Bagaimana cara merancang manajemen bisnis yang baik? Simak berikut ini.
Asal memiliki modal untuk memulainya, setiap orang pasti bisa membuka suatu bisnis atau usaha. Namun, ada unsur penting di dalamnya, salah satunya manajemen bisnis. Manajemen bisnis adalah bagaimana rencana kita dalam menjalankan usaha tersebut.
Apakah semua orang tahu bagaimana cara menjalankan manajemen bisnis yang baik? Tentu tidak, karena itu pada artikel kali ini OCBC NISP akan membantu Anda memahami apa itu manajemen bisnis. Yuk simak sampai tuntas!
Apa itu manajemen bisnis? Manajemen bisnis adalah kegiatan untuk merencanakan, melaksanakan, serta mengatur jalannya suatu bisnis guna mencapai tujuan dari bisnis tersebut. Dengan kata lain, Manajemen perusahaan mencakup segala aktivitas yang dilakukan untuk mencapai target perusahaan, sesuai dengan rencana bisnis.
Apabila manajemen bisnis tidak dilakukan dengan baik, maka besar kemungkinan bisnis tersebut akan berjalan berantakan bahkan mengakibatkan bisnis tak bertahan lama. Berdasarkan pengertian tadi, tentunya manajemen perusahaan adalah salah satu bagian terpenting ketika menginginkan sebuah bisnis berkembang dan sukses. Untuk itu, agar hal tersebut dapat dicapai dengan baik, manajemen perusahaan yang dilakukan pun harus baik.
Mungkin untuk dapat melakukan manajemen bisnis, Anda harus memiliki latar belakang pendidikan ekonomi atau manajemen. Namun jangan salah, Anda dapat mempelajari dan memahami seputar manajemen perusahaan secara otodidak, kuncinya adalah terus usaha dan mau belajar!
Selanjutnya, Anda perlu mengetahui fungsi-fungsi dari manajemen bisnis. Fungsi ini biasanya disingkat dengan P-O-L-S-C atau Planning-Organizing-Leading-Staffing-Controlling, apa arti dari kata tersebut? Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan fungsi manajemen perusahaan, diantaranya:
Planning
Perencanaan atau planning dalam manajemen bisnis adalah aktivitas dimana Anda memikirkan dan memutuskan rencana apa yang akan dilakukan pada bisnis Anda. Hal itu berfungsi untuk mengatur jalannya bisnis Anda kedepannya, sehingga nantinya target-target bisnis Anda dapat tercapai sesuai dengan rencana. Maka dari itu, planning merupakan hal mendasar terpenting dalam proses manajemen perusahaan.
Organizing
Organizing dalam manajemen bisnis adalah kegiatan mengelola sumber daya manusia atau tenaga kerja, dimana hal itu merupakan jantung dari jalannya sebuah bisnis. Tentunya dalam organizing, Anda harus bisa mengelola karyawan dengan baik dan memastikan bahwa tugas yang dikerjakannya telah berjalan dengan benar. Efektivitas sumber daya manusia akan meningkatkan tingkat produktivitas bisnis Anda.
Leading
Selain itu, sikap kepemimpinan juga menjadi sangat penting untuk Anda miliki dalam manajemen bisnis. Leading atau kepemimpinan berfungsi untuk memimpin dan mengarahkan karyawan dengan baik . Sehingga, karyawan tersebut dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dan membuat bisnis Anda dapat berjalan lancar.
Staffing
Sebelum Anda memasuki tahap organizing dan leading, hal yang perlu Anda lakukan adalah staffing. Proses ini berfungsi merekrut dan menyaring orang tepat untuk mengisi posisi pekerjaan dalam bisnis usaha Anda.
Controlling
Controlling atau bisa disebut monitoring adalah kegiatan dimana Anda harus mengontrol dan mengkoordinir keseluruhan aktivitas bisnis Anda, yang berfungsi untuk memastikan bahwa bisnis berjalan dengan lancar dan aman.
Setelah mengetahui pengertian dan fungsi manajemen bisnis secara umum, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah komponen dalam manajemen perusahaan. Komponen-komponen ini merupakan jenis-jenis manajemen yang perlu ada dalam sebuah bisnis. Masing-masing komponen mempunyai fungsinya tersendiri, berikut komponen manajemen perusahaan yang adalah diantaranya:
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah manajemen yang melakukan segala aktivitas terkait perencanaan, pelaksanaan dan mengontrol pemasaran produk bisnis. Manajemen pemasaran memiliki tujuan untuk memastikan bahwa branding produk yang telah dilakukan dapat tersampaikan secara baik dan diminati oleh konsumen.
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia adalah manajemen yang melakukan segala aktivitas terkait rekrutmen dan pembangunan tenaga kerja, administrasi, dan mengatur gaji karyawan.
Manajemen Operasi
Manajemen operasi atau operasional manajemen yang melakukan segala aktivitas terkait operasional perusahaan. Mulai dari produksi produk, distribusi produk, dan quality control.
Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah manajemen yang melakukan segala aktivitas terkait pengaturan anggaran di perusahaan dan laporan keuangan perusahaan. Manajemen keuangan memiliki tujuan untuk memastikan bahwa pengeluaran uang atau dana untuk keperluan tertentu dapat digunakan dengan efektif dan efisien.
Agar manajemen bisnis yang Anda lakukan dapat diterapkan dengan baik dan benar. Berikut beberapa tips contoh penerapan manajemen perusahaan yang bisa Anda ikuti diantaranya:
Itu dia penjelasan OCBC NISP mengenai apa itu manajemen bisnis. Jika Anda tertarik membangun bisnis, jangan lupa untuk menyusun strategi serta manajemen yang baik agar bisnis berjalan sukses. Semangat!