Jakarta, 30 April 2024 – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) telah merilis laporan kinerja kuartal pertama tahun 2024.
Kinerja Keuangan Utama per 31 Maret dalam IDR triliun, kecuali % |
|||
---|---|---|---|
Deskripsi | 2024 | 2023 | ∆% YoY |
Laba Bersih | 1,17 | 1,03 | 13% |
Kredit | 152,6 | 137,6 | 11% |
Simpanan Nasabah | 179,9 | 168,8 | 7% |
Total Aset | 252,4 | 239,9 | 5% |
Total Ekuitas | 36,8 | 35,4 | 4% |
Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC, mengatakan ”Pada periode ini, OCBC kembali mencatatkan kinerja yang positif dengan laba bersih yang naik 13% menjadi Rp1,17 triliun, dibandingkan Rp1,03 triliun pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Di kuartal pertama ini, kami juga mencatatkan total aset yang meningkat 5% YoY menjadi Rp252,4 triliun.”
Laba sebelum pajak OCBC meningkat 13% Year on Year (YoY) menjadi Rp1,48 triliun, dengan Return on Equity (ROE) meningkat menjadi 13%. Selain itu, kondisi likuiditas Bank juga tercatat sehat dengan Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 228,3%, di atas ketentuan regulator.
Kinerja positif OCBC di kuartal pertama 2024 didukung oleh peningkatan pendapatan bunga bersih sebesar 6% YoY dan penurunan beban cadangan kerugian penurunan nilai sebesar 96% YoY seiring dengan membaiknya kualitas aset akibat pulihnya aktivitas ekonomi.
“Kami senantiasa optimis dan mendorong pertumbuhan serta layanan yang komprehensif di setiap segmen bisnis, dengan tetap berpegang pada prinsip kehati-hatian," tambah Parwati.
Total penyaluran kredit di OCBC meningkat sebesar 11% YoY pada kuartal 1 2024, yang terutama didorong oleh pertumbuhan pada kredit perbankan ritel sebesar 13% dan kredit perbankan bisnis sebesar 10%. Penyaluran KPR mencatat kenaikan sebesar 16% YoY, termasuk didukung oleh KPR Easy Start & KPR Kendali, produk unggulan OCBC dalam kredit pemilikan rumah.
Sejalan dengan komitmen OCBC untuk tetap berpegang pada prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit, NPL gross berada pada level 1,8% sementara NPL net berada di level 0,6%, di mana keduanya mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
DPK OCBC tumbuh sebesar 7% YoY pada posisi akhir Maret 2024 dengan komposisi CASA sebesar 56,6% dibandingkan total DPK.
Jumlah transaksi OCBC melalui e-channel berhasil mencatatkan pertumbuhan sebesar 58% YoY. Selain itu, jumlah pengguna aktif individu internet banking dan OCBC Mobile meningkat sebesar 28% YoY. Untuk nasabah korporasi, terdapat peningkatan jumlah pengguna sebesar 22% YoY dan peningkatan jumlah transaksi di OCBC Business sebesar 32% YoY.
Inisiatif OCBC di Kuartal 1 2024: Terus Mendukung Literasi & Inklusi Keuangan Nasabah Individu dan UMKM
OCBC berkomitmen untuk terus mendorong kesehatan finansial di kalangan individu maupun bisnis. Sebagai bagian dari komitmen ini, Bank secara konsisten meningkatkan kapabilitas platform edukasinya, www.ruangmenyala.com, dengan menyediakan berbagai fitur baru. Salah satunya fitur di mana anggota Ruang Menyala maupun nasabah dapat langsung menjadwalkan sesi konsultasi keuangan dengan Certified Financial Planner secara gratis di website tersebut agar dapat #FinanciallyFit.
Awal tahun ini, khusus untuk UMKM, OCBC telah meluncurkan sebuah creative hub lembaga keuangan pertama di Indonesia bernama Ruang Kreasi by OCBC. Creative hub ini hadir untuk mendukung dan memfasilitasi kreativitas dan kegiatan pemasaran UMKM. Selain itu, sebagai bagian dari program CSR, OCBC juga bekerja sama dengan XL Axiata melalui fitur baru di program Sisternet bernama Finansister untuk memberikan fasilitas pinjaman usaha dan literasi keuangan digital bagi UMKM Perempuan.
Sekilas laporan keuangan dan rasio keuangan per 31 Maret 2024, disajikan dalam factsheet terlampir.
Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 83 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Maret 2024, OCBC melayani nasabah melalui 200 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 495 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 580 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.
Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id
Aleta Hanafi Division Head aleta.hanafi@ocbc.id, Mobile: 62-8119860068 |
Chandra Novita Publicist chandra.novita@ocbc.id Mobile: 62-8111071069 |
Nadya Maharani Publicist nadya.maharani@ocbc.id Mobile: 62-8118725945 |
Novi Henriatika Publicist novi.henriatika@ocbc.id Mobile: 62-8119812329 |