Email resmi “palsu” penuh jebakan, bisa rugikan perusahaan!

13 Feb 2025 Ditulis oleh: Redaksi OCBC

Penipu semakin banyak mencari perusahaan untuk diincar!

Modus penipuan Business Email Compromise (BEC) terus terjadi dan menyebabkan kerugian bagi Perusahaan dalam jumlah besar. Bukan hanya menyangkut keuangan, namun juga reputasi hingga kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis, serta kebocoran informasi credential perusahaan.

Hati-hati dan teliti!

Lakukan pengecekkan lebih lanjut terhadap email yang diterima, seperti merujuk pada pengajuan kerjasama antar perusahaan, pembiayaan, dan lainnya.

Kenali ciri-ciri penipuan melalui email, sebagai berikut:

  1. Pemalsuan identitas

    Penipu menggunakan foto profil, domain email, hingga contact perusahaan yang dibuat sangat mirip dengan perusahaan resmi, untuk mengelabui korban.

    Misal penggunaan domain email yang hampir sama dengan tujuan kerjasama antara OCBC dan Perusahaan yang menjadi target penipuan:

    Salah Benar
    clienservices@ocbcid.id clientservices@ocbc.id

     

  2. Mengaku sebagai orang yang bisa dipercaya

    Melalui email yang dikirimkan, pelaku akan berpura-pura menjadi “rekan bisnis”, “pemasok/supplier”, “mitra bisnis”, hingga “Direktur/COO/CEO” dari sebuah Perusahaan yang berhubungan dengan korban.

  3. Peretasan data melalui lampiran dan link palsu

  4. Hati-hati pada lampiran atau link yang  diiming-iming berisi data penting. Misal: Quotation/invoice, pemberitahuan, atau dokumen bernada penting lainnya, hingga link mengandung malware yang berisiko mempermudah pelaku mengakses data/informasi perusahaan dan keuangan, saat dibuka/klik.

Mari lakukan pencegahan melalui tips berikut:

  • Kenali dan perhatikan email dan domain pengirim.

  • Baca secara teliti email yang dikirimkan, serta lakukan verifikasi isi email terutama jika berkaitan dengan permintaan transfer dana/informasi credential Perusahaan.
  • Lakukan sosialisasi adanya modus penipuan Business Email Compromise (BEC) kepada seluruh karyawan internal.

  • Lakukan konfirmasi melalui contact resmi perusahaan yang disertakan dalam modus penipuan email tersebut. Cari informasi melalui website resmi atau contact personal dari perusahaan yang memang sudah dikenal sebelumnya.
  • Segera lakukan konfirmasi ke TANYA OCBC jika ada informasi atau transaksi mencurigakan Hubungi Tanya OCBC 1500999, email ke clientservices@ocbc.id atau +62-21-26506300 (dari luar negeri) dan pilih layanan “Nasabah Bisnis” atau WhatsApp ke 08121500999.
  • Jangan bagikan informasi yang sifatnya sensitif, termasuk PIN, CVV, masa berlaku Kartu Kredit, dan kode OTP kepada pihak manapun.

 

Mari sama-sama cegah penipuan.

OCBC Corporate Banking.
Together We Achieve More.

Story for your Inspiration

Baca
Tax

Edukasi - 16 Jan 2025

Waspada! Tipuan Re-aktivasi Akun Pajak Menjebak

Baca

Edukasi - 13 Des 2024

Pesan Hampers Dalam Jumlah Besar? Waspada Penipuan Mengintai

See All

Produk Terkait

Pengumuman

Pengumuman

Informasi dan berita terkini tentang kegiatan korporasi OCBC NISP

Download OCBC mobile