Di dunia yang semakin kompleks, literasi keuangan bukan lagi sekadar pilihan, melainkan kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap individu. Kemampuan dalam memahami dan mengelola keuangan tidak hanya menjadi bekal untuk individu saja, melainkan juga kunci untuk membangun masyarakat lebih sejahtera.
Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2024, Indeks Literasi Keuangan penduduk Indonesia mencapai 65,43%, sementara Indeks Inklusi Keuangan mencapai 75,02%. Namun di lain sisi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan bahwa pinjaman online di Indonesia mencapai Rp66,79 Triliun per Juni 2024. Hal tersebut juga terlihat dari Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juli 2024 lalu, yang di mana proporsi pendapatan masyarakat yang dipakai untuk membayar cicilan sebesar 10,7%.
Sebagai perbankan dengan visi untuk menjadi mitra tepercaya dalam meningkatkan kualitas hidup, OCBC berkomitmen mengambil peran besar dalam meningkatkan literasi edukasi keuangan masyarakat Indonesia.
Untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas, khususnya komunitas yang masih membutuhkan, Corporate Social Responsibility (CSR) OCBC hadir untuk meningkatkan pemahaman finansial masyarakat dengan berbagai pendekatan. Mau tahu kegiatan apa saja yang dilakukan oleh CSR OCBC? Ini dia rangkumannya!
CSR OCBC menyediakan edukasi literasi keuangan melalui metode yang menyenangkan dan interaktif, yaitu dalam bentuk papan permainan. Kegiatan ini utamanya ditujukan kepada pelajar SMA (SMK sederajat), universitas, dan pelaku UMKM. Selain mengenalkan cara pengelolaan dan produk keuangan, program ini juga mengajak partisipan untuk membuat keputusan dalam merespon berbagai situasi yang dihadapi serta cara lainnya untuk meningkatkan pemasukan.
Agar teman disabilitas bisa semakin sehat finansial, OCBC meluncurkan inisiatif Semua Bisa #FinanciallyFit untuk menyediakan pendidikan keuangan inklusif melalui platform Ruang Menyala, serta kelas keuangan yang accessible untuk individu dan pelaku usaha disabilitas.
Selain edukasi literasi keuangan, CSR OCBC juga mendampingi para pelaku usaha untuk meningkatkan entrepreneurial skills, melalui kelas-kelas edukasi, penyediaan akses networking, pendampingan intensif, hingga kompetisi dan bantuan modal usaha bagi UMKM.
CSR OCBC juga dalam beberapa kesempatan melaksanakan kegiatan edukasi literasi keuangan bagi rumah tangga dan kelompok usaha produktif masyarakat, khususnya di desa binaan CSR OCBC.
Selain untuk usia dewasa, CSR OCBC bersama OCBC Volunteer juga turut mengenalkan konsep dasar keuangan sejak dini, khususnya bagi adik-adik binaan komunitas ataupun organisasi sosial.
Selain berbagai inisiatif yang dilakukan melalui program CSR, OCBC secara konsisten memberikan edukasi literasi keuangan baik melalui platform Ruang Menyala hingga kegiatan edukasi di kantor-kantor cabang OCBC.
Salah satunya melalui Financial Fitness Classes, di mana setiap minggunya OCBC menghadirkan kelas-kelas literasi keuangan baik secara online maupun offline bersama narasumber ahli. Platform ini dapat diakses secara gratis oleh siapapun lho! Bagi kamu yang ingin tahu kondisi keuanganmu, kamu juga bisa melakukan Financial Check Up di platform Ruang Menyala.
Melalui berbagai kegiatan edukasi literasi keuangan yang dihadirkan, OCBC harap dapat memotivasi masyarakat untuk semakin sehat finansial agar dapat mencapai financial freedom dengan merencanakan sedini mungkin.
Tertarik untuk berkolaborasi? Hubungi brand.communications@ocbc.id atau melalui akun Instagram @ocbcmelajujauh.
***
Tentang OCBC Volunteer
OCBC Volunteer merupakan wadah bagi karyawan OCBC untuk turut berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial dan lingkungan di masyarakat. Setiap bulan, karyawan turut menghadirkan literasi keuangan yang inklusif, mempromosikan nilai dan aksi keberlanjutan serta membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok.