Alfamidi menjadi salah satu minimarket yang sangat dikenal masyarakat Indonesia. Karena popularitasnya, minimarket ini banyak membuka cabang di berbagai wilayah, sampai ke kota-kota kecil sekalipun.
Meski gerai Alfamidi sudah banyak ditemukan dimana-mana, tapi tetap ada peluang bagi setiap pebisnis untuk memulai franchise Alfamidi. Tertarik untuk mulai bisnis Alfamidi?
Menjalankan bisnis franchise atau waralaba Alfamidi sangat menguntungkan. Alfamidi termasuk sebagai bisnis ritel supermarket segmen kecil yang lebih dekat dengan masyarakat.
Banyak orang yang memilih datang ke minimarket untuk mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari. Karena itu, bisnis ini sangatlah menjanjikan dan patut dipertimbangkan bagi para pebisnis, apalagi pebisnis pemula.
Alfamidi membuka peluang waralaba bagi pebisnis yang tertarik untuk membuka gerainya. Tapi, setiap pebisnis harus memastikan sudah memenuhi seluruh persyarat yang berlaku. Syarat-syarat tersebut antara lain:
Baca juga: 7 Kunci Sukses Membuat Bisnis Bertahan Lama
Jika semua syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, maka pengajuan kerja sama bisnis franchise Alfamidi tidak sulit. Kamu tinggal memikirkan biaya untuk membuka franchise Alfamidi.
Setelah mempelajari tentang syarat, sekarang waktunya untuk mencari tahu modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini. Pihak Alfamidi telah menentukan nominal untuk kerja sama franchise.
Berikut ini biaya franchise Alfamidi berdasarkan tipe tokonya.
Ada beberapa tipe gerai Alfamidi yang dikategorikan sebagai tipe reguler, yaitu tipe 60, tipe 80, tipe 100, serta tipe 120.
Setiap pembelian paket waralaba tipe reguler sudah disertai dengan layanan grand opening, CCTV, AC, genset, peralatan dan perlengkapan toko, kontrak kerja sama 10 tahun, sistem komputerisasi, dan shopsign serta polesign.
Modal investasi untuk franchise tipe reguler bervariasi, tergantung tipe paket yang dipilih. Berikut ini detailnya:
Tipe 60
Tipe 80
Tipe 100
Tipe 120
Cabang Alfamidi tipe kecil memiliki area penjualan yang lebih sempit. Karena itu, modal investasi yang dibutuhkan juga lebih terjangkau. Tapi, gerai tipe kecil ini terbatas hanya untuk pembukaan cabang di Medan, Samarinda, Manado, Palu, Kendari, Ambon, dan Jayapura.
Sama seperti tipe regular, gerai tipe kecil sudah mendapat fasilitas layanan grand opening, CCTV, AC, genset, peralatan dan perlengkapan toko, kontrak kerja sama selama 5 tahun, sistem komputerisasi, dan shopsign serta polesign. Modal yang diperlukan antara lain:
Tipe 60
Tipe yang terakhir adalah tipe spesifik, yaitu jenis gerai Alfamidi yang dibuka di wilayah komersil, seperti bandara, stasiun, sekolah, apartement, pusat perbelanjaan, rumah sakit, SPBU, dan lain-lain.
Setiap pembelian paket waralaba tipe spesifik sudah disertai dengan layanan grand opening, CCTV, AC, genset, peralatan dan perlengkapan toko, kontrak kerja sama selama 5 tahun, sistem komputerisasi, dan shopsign serta polesign. Biaya investasinya yaitu:
Tipe 60
Cara memulai bisnis ini sebenarnya mudah, asal kamu memenuhi seluruh syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Alfamidi. Jika seluruh syarat dan ketentuan itu sudah terpenuhi, kamu bisa lanjut ke proses pengajuan kerja sama. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Kamu bisa masuk ke situs resmi Alfamidi di alfamidiku.com.
Kamu akan diarahkan ke halaman proses pengajuan kerjasama waralaba. Di halaman tersebut, kamu akan diminta untuk mengisi formulir secara lengkap mulai dari data diri hingga data usulan lokasi membuka gerai franchise
Berdasarkan informasi lokasi yang dicantumkan pada formulir pendaftaran, tim Alfamidi akan melakukan riset untuk memantau peluang keuntungan dari lokasi yang diusulkan.
Kemungkinan, pihak Alfamidi juga akan menghubungi kamu jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan mengenai lokasi gerai yang dipilih.
Tim Alfamidi akan memanggil kamu untuk berdiskusi mengenai kesepakatan kerja sama. Di sini, kamu dan pihak Alfamidi bisa sama-sama mencapai persetujuan mengenai skema bisnis, sistem royalti, dan lain sebagainya.
Namun, perlu diingat bahwa pihak Alfamidi sendiri sudah memiliki ketentuan mengenai hal ini. Sebagai pelaku bisnis waralaba, kamu disarankan untuk mengikuti seluruh sistem yang berlaku di Alfamidi.
Jika sudah mencapai kesepakatan, pebisnis bisa langsung lanjut ke proses administrasi. Dalam hal ini, ada beberapa administrasi yang perlu disiapkan, termasuk izin usaha untuk menjalankan bisnis waralaba serta izin bangunan agar mendapat persetujuan untuk dipakai sebagai lokasi usaha.
Proses ini mungkin cukup rumit dan panjang. Untuk memudahkan, pebisnis bisa meminta bantuan dari pihak Alfamidi.
Jika semua proses sudah selesai, maka pebisnis bisa langsung mulai menjalankan bisnis franchise Alfamidi. Nantinya, segala keuntungan perlu dibagi sesuai kesepakatan ke pihak Alfamidi.
Pembayaran surplus atau keuntungan pertama bisa diberikan pertama kali pada 6 bulan pertama setelah bisnis dibuka. Setelahnya, pembayaran surplus bisa diakumulasi setiap tiga bulan sekali.
Surplus atau keuntungan baru bisa didapatkan apabila seluruh modal awal sudah terbayarkan kembali berkat hasil penjualan. Karena itu, buatlah strategi bisnis yang baik agar bisnis berjalan lancar.
Kamu juga perlu memikirkan pengelolaan keuangan yang baik untuk bisnis kamu. Untuk itu, kamu mungkin perlu bantuan layanan perbankan yang memudahkan dalam mengelola keuangan.
Salah satu yang dapat kamu manfaatkan adalah Nyala Bisnis dari OCBC untuk pengelolaan Bisnis berbadan usaha seperti perseroan terbatas, perseroan atau perseroan terbatas perseorangan.
Nyala Bisnis adalah layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu. Ada keunggulan, yaitu dua rekening terpisah dalam satu layanan, bebas biaya transaksi, dan solusi digital.
Dalam pengelolaan dana, Nyala Bisnis menawarkan rekening bisnis yaitu Giro Business Smart dan pribadi melalui Tanda 360. Kamu bisa memanfaatkan transaksi valas mudah dengan kurs kompetitif via OCBC mobile.
Nyala Bisnis juga menawarkan bebas biaya transaksi, meliputi:
Selain itu, Nyala Bisnis juga menawarkan reward untuk setiap dana masuk hingga Rp25 Ribu sesuai dengan level Nyala Bisnis masing-masing.
Di samping pengelolaan keuangan, Nyala Bisnis juga membuka akses pinjaman kepada para pelaku bisnis. Ada empat produk pinjaman yang ditawarkan yaitu Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, Kredit Pembelian Properti Komersial, dan KTA Cashbiz.
Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, dan Kredit Pembelian Properti Komersial memungkinkan pebisnis mendapatkan pinjaman hingga Rp25 Miliar. KTA Cashbiz mendapatkan kredit Rp200 Juta dengan tenor hingga tahun.
Keunggulan Nyala Bisnis lainnya, nasabah bisa mendapat akses pada Layanan Digitalisasi Bisnis. Ada beberapa kemudahan yang ditawarkan layanan ini, meliputi Sistem Manajemen ERP, Gerbang Pembayaran, dan Sistem Loyalitas.
Kemudian, Nyala Bisnis juga menawarkan Business Fitness Solution yang berguna untuk mengecek kesehatan keuangan bisnis, rekomendasi agar bisnis selalu Fit, hingga akses pada kelas-kelas finansial untuk bisnis.
Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat bergabung dengan Nyala Bisnis dari OCBC. Jadi buruan, segera daftar Nyala Bisnis sekarang juga melalui aplikasi OCBC mobile!
Baca juga: 10 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan & Menguntungkan