapat Uang Dari TikTok yang Menguntungkan

7. Kuasai Tools Digital Marketing

Dalam melakukan digital marketing, setiap perusahaan tidak luput dari penggunaan alat penunjang atau tools.

Kegunaan tools digital marketing dapat memberikan efisiensi produksi dan menghemat biaya operasional.

Adapun, contoh alat pemasaran yang bisa dimanfaatkan, misalnya automatic email extension, analisis data, Google Analytics, dan SEO tools.

Pilihan Digital Marketing

Setelah kita mengetahui cara belajarnya, kemudian muncul pertanyaan, “apa aja sih pilihan atau channel dalam digital marketing?”.

Terdapat beberapa pilihan digital marketing yang bisa Sobat OCBC NISP andalkan untuk mendukung usaha, yakni sebagai berikut:

1. Mobile marketing;

2. Content marketing;

3. Whatsapp for Business;

4. Marketplace optimization;

5. Email marketing;

6. Digital advertising;

7. Search Engine Optimization (SEO);

8. Search Engine Marketing (SEM);

9. Social Media Marketing (SMM);

10. Affiliate marketing;

11. Google My Business.

Itu tadi cara belajar digital marketing yang cukup efektif untuk mengawali strategi pemasaran secara online.

Aspek-aspek dasar di atas cukup untuk mengenalkan Sobat OCBC NISP terhadap gambaran cara kerja digital marketing di berbagai industri.

Menarik, bukan? Nah, selain digital marketing, perkembangan zaman membawa dunia perbankan kepada digital bisnis untuk transaksi yang lebih cepat dan efektif.

Namun, selain memahami cara mengatur strategi promosi dengan digital marketing, tak kalah penting bagi Sobat OCBC NISP untuk mengatur keuangan bisnis dengan efektif.

Nah, hal tersebut bisa lebih mudah apabila Sobat OCBC NISP menggunakan layanan NYALA Bisnis dari OCBC NISP.

NYALA Bisnis memiliki solusi komprehensif untuk bisnis UMKM, baik tahapan individu hingga badan usaha terdaftar, dapat membantu mengembangkan bisnis, serta mengecek kesehatan bisnis Sobat OCBC NISP.

Tunggu apalagi? Yuk, raih cuan bersama OCBC NISP sekarang juga!

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

Story for your Inspiration

Baca

News Update - 20 Des 2024

Four lessons from the US inflation data

Baca

Investasi - 18 Des 2024

Pinjol Makin Mudah, Hati-hati Terjebak Hutang Konsumtif

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile