9 Tips Membangun Bisnis Retail Fashion agar Berjalan Baik

10 Jul 2023

Retail fashion adalah bisnis yang menjual produk pakaian. Ini 9 tipsnya!

Saat ini, retail fashion adalah bisnis yang peluangnya dapat dibilang cukup menjanjikan di Indonesia.

Apalagi, bisnis fashion adalah salah satu industri yang perkembangannya diprioritaskan untuk memasuki era 4.0.

Namun, membangun bisnis retail fashion tentu tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan beberapa strategi agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

Bagi Sobat OCBC NISP yang tertarik membangun bisnis ini, yuk simak sampai habis pembahasan berikut!

Apa itu Retail Fashion?

Retail fashion adalah bisnis yang berkaitan dengan penjualan produk pakaian dan aksesoris, seperti baju, celana, alas kaki, hingga tas.

Bisnis retail fashion dapat beroperasi dalam berbagai bentuk, mulai dari toko di pusat perbelanjaan, pinggir jalan, hingga platform online.

Biasanya, bisnis ini membeli produk dagangannya secara langsung dari pabrik sebagai supplier untuk kemudian dijual kembali kepada konsumen.

Selain itu, bisnis retail fashion dapat juga membeli produk melalui perantara distributor. Kemudian, pengusaha bisnis ini akan menaikkan harganya agar mendapat keuntungan.

Tips Membangun Retail Fashion

Retail fashion adalah bisnis yang bisa dikatakan gampang-gampang sulit untuk dibangun. Sebab, meskipun peluang bisnis fashion besar, kompetitornya juga tak kalah masif.

Apalagi, ada banyak bisnis fashion mancanegara yang mulai menyerbu pasar Indonesia dan membuat usaha kecil cukup sulit untuk bersaing.

Namun, jangan khawatir, berikut OCBC NISP sajikan beberapa cara memulai bisnis fashion agar mampu bertahan dan bersaing di era saat ini.

1. Fokuskan Target Pasar

Sebelum membangun bisnis retail fashion, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menentukan target pasar.

Setelah menentukannya, coba lakukan riset mendalam mengenai target pasar tersebut, seperti preferensi gaya, tren terkini, hingga rentang harga yang sesuai.

Selain itu, pahami juga kebutuhan dan keinginan target pasar agar dapat menyediakan produk yang sesuai.

Dengan kata lain, produk-produk yang diperjualbelikan haruslah sesuai preferensi, kebutuhan, dan keinginan target prasar.

2. Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Menentukan lokasi usaha yang strategis juga merupakan langkah penting dalam membangun bisnis retail fashion.

Cara menentukan lokasi untuk bisnis retail fashion adalah dengan mempertimbangkan target pasar, seperti di pusat perbelanjaan atau pinggir jalan.

Jadi, lakukan riset mengenai di mana tempat yang berpotensi besar diketahui atau dilewati target pasar.

Selain itu, Sobat OCBC NISP juga perlu mempertimbangkan aspek aksesibilitas, parkir, serta visibilitas toko.

Jika lebih memilih penjualan melalui saluran digital daripada membuka toko fisik, maka lakukan riset media sosial atau marketplace mana yang banyak digunakan target pasar.

Baca juga: 10 Bisnis Franchise Kopi Hits Terlaris, Modal Mulai 5 juta! 

3. Kedepankan Kualitas Produk

Tips selanjutnya dalam membangun bisnis retail fashion adalah mengedepankan kualitas produk. 

Sebab, konsumen bisnis fashion umumnya akan mempertimbangkan kualitas produk yang dijual.

Selain itu, konsumen juga biasanya akan melakukan perbandingan kualitas dengan merek atau toko fashion lainnya sebelum membeli.

4. Jaga Konsistensi Merek

Konsistensi merek adalah praktik menyampaikan pesan brand, mulai dari desain, kualitas, hingga harga, dengan cara yang sama sepanjang waktu.

Oleh karena itu, diperlukan citra merek yang kuat dan unique selling point atau pembeda bisnis dengan kompetitor.

Tujuan dari aktivitas ini adalah agar brand memiliki ingatan yang kuat dalam benak audiens, serta membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

5. Adakan Diskon dan Promo

Semua orang tentunya menyukai diskon dan promo. Oleh karena itu, salah satu cara memulai bisnis fashion agar mendapat loyalitas pelanggan adalah dengan kerap mengadakan diskon dan promo.

Janganlah sungkan untuk memberikan diskon dan promo produk agar dapat menarik konsumen, terutama di hari spesial, seperti saat lebaran, natal, atau tahun baru.

Namun, jangan lupa untuk memastikan bahwa diskon dan promo yang diadakan tetap menguntungkan bagi bisnis.

Berkenaan dengan ini, cobalah lakukan perhitungan pada laba kotor dan margin keuntungan untuk memastikan bahwa bisnis tetap memperoleh laba meskipun adanya promo.

6. Selalu Ikuti Tren Fashion

Retail fashion adalah bisnis yang tidak bisa lepas dari perkembangan tren busana. Makin trendy produk yang dijual, maka konsumen pun akan lebih tertarik membeli.

Oleh karena itu, pastikan produk yang dijual senantiasa mengikuti tren. Apalagi, tren fashion selalu berubah-ubah dengan cepat.

Untuk terus update dengan tren, cobalah lakukan riset atau mengikuti informasi mengenai fashion di internet.

Selain itu, cara lainnya adalah dengan menghadiri acara fashion show atau memeriksa bisnis kompetitor.

7. Manfaatkan Media Sosial dan Saluran Digital Lainnya

Perkembangan internet yang semakin masif sekarang ini dapat dimanfaatkan secara positif untuk mempromosikan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial dan saluran digital lainnya dalam mempromosikan bisnis, apalagi jika target pasarnya adalah anak muda.

Sebab, sebuah riset menemukan bahwa hampir 80 persen remaja dan anak-anak adalah pengguna internet. Hal ini pun tentu menjadi potensi besar dalam perkembangan bisnis.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Online Tanpa Modal & Cara Memulainya 

8. Berikan Pelayanan yang Baik

Retail fashion adalah bisnis yang harus mengedepankan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar bisa mendapatkan loyalitas mereka.

Oleh karena itu, diperlukan respon yang tanggap dan profesional dalam menghadapi segala pertanyaan, keluhan, serta masukan dari pelanggan.

Selain itu, berikan juga pengalaman belanja yang baik, seperti kecepatan waktu pengiriman atau adanya kebijakan pengembalian, agar konsumen merasa puas.

9. Menggunakan Nyala Bisnis

Tips terakhir yang tidak boleh dilewatkan dalam membangun usaha retail fashion adalah menggunakan Nyala Bisnis.

Nyala Bisnis merupakan layanan perbankan dari OCBC NISP yang dapat mempermudah pemilik usaha untuk melakukan pengelolaan keuangan.

Selain itu, melalui layanan Nyala Bisnis, pemilik usaha dapat mengakses pinjaman secara mudah, gratis biaya MDR QRIS, serta mendapat kemudahan transaksi digital.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai bisnis retail fashion dan beberapa tips bagi yang ingin memulainya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, retail fashion adalah bisnis dengan peluang cukup menjanjikan karena pangsa pasarnya luas.

Namun, dalam memulai bisnis ini, perlu dilakukan strategi yang terstruktur dan matang agar dapat berjalan dengan baik.

Berbicara tentang membangun usaha, jangan lupa untuk menggunakan Nyala Bisnis yang memiliki banyak keuntungan, ya!

Baca juga: 15 Ide Bisnis Digital 2023, Keuntungan & Prospek Menjanjikan!

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 4 Nov 2024

Rekomendasi Tabungan Bisnis Valas USD untuk Transaksi Lebih Mudah

Baca

Edukasi - 4 Nov 2024

Daftar Perusahaan Batu Bara Terbesar di Indonesia

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile