Rekening Bank yang Cocok untuk Pengelolaan Keuangan Bisnis Online

29 Okt 2024

Memisahkan keuangan bisnis dan pribadi adalah hal yang perlu dilakukan jika kamu membuka usaha. Berikut rekomendasi rekening Bank yang cocok untuk bisnis online

Salah satu hal yang perlu dilakukan saat membuka usaha, termasuk bisnis online adalah memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Namun ternyata, banyak pelaku bisnis khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang belum melakukannya.

Riset yang dilakukan PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) dan NielsenIQ (NIQ) Indonesia mengungkapkan baru 46% pelaku UMKM yang sepenuhnya memisahkan keuangan bisnis dan personal. Sisanya, sama sekali tidak melakukannya.

Mengapa Memisahkan Keuangan Bisnis dan Personal Sangat Penting?

Memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi adalah langkah krusial dalam mengelola bisnis yang sehat dan berkelanjutan. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini sangat penting.

Alasan pertama adalah soal transparansi keuangan. Dengan memiliki laporan keuangan yang akurat, kamu dapat dengan mudah melacak pemasukan dan pengeluaran bisnis.

Hal ini bisa kamu dapatkan jika kamu memisahkan antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Karena jika tidak, arus kas bisnis akan sulit sekali terlacak karena bercampur dengan pengeluaran pribadi.

Alasan kedua adalah soal kondisi bisnis. Dengan memiliki laporan keuangan yang akurat, kamu akan lebih mudah mengambil keputusan bisnis karena kondisi keuangan bisnis kamu terpampang nyata dan akurat.

Data keuangan yang jelas akan membantu kamu dalam membuat keputusan bisnis yang lebih tepat. Misalnya saat menentukan strategi pemasaran, mengelola inventaris, atau merencanakan ekspansi.

Baca juga: Tabel Gaji PNS Berdasarkan Golongan, Sudah Tahu Belum?

Alasan ketiga, memisahkan keuangan pribadi dan bisnis juga akan melindungi aset pribadi kamu. Jika terjadi masalah hukum atau keuangan dalam bisnis, aset pribadi kamu akan terlindungi.

Hutang bisnis akan menjadi tanggung jawab perusahaan, bukan kamu pribadi. Alasan memisahkan keuangan bisnis dan pribadi selanjutnya adalah dapat mencegah terjadinya konflik kepentingan pribadi dan bisnis.

Dengan catatan keuangan yang jelas, kamu dapat dengan mudah menghitung dan melaporkan pajak bisnis. Ini akan membantu kamu menghindari masalah dengan otoritas pajak.

Selain itu, memisahkan keuangan menunjukkan bahwa kamu menjalankan bisnis secara profesional. Bank dan investor cenderung lebih percaya pada perusahaan yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Rekening Bank untuk Bisnis Online

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa yang perlu dilakukan untuk mulai memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Langkah pertama tentu menyiapkan rekening khusus untuk keuangan bisnis kamu.

Kamu bisa manfaatkan adalah Nyala Bisnis dari OCBC untuk pengelolaan Bisnis berbadan usaha seperti perseroan terbatas, perseroan, atau perseroan terbatas perseorangan.

Nyala Bisnis adalah layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu. Ada keunggulan, yaitu dua rekening terpisah dalam satu layanan, bebas biaya transaksi, dan solusi digital.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya

Dalam pengelolaan dana, Nyala Bisnis menawarkan rekening bisnis yaitu Giro Business Smart dan pribadi melalui Tanda 360. Kamu bisa memanfaatkan transaksi valas mudah dengan kurs kompetitif via OCBC mobile.

Nyala Bisnis juga menawarkan bebas biaya transaksi, meliputi:

  • Bebas biaya transfer antar bank melalui ATM, OCBC Internet Banking, dan OCBC mobile dengan metode online dan SKN/LLG 50x per bulan;
  • Bebas biaya administrasi rekening dan biaya di bawah saldo minimum;
  • Bebas biaya tarik tunai di ATM Prima, Bersama, dan OCBC Singapore 50x per bulan.

Selain itu, Nyala Bisnis juga menawarkan berbagai cashback menarik, meliputi:

  • Bebas biaya transfer dan transaksi bayar & beli hingga 1000x per bulan
  • Bebas biaya sewa EDC dan cashback biaya MDR QRIS hingga Rp1 juta
  • Reward penerimaan dana hingga Rp25 ribu
  • Akses pinjaman lebih mudah dan limit maksimal berdasarkan saldo gabungan dan transaksi bisnis

Di samping pengelolaan keuangan, Nyala Bisnis juga membuka akses pinjaman kepada para pelaku bisnis. Ada empat produk pinjaman yang ditawarkan yaitu Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, Kredit Pembelian Properti Komersial, dan  KTA Cashbiz.

Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, dan Kredit Pembelian Properti Komersial memungkinkan pebisnis mendapatkan pinjaman hingga Rp25 Miliar. KTA Cashbiz mendapatkan kredit Rp200 Juta dengan tenor hingga tahun.

Keunggulan Nyala Bisnis lainnya, nasabah bisa mendapat akses pada Layanan Digitalisasi Bisnis. Ada beberapa kemudahan yang ditawarkan layanan ini, meliputi Sistem Manajemen ERP, Gerbang Pembayaran, dan Sistem Loyalitas.

Kemudian, Nyala Bisnis juga menawarkan Business Fitness Solution yang berguna untuk mengecek kesehatan keuangan bisnis, rekomendasi agar bisnis selalu Fit, hingga akses pada kelas-kelas finansial untuk bisnis.

Syarat untuk membuka Rekening Bisnis dan OCBC Business bagi perseroan perorangan cukup mudah, yaitu:

  • NPWP Perusahaan
  • NIB
  • Pernyataan Pendirian
  • Sertifikat Pendirian
  • KTP Pemilik Usaha

Baca juga: 10 Cara Pemasaran Produk yang Baik & Contohnya agar Omzet Naik

Mengapa Nyala Bisnis Sangat Cocok untuk Bisnis Online?

  1. Rekening Multi-Mata Uang
  2. Salah satu keunggulan utama Nyala Bisnis adalah fitur rekening multi-mata uang. Dengan fitur ini, kamu dapat melakukan transaksi dalam berbagai mata uang asing tanpa perlu membuka beberapa rekening.

  3. Pembayaran Mudah
  4. Nyala Bisnis menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang mudah dan cepat, seperti transfer dana antar bank, pembayaran tagihan, dan pembayaran gaji karyawan. Kamu juga dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi mobile banking atau internet banking.

  5. Akses ke Berbagai Layanan Perbankan
  6. Selain fitur-fitur dasar, Nyala Bisnis juga memberikan akses ke berbagai layanan perbankan lainnya, seperti fasilitas kredit, layanan kas kecil, dan layanan perbankan digital lainnya.

  7. Integrasi dengan Aplikasi Bisnis
  8. Nyala Bisnis dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya, seperti aplikasi akuntansi dan aplikasi manajemen inventaris. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi.

  9. Dukungan Pelanggan yang Baik
  10. OCBC menyediakan layanan pelanggan yang baik untuk membantu Anda dalam menggunakan Nyala Bisnis. Kamu dapat menghubungi customer service melalui telepon, email, atau live chat.

Dengan Nyala Bisnis, kamu bisa mengelola keuangan bisnis online kamu dengan lebih efisien dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Nyala Bisnis juga dapat digunakan untuk berbagai jenis dan skala bisnis.

Satu lagi yang tak kalah penting, Nyala Bisnis juga menjamin keamanan seluruh transaksi bisnis kamu karena setiap transaksi dilindungi sudah Two-Factor Authentication (2FA) dengan penggunaan User ID, Password serta PIN transaksi yang hanya diketahui oleh kamu sebagai pengguna.

Nyala Bisnis OCBC adalah solusi perbankan yang komprehensif dan inovatif untuk pelaku bisnis di Indonesia. Dengan berbagai fitur dan manfaat yang ditawarkan, Nyala Bisnis dapat membantu mengoptimalkan pengelolaan keuangan bisnis kamu. Yuk, segera buka Nyala Bisnis!

Baca juga: Mengenal Martabe, Tambang Emas Terbesar di Sumatera


Story for your Inspiration

Baca

Investasi, Edukasi - 29 Okt 2024

Panduan Lengkap Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

Baca

Edukasi, Investasi - 29 Okt 2024

Keuangan Perusahaan Harus Dipisah dari Uang Pribadi, Mengapa?

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile