Rekening Jarang Dipakai? Begini Cara Cek Masih Aktif atau Tidak!

8 Mei 2024

Bagaimana cara cek rekening bank masih aktif atau tidak karena sudah lama tidak dipakai? Berikut penjelasannya!

Rekening bank adalah sederet angka yang digunakan sebagai pencatatan transaksi nasabah di sebuah bank. Sehingga, rekening juga menjadi bukti bahwa nasabah memiliki dana yang disimpan di bank tersebut.

Biasanya, masyarakat tidak memiliki satu rekening bank saja. Sebaliknya, mereka bisa memiliki dua atau lebih rekening, baik dengan bank yang sama atau berbeda bank.

Ada banyak pertimbangan mengapa satu orang punya beberapa rekening. Biasanya keputusan itu berkaitan dengan pengelolaan keuangan masing-masing, serta disesuaikan dengan keunggulan setiap produk.

Namun di sisi lain, memiliki beberapa rekening juga bisa membuat bingung pemiliknya. Alhasil akan ada satu rekening yang jarang terpakai sehingga pemilik lupa apakah masih aktif atau sudah tidak aktif.

Baca juga: Tabungan Anak: Pengertian, Manfaat, dan Jenis Tabungan

Mengenal Rekening Dormant

Rekening bank yang sudah lama tidak digunakan akan masuk dalam kategori dormant. Sebagai informasi, dormant adalah istilah yang menggambarkan rekening tabungan atau giro sudah pasif dan tidak digunakan beberapa waktu lamanya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rekening dormant. Pertama, tidak ada aktivitas transaksi apapun dalam rekening selain pendebetan atau pengkreditan oleh sistem.

Biasanya, bank akan membuat rekening menjadi dormant jika tidak aktivitas apapun selama 6-12 bulan berturut-turut. Kebijakan jangka waktu ini akan berbeda di setiap bank dan produk simpanan yang digunakan.

Selain itu, rekening dormant juga terjadi akibat faktor lain, seperti kesalahan transfer dalam jumlah besar, aktivitas transaksi tidak wajar, hingga permintaan dari pihak berwajib karena adanya dugaan rekening digunakan untuk tindak pidana.

Ada beberapa dampak negatif ketika rekening masuk kategori dormant, antara lain:

  • Tidak bisa melakukan transaksi pendebetan, seperti penarikan tunai dan transfer melalui e-channel, serta melakukan pembelanjaan di merchant atau EDC;
  • Rekening dormant tidak bisa melakukan aktivasi melalui e-channel;
  • Rekening bisa menerima transfer masuk, tapi tidak mengubah statusnya sebagai dormant.

Jika rekening masih tidak digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dari masa dormant, saldo sudah nol rupiah dalam waktu lama, dan tidak ada upaya mengaktifkan kembali, bank bisa saja menutup rekening tersebut.

Baca juga: 10 Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Anak Sekolahan, Mudah!

Cara Cek Rekening Bank Masih Aktif

Seperti yang disinggung di atas, rekening bank yang sudah pasif dan masuk kategori dormant sangat mungkin diaktivasi kembali. Caranya adalah dengan menggunakan rekening tersebut untuk transaksi.

Namun untuk rekening yang sudah dormant, aktivasi kembali hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang bank saja. Kamu bisa melakukan setor tunai, penarikan tunai, atau transfer melalui teller untuk mengaktifkan rekening dormant.

Sementara cara cek rekening bank masih aktif, dormant, atau sudah nonaktif sebenarnya sangat mudah. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan!

1. Lakukan Transaksi

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah rekening masih aktif adalah dengan menggunakannya untuk transaksi. Seperti dijelaskan sebelumnya, rekening menjadi pasif ketika tidak ada transaksi yang dilakukan selama kurun waktu tertentu.

Transaksi yang dimaksud meliputi setoran tunai, tarik tunai, atau transfer. Pasalnya, rekening pasif tetap bisa menerima transfer masuk, namun tidak mengubah status rekening.

Maka, cobalah untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM. Jika transaksi berhasil, maka rekening masih aktif. Sebaliknya, jika transaksi gagal, maka rekening sudah masuk kategori dormant dan hanya bisa diaktivasi ulang dengan transaksi melalui teller.

2. Hubungi Bank

Menghubungi pihak bank merupakan cara berikutnya yang bisa kamu tempuh. Seperti yang diketahui, bank memiliki layanan customer service yang siap melayani nasabah 24/7, termasuk pengaduan salah transfer.

Hubungi nomor customer service bank, dan sampaikan keperluanmu yaitu menanyakan apakah rekening milikmu masih aktif atau tidak. Selain menjawab pertanyaan, pihak customer service juga bisa memberikan solusi jika rekening sudah tidak aktif.

Kamu yang menjadi nasabah OCBC bisa sangat beruntung dalam hal ini. Pasalnya, OCBC memiliki banyak kanal pengaduan yang lengkap dan bisa melayani keluhan sepanjang waktu, yaitu:

  • Tanya OCBC 1500-999 atau (021) - 26506300 (dari luar negeri)
  • Facebook (at) OCBC
  • Instagram (at) ocbc_indonesia
  • Tiktok (at) ocbc_indonesia
  • Email tanya@ocbc.id
  • X (at) Tanya_OCBC
  • X (at) OCBC_indonesia
  • LinkedIn (at) OCBC Private Bank
  • LinkedIn (at) OCBC Indonesia
Baca juga: Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Story for your Inspiration

Baca

Investasi - 17 Apr 2025

Harga Emas Catatkan Rekor Baru!

Baca

Edukasi, Life Series - 9 Apr 2025

US “Liberation Day” - Tariffs, tensions, and turbulence

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile