Frontliner Bank: Pengertian, Tugas, & Skill yang Dibutuhkan

6 Nov 2023

Frontliner bank adalah seseorang yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Frontliner bank adalah seseorang yang bertugas untuk membantu customer dan posisi ini sangat penting bagi kesuksesan suatu perusahaan.

Posisi ini sering dianggap sebagai wajah perusahaan karena mereka bertugas menjadi orang pertama yang berinteraksi langsung dengan customer.

Oleh karena itu, seorang frontliner harus memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik.

Meskipun peran mereka memiliki dampak besar pada kesuksesan perusahaan, namun, profesi ini masih kurang dikenal oleh masyarakat.

Padahal, profesi frontliner ini sangat dibutuhkan dibutuhkan di bank.

Frontliner bank adalah posisi yang berada langsung di bawah departemen customer service dan bertugas untuk memberikan pengalaman positif bagi pelanggan.

Namun, apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang frontliner bank? Dan, bagaimana tugas sehari-harinya? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak artikel di bawah ini!

Apa itu Frontliner Bank?

Secara umum, pengertian frontliner adalah profesi yang bergerak di bidang customer service, penjualan makanan dan minuman, pemasaran, ritel serta perbankan.

Profesi ini pada intinya adalah posisi yang berhubungan secara langsung dengan pelanggan.

Tugas seorang frontliner adalah untuk memperhatikan pelanggan, menangani masalah yang muncul, dan memberikan jawaban terkait produk perusahaan.

Kehadiran seorang frontliner menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Setelah memahami pengertiannya secara umum, kita akan membahas peran seorang frontliner dalam industri perbankan.

Frontliner bank adalah seseorang yang bekerja di lembaga perbankan dan memiliki tanggung jawab dalam menangani keluhan dari nasabah.

Karena mereka berinteraksi langsung dengan nasabah, frontliner bank diharapkan untuk selalu tampil dengan pakaian yang rapi dan bersikap sopan.

Selain penampilan, frontliner bank juga harus memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi berbagai keluhan yang disampaikan nasabah.

Saat menghadapi berbagai keluhan, tentunya memerlukan tingkat kesabaran tinggi, sehingga frontliner bank harus mampu mendengarkan nasabah dengan cermat.

Baca juga: 6 Cara Kerja Freelance, Ini Tipsnya Untuk Jadi Profesional!

Tugas Frontliner Bank

Peran utama frontliner bank adalah untuk menangani keluhan yang datang dari nasabah.

Selain itu, mereka juga harus cepat dan tanggap dalam menyelesaikan masalah serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan atau nasabah.

Adapun beberapa tugas yang wajib dilakukan oleh seorang frontliner bank adalah sebagai berikut:

  • Mempertahankan hubungan baik dengan nasabah yang ada dan menarik nasabah baru.
  • Memahami kebutuhan dan masalah nasabah, serta memberikan respons yang solutif.
  • Menyediakan jawaban yang akurat dan rinci terhadap pertanyaan nasabah.
  • Menawarkan solusi yang efektif untuk masalah yang dilaporkan oleh nasabah.
  • Berkomunikasi dengan baik kepada nasabah dan calon nasabah.
  • Melakukan negosiasi dengan baik dan hasil yang memuaskan baik kepada nasabah atau calon nasabah.
  • Membantu nasabah yang kesulitan melakukan transaksi dan bekerjasama dengan divisi terkait.
  • Memahami produk dan layanan bank dengan baik.
  • Memahami prinsip kepuasan nasabah.
  • Menunjukan sikap ramah dan sopan kepada semua nasabah, baik saat bertugas maupun tidak.
  • Menanggapi dengan cepat dan memberikan solusi terbaik terhadap keluhan, pertanyaan, atau permintaan nasabah.
  • Mampu menjaga diri dalam berbagai situasi, baik yang memerlukan tindakan langsung maupun tidak.
  • Menunjukkan empati yang tinggi dalam semua situasi yang terjadi dengan penuh perhatian.

Jenis Frontliner Bank

Pada dasarnya, frontliner adalah seorang yang pertama kali berhubungan langsung dengan pelanggan.

Mereka bertanggung jawab untuk aktif berkomunikasi dengan nasabah guna memenuhi kebutuhan mereka.

Agar proses ini lebih efisien, bank biasanya membagi frontliner menjadi dua kategori yang memiliki peran dan tanggung jawab berbeda.

Adapun penjelasan mengenai beberapa jenis dari frontliner bank adalah sebagai berikut.

1. Teller

Peran teller sebagai seorang frontliner bank adalah untuk melayani nasabah dalam transaksi keuangan, kegiatan ini melibatkan penarikan atau pengiriman uang.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam menyediakan bukti transaksi dan mengelola faktur kilen.

Teller harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan alat-alat keuangan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan.

Mereka juga memiliki tanggung jawab dalam menghitung jumlah uang transaksi agar tidak terjadi kesalahan perhitungan.

Meskipun berada di bawah departemen customer service, teller sering berkolaborasi dengan tim keuangan dan manajemen perbankan.

2. Customer Service

Frontliner bank yang paling sering dibutuhkan oleh berbagai perusahaan adalah customer service, terutama dalam sektor perbankan.

Mereka memiliki peran penting dalam memberikan solusi dan cara mengatasi masalah yang dihadapi oleh nasabah. Selain itu, mereka juga berperan sebagai penerima tamu dan komunikator.

Tugas mereka sebagai komunikator adalah untuk memberikan informasi kepada nasabah mengenai produk perbankan.

Skill yang Dibutuhkan Frontliner Bank

Jika Sobat OCBC NISP tertarik pada profesi ini, diperlukan beberapa keterampilan khusus untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Adapun beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang frontliner bank adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan Dasar Komputer

Meskipun beberapa dari posisi frontliner tidak melibatkan tugas administrasi yang kompleks, namun mereka tetap diharapkan memiliki kemampuan dasar komputer. Sebab, sebagian besar informasi perusahaan saat ini, sudah dikelola secara digital.

Kemampuan komputer ini terdiri dari beberapa kemampuan, seperti penggunaan perangkat lunak Microsoft Office, dan lainnya sesuai kebutuhan operasi perusahaan.

Baca juga: Usaha Sendiri atau Jadi Karyawan, Mana yang Lebih Baik?

2. Fleksibel

Skill yang dibutuhkan oleh seorang frontliner bank adalah harus mampu menghadapi berbagai macam orang dengan sikap dan masalah yang beragam.

Setiap interaksi yang terjadi akan memiliki karakteristik tersendiri. Tentunya berbagai macam keluhan tersebut memerlukan respon dan penanganan khusus juga.

Oleh karena itu, seorang frontliner perlu memiliki fleksibilitas dalam merespons kebutuhan nasabah.

3. Critical Thinking

Profesi frontliner bank menuntut mereka untuk memiliki kemampuan critical thinking dalam menghadapi permasalahan pelanggan yang kompleks.

Kemampuan ini sangat berperan dalam menghasilkan solusi terbaik untuk masalah-masalah tersebut.

Skill berpikir kritis ini meliputi pemahaman terhadap akar masalah, analisis situasi, dan pertimbangan rasional terhadap berbagai opsi solusi yang tersedia.

4. Resiliensi

Berinteraksi dengan banyak orang terkadang bisa menjadi sangat melelahkan dan menuntut mereka untuk berpikir lebih banyak.

Namun, bagi seorang frontliner bank, memiliki tingkat resiliensi yang tinggi merupakan hal yang sangat penting.

Resiliensi adalah kemampuan untuk beradaptasi dan tetap kuat dalam menghadapi situasi yang sulit.

Kemampuan resiliensi yang baik memungkinkan frontliner untuk melayani pelanggan atau nasabah bahkan dalam kondisi sulit.

Sobat OCBC NISP tidak perlu khawatir, karena kemampuan ini dapat ditingkatkan melalui latihan dan pengalaman seiring berjalannya waktu.

5. Empati dan Problem Solving

Skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang frontliner bank adalah empati dan problem solving.

Kemampuan empati dapat membantu untuk lebih terhubung dan memahami pelanggan dengan lebih baik.

Empati dapat membantu dalam membangun hubungan positif dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sementara itu, skill menyelesaikan masalah bermanfaat untuk frontliner dalam memberikan solusi terbaik kepada pelanggan.

6. Active Listening

Kemampuan lain yang harus dimiliki oleh seorang frontliner bank adalah skill active listening.

Skill ini penting karena memungkinkan frontliner untuk merespon pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat.

Dengan kemampuan ini, frontliner dapat memberikan perhatian penuh saat mendengarkan keluhan pelanggan.

7. Komunikasi Verbal dan Nonverbal

Skill yang paling penting untuk menjadi seorang frontliner bank adalah harus memiliki kemampuan komunikasi verbal maupun nonverbal yang kuat.

Frontliner harus mampu menyampaikan solusi dan informasi dengan jelas kepada pelanggan.

Selain itu, mereka juga perlu menginterpretasikan gestur tubuh dan ekspresi pelanggan agar dapat memahami masalah dengan baik.

Itulah dia pengertian mengenai frontliner bank mulai dari tugas, jenis, hingga skill yang dibutuhkan.

Jadi, setelah membaca artikel di atas apakah Sobat OCBC NISP menjadi tertarik untuk menjadi frontliner bank?

Jika ya, Sobat OCBC NISP bisa mulai mempersiapkan diri dengan memastikan skill yang yang dibutuhkan untuk menjadi frontliner sudah terpenuhi.

Tentunya, Sobat OCBC NISP harus punya rencana pembelajaran yang matang agar bisa menguasai skill-skill tersebut.

Selain pembelajaran, perlu untuk membuat rencana keuangan, agar tujuan Sobat OCBC NISP dapat berjalan dengan lancar. Untuk membantu dalam mencapai tujuan, OCBC NISP memiliki fitur layanan Life Goals.

Fitur Life Goals dapat membantu untuk membuat rencana keuangan sesuai dengan tujuan Sobat OCBC NISP.

Mulai dari Traveling, Pernikahan, Perjalanan Religius, Dana Pensiun, Pendidikan dan tujuan lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk wujudkan tujuan masa depan dengan OCBC NISP sekarang!

Baca juga: 3 Cerita Motivasi Kerja yang Bisa Menambah Semangat


Story for your Inspiration

Baca

News Update - 20 Des 2024

Four lessons from the US inflation data

Baca

Investasi - 18 Des 2024

Pinjol Makin Mudah, Hati-hati Terjebak Hutang Konsumtif

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile