Kenalkan Inovasi Teknologi Baru atas Kemudahan Pembukaan Rekening OCBC dengan Dukungan Inisiatif IKD Dukcapil

11 Feb 2025

Jakarta, Selasa, 11 Februari 2025 OCBC bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mengumumkan peluncuran penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai dokumen identitas resmi untuk proses pembukaan rekening di seluruh cabang Bank OCBC. OCBC sebagai bank swasta pertama yang sudah mengimplmentasikan IKD versi terbaru di 202Peluncuran ini sebagai bentuk komitmen Bank dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam mengakses layanan perbankan, serta mendukung upaya pemerintah dalam digitalisasi identitas kependudukan.

Dengan adanya IKD, nasabah kini dapat melakukan proses onboarding yang lebih mudah dan cepat tanpa perlu membawa E- pembukaan rekening hanya dengan menggunakan aplikasi IKD di smartphone The Ka Jit selaku Direktur OCBC.

Kerjasama strategis ini sebagai bentuk komitmen OCBC dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam mengakses layanan perbankan, serta mendukung upaya Pemerintah dalam digitalisasi identitas kependudukan.

Mensuseno, SE., M.A., selaku Plh Direktur Integrasi Data Kependudukan Nasional pada Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, mengatakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) ini di tahun 2022, kami memiliki tujuan tidak hanya memudahkan akses data, tetapi juga meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam berbagai layanan publik. Kami sadar betul bahwa elemen data kependudukan digunakan untuk memudahkan dan menjamin akuntabilitas seluruh aktivitas pelayanan publik serta menjadikannya akurat lantaran bersifat tunggal. Untuk itu, dengan adanya perluasan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk swasta perbankan, dapat menjadi langkah strategis dalam dan memastikan setiap warga negara mendapatkan akses yang mudah dan cepat ke semua layanan yang ada,

Pemanfaatan data kependudukan digital ini juga berlaku di seluruh Indonesia sebagai wujud dukungan nyata Dinas Dukcapil demi meningkatkan akurasi, efektivitas, dan akuntabilitas pelayanan publik. Adapun keunggulan dari penggunaan IKD antara lain:

  • Proses Onboarding yang mudah dan cepat: Nasabah tidak perlu lagi membawa E-KTP fisik, cukup menggunakan aplikasi IKD.
  • Integrasi langsung dengan Dukcapil: Memastikan data kependudukan nasabah terisi secara otomatis dan akurat.
  • Keamanan data nasabah terjamin: Proses verifikasi dilakukan dengan metode yang aman dan terpercaya.

Penggunaan IKD pun akan sangat mudah, nasabah hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Install dan lakukan aktivasi pada aplikasi IKD.
  2. Log in pada aplikasi IKD menggunakan PIN atau Face Recognition (FR).
  3. Tunjukkan QR code KTP Digital yang terdapat pada aplikasi IKD kepada petugas Bank.
  4. Petugas Bank akan melakukan scan QR Code pada aplikasi yang tersedia di cabang, dan secara otomatis data kependudukan nasabah terisi pada sistem Bank.

Dengan adanya IKD, tidak hanya mempermudah proses administratif, tetapi juga memperkuat keamanan data identitas masyarakat. Serta mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik, tanpa perlu autentikasi ulang saat mengakses layanan yang berbeda.

Di seluruh cabang OCBC, proses verifikasi biometrik juga sudah dilengkapi dengan teknologi Face Recognition (FR) dari Dukcapil, yang memungkinkan aktivasi penuh secara digital. Hal ini memudahkan proses Know Your Customer (KYC) yang berperan penting dalam melancarkan proses layanan keuangan secara online. Sebagai informasi tambahan, di tanggal 11 Februari 2025, tim Dukcapil pertama kalinya juga langsung memberikan layanan aktivasi IKD di kantor OCBC Space, dengan terpantau sampai dengan satu hari sebanyak 835 karyawan OCBC telah memverifikasikan IKD.

Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 83 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Desember 2024, OCBC melayani nasabah melalui 207 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 531 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 580 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbc.id,
Mobile: 62-8119860068
Chandra Novita
Publicist
chandra.novita@ocbc.id
Mobile: 62-8111071069

News for your Inspiration

Read More
OCBC x FWD Insurance

Partnership - 10 Sep 2024

Perkuat Kemitraan Bisnis, OCBC dan FWD Insurance Tandatangani Kerja sama Bancassurance

Read More
OttoDigital x OCBC

Partnership - 26 Jun 2024

OttoDigital dan OCBC Bersinergi Berikan Solusi Pembiayaan Holistik untuk Ekosistem Keuangan yang Sehat

See All