NPP adalah layanan wajib perusahaan yang berkaitan dengan BPJS untuk kesejahteraan karyawannya.
Dalam menjalankan perusahaan, Nomor Pendaftaran Perusahaan atau NPP adalah bagian penting yang harus dimiliki. Pasalnya, ada banyak urusan administrasi dan legal perusahaan yang membutuhkan NPP.
Selain itu, NPP perusahaan juga penting untuk memberikan kesejahteraan bagi karyawan melalui layanan BPJS. Dengan begitu, karyawan dapat memiliki akses untuk mendapatkan jaminan kesehatan, ketenagakerjaan, dan layanan lainnya.
Artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang apa itu NPP perusahaan dan mengapa kepemilikan identitas ini penting untuk karyawan. Simak penjelasan lengkapnya di ulasan berikut ini!
NPP adalah salah satu hal wajib yang harus dimiliki perusahaan saat pertama kali memulai bisnis, khususnya perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Fungsi NPP perusahaan sangat krusial untuk kelancaran bisnis, baik dari segi administrasi maupun kesejahteraan karyawan.
Salah satu fungsi utama NPP adalah melakukan registrasi layanan BPJS sebagai perlindungan untuk karyawan. Pasalnya, melalui kepemilikan NPP, perusahaan dapat memberikan jaminan kesehatan, keselamatan, dan lainnya untuk karyawan melalui BPJS.
Sikap tersebut juga merupakan bentuk tanggung jawab pengusaha terhadap karyawan yang bekerja untuk bisnis. Dengan adanya perlindungan keselamatan dan kesehatan, karyawan akan merasa lebih aman dan dihargai.
Pada dasarnya, NPP adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan bagi seluruh komponen bisnis di dalamnya. Beberapa manfaat dari NPP adalah sebagai berikut:
Adanya hubungan signifikan antara kepemilikan NPP dan akses layanan BPJS menjadi salah satu manfaat dari NPP perusahaan untuk karyawan. Dengan adanya perlindungan dari BPJS, karyawan akan merasa lebih sejahtera.
Seiring dengan hal tersebut, karyawan akan merasa bahwa perusahaan menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Hasilnya, loyalitas dan produktivitas karyawan terhadap perusahaan juga akan meningkat.
Manfaat utama NPP adalah memungkinkan perusahaan mendaftar layanan BPJS untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan pada karyawannya. Manfaat lain dari NPP adalah memastikan pembayaran iuran jaminan premi pada BPJS berjalan tepat waktu.
Tidak hanya itu, dengan adanya NPP, karyawan dapat mengetahui jumlah potongan BPJS yang dilakukan oleh perusahaan karena aksesnya terbuka secara online.
NPP adalah identitas yang menggambarkan reputasi bisnis perusahaan. Pasalnya, perusahaan dengan NPP berarti memiliki kredibilitas dan aman. Hal ini tentu menjadi pertimbangan penting, terutama bagi investor sebelum memutuskan untuk menanamkan modal.
Tidak hanya itu, adanya kredibilitas juga membantu perusahaan untuk melakukan ekspansi bisnis atau kerja sama dengan perusahaan lainnya.
NPP adalah tanda bahwa suatu perusahaan memiliki izin untuk menjalankan usahanya dan telah memenuhi peraturan yang berlaku. Tidak hanya investor, konsumen juga akan mempertimbangkan kredibilitas bisnis sebelum memulai transaksi atau kerja sama lainnya.
Baca juga: Surat Izin Usaha - Pengertian, Syarat, dan Cara Membuat
Nomor Pendaftaran Perusahaan atau NPP adalah identitas penting yang harus dimiliki setiap badan usaha. Berikut adalah tata cara mendapatkan NPP untuk perusahaan:
Terdapat beberapa berkas persyaratan yang perlu disiapkan sebelum mendaftar NPP untuk perusahaan, seperti:
Pembuatan NPP perusahaan dapat dilakukan secara online melalui laman https://ejakon.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi. Silakan klik tombol Register Badan Usaha Baru untuk memulai proses pendaftaran.
Tahap selanjutnya dalam membuat NPP adalah melengkapi formulir yang tersedia. Pastikan informasi yang dicantumkan lengkap, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara hukum sehingga proses pembuatan berjalan lancar.
Dalam tahap ini, pemilik usaha juga akan diminta tanggal untuk keperluan observasi dari pihak BPJS. Biasanya akan dilakukan survei perusahaan dan sosialisasi program layanan BPJS, terutama BPJS Ketenagakerjaan.
Silakan menunggu sampai pihak BPJS mengirimkan pemberitahuan lanjutan melalui email perusahaan. Terdapat beberapa link yang ada dalam email ini, yaitu:
NPP adalah identitas perusahaan yang dapat dicek dengan mudah secara online melalui laman BPJS Ketenagakerjaan. Silakan masuk pada akun dengan menggunakan username dan kata sandi yang telah didaftarkan. Oleh karena itu, pastikan Sobat OCBC menyimpan data ini dengan baik.
Itulah pembahasan tentang NPP perusahaan dan manfaatnya untuk kesejahteraan karyawan. Pada intinya, NPP adalah layanan tambahan yang sifatnya wajib bagi perusahaan, baik untuk mematuhi peraturan maupun memenuhi hak kesejahteraan karyawan.
Berbicara kesejahteraan karyawan, Bank OCBC juga menawarkan Asuransi HealthCare+ sebagai solusi perlindungan kesehatan karyawan sesuai kebutuhan. Ada beragam manfaat yang diberikan, mulai dari rawat inap sampai rawat gigi.
Persyaratan untuk pengajuan asuransi ini juga tergolong mudah, seperti minimum kepesertaan mulai dari 3 orang karyawan. Jadi, tunggu apa lagi? Percayakan jaminan kesehatan karyawan bersama Bank OCBC!
Baca juga: SKDP Adalah: Pengertian, Manfaat, Syarat & Cara Mengurusnya