Penghuni baru apartemen wajib merapat! Kalau kamu salah satunya, sudahkah kamu tahu apa yang dimaksud dengan sinking fund? Apa sebenarnya arti dan mengapa biaya ini dikenakan setiap bulan?
Bagi pemilik properti mungkin sudah familiar dengan istilah sinking fund. Saat diminta membayar iuran rutin bulanan, mungkin kamu juga pernah bertanya-tanya ke mana perginya biaya tersebut.
Biaya tagihan ini bakal dialokasikan untuk operasional sehari-hari seperti pembersihan dan perawatan. Namun, ada sebagian iuran itu masuk ke dana cadangan atau sinking fund.
Lalu apa bedanya service charge dengan sinking fund, bukannya sama aja? Nah daripada bingung, kita bahas yuk!
Sinking fund atau dana cadangan adalah dana simpanan yang dikumpulkan dari para pemilik atau penyewa apartemen. Uang yang terkumpul seiring waktu ini, nantinya akan dialokasikan untuk biaya renovasi besar bersama yang mungkin diperlukan di masa mendatang.
Pada dasarnya, sinking fund ini bertujuan untuk memastikan agar kualitas dari gedung apartemen tetap terjaga dan terawat dengan baik. Misalnya, melalui pengecatan ulang gedung, penggantian atap, pemeliharaan lift, hingga pemeliharaan sistem keamanan.
Jadi sinking fund memang menjadi dana simpanan untuk memenuhi kepentingan bersama pemilik atau penyewa apartemen.
Baca Juga: 7 Tips Memilih KPR yang Aman Sesuai Kebutuhan, Wajib Tahu!
Setelah tahu apa itu sinking fund, berapa sih biaya yang harus dibayarkan untuk itu? Jumlah dana yang bakal dikeluarkan untuk sinking fund ini bervariasi.
Maksudnya, besar kecilnya sinking fund juga disesuaikan pada ukuran, nilai apartemen, kondisi bangunan, hingga area umum yang digunakan bersama. Tapi biasanya, tagihan dana cadangan sekitar 10% dari biaya pemeliharaan bulanan.
Lalu uang cadangan yang sudah terkumpul, akan digunakan seperti apa? Begini contoh dana cadangan atau sinking fund digunakan:
Katakanlah gedung apartemen yang kamu huni memiliki 100 unit dan butuh perbaikan atap. Biaya untuk pembelian sekaligus instalasi atap baru menghabiskan sekitar Rp50 Juta.
Kemudian saldo dari sinking fund atau dana cadangan yang sudah terkumpul sebesar Rp25 Juta. Ini artinya, setiap pemilik atau penyewa unit cukup membayarkan sebesar Rp250 Ribu untuk menutupi sisa kebutuhan perbaikan atap tersebut.
Nah kalau dilihat dari contoh sebelumnya, kita tahu bahwa sinking fund ini membantu kita dalam mempersiapkan pengeluaran tak terduga untuk perbaikan properti bersama. Lalu apa aja ya keuntungan lainnya?
1. Memastikan gedung terawat dengan baik dan nilainya terjaga
2. Membuat gedung apartemen lebih menarik bagi calon pembeli dan penyewa
3. Pemilik apartemen nggak perlu khawatir kesulitan finansial kalau muncul masalah perbaikan atau renovasi yang membutuhkan biaya besar
Perbedaan utama antara sinking fund dan service charge adalah dana cadangan ini digunakan untuk menutupi biaya perbaikan dan pemeliharaan properti yang membutuhkan anggaran besar. Sedangkan pada service charge atau biaya servis biasanya dipakai untuk bayar gaji staf keamanan atau kebersihan, kemudian untuk perawatan dan pemeliharaan apartemen dalam skala kecil, hingga biaya operasional seperti air dan listrik.
Nah sudah paham tentang sinking fund? Seperti yang sudah dibahas, dana cadangan ini adalah bagian penting untuk pemeliharaan dan perawatan hunian kalian.
Dengan rutin menyisihkan uang kecil setiap bulan, nantinya akan berguna ketika dibutuhkan di waktu-waktu tertentu. Konsep sinking fund mirip tabungan untuk mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang.
Kamu juga bisa mempersiapkan kebutuhan di masa depan dengan memanfaatkan layanan Nyala dari OCBC. Kamu bisa menabung dan melakukan investasi seperti deposito, tabungan berjangka, hingga hingga menabung emas dengan Nyala.
Mendapatkan benefit dari Nyala sangat mudah. Kamu cukup memiliki total saldo gabungan rata-rata mulai Rp1 Juta per bulan. Nyala memberikan solusi untuk menumbuhkan uang dan menikmati benefit setiap bulan.
Benefit yang diberikan antara lain:
Untuk menikmati semua kemudahan dan benefit Nyala tersebut, kamu cuma perlu mendownload aplikasi OCBC mobile yang bisa kamu temukan di App Store atau Play Store terlebih dulu.
Berikutnya lakukan pendaftaran atau pembukaan layanan Nyala dengan lima langkah mudah sebagai berikut:
OCBC mobile juga punya fitur Life Goals yang bisa membantumu mencapai tujuan finansial. Yuk, gunakan OCBC mobile dan dapatkan semua kemudahannya sekarang!
Baca Juga: 7 Cara Beli Rumah KPR, Ketahui Dulu Syarat & Keuntungannya!