Komunikasi korporasi adalah hal yang penting untuk diperhatikan perusahaan.
Untuk membangun citra dan reputasi positif, terutama di hadapan publik, komunikasi korporasi adalah salah satu upaya yang harus dilakukan oleh perusahaan.
Umumnya, seorang praktisi komunikasi korporasi perlu memiliki interpersonal skill yang baik, terutama dalam aspek penyampaian pesan kepada pihak lain.
Nah, bagi Sobat OCBC NISP yang ingin memahami lebih dalam mengenai apa itu komunikasi korporasi, simak artikel berikut sampai habis!
Public relations atau hubungan masyarakat (humas) merupakan istilah yang lebih dikenal orang-orang jika menyangkut urusan komunikasi dalam perusahaan.
Padahal sebenarnya, corporate communication atau komunikasi korporasi adalah istilah yang lebih tepat terkait kondisi tersebut.
Pasalnya, corporate communication akan memegang peranan yang penting menyangkut bagaimana perusahaan dipersepsikan oleh investor, karyawan, maupun masyarakat umum.
Menurut Northeastern University, komunikasi korporasi adalah cara yang dilakukan perusahaan dalam berkomunikasi dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal.
Umumnya, pihak yang disasar dalam proses komunikasi korporasi adalah pelanggan, karyawan, dan stakeholder penting seperti investor, pemerintah, media, serta khalayak.
Tak hanya itu, corporate communication juga bertanggung jawab dalam meng-handle berbagai macam krisis yang dialami perusahaan.
Komunikasi korporasi memegang peran yang sangat krusial dalam keberlangsungan perusahaan.
Sebab, merekalah yang akan menjadi perwakilan atau wajah dari perusahaan untuk dapat berkomunikasi dengan target audiens.
Dalam menjalankan tugasnya, tim corporate communication biasanya akan menyampaikan pesan melalui email, interview, press release, hingga konferensi pers.
Jika tim corporate communication bisa berkomunikasi secara efektif, maka perusahaan akan berpotensi memperoleh lebih banyak profit dan tentunya mendapat loyalitas dari pelanggan.
Secara keseluruhan, tim corporate communication yang bisa berkomunikasi dengan baik akan mampu meningkatkan peluang perusahaan untuk bisa bersaing di pasar.
Baca juga: Apa itu Word of Mouth? Ini Pengertian dan 7 Strateginya
Adapun beberapa fungsi komunikasi korporasi adalah sebagai berikut:
Menciptakan branding yang bagus dan kuat serta memasarkan produknya pada banyak orang merupakan tugas perusahaan.
Dalam mewujudkan hal tersebut, perusahaan dapat melakukan berbagai cara, misalnya membuat iklan.
Namun, dalam melaksanakan branding dan marketing, iklan bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan.
Nah, dalam hal ini, corporate communication dapat menjalankan komunikasi yang baik pada pihak-pihak eksternal.
Pada dasarnya, corporate communication berperan dalam menjaga image dan menciptakan reputasi baik untuk perusahan, serta menyampaikan pesan dengan efektif kepada publik.
Baik perusahaan besar maupun kecil tidak bisa lepas dari yang namanya krisis atau masalah. Nah, dalam hal ini, corporate communication memiliki peran yang vital.
Pasalnya, krisis harus bisa dikelola dengan baik dan hati-hati agar tidak berpengaruh negatif pada reputasi perusahaan.
Dengan demikian, tim corporate communication haruslah diisi oleh orang-orang yang profesional dan kompeten di bidangnya.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, corporate communication juga berperan dalam proses komunikasi di internal perusahaan.
Corporate communication bisa membantu menyampaikan komunikasi yang baik kepada para karyawan di perusahaan.
Dengan adanya corporate communication, karyawan di perusahaan tersebut dapat bertanya atau berkonsultasi mengenai masalahnya.
Alhasil, hal ini dapat berdampak pada peningkatan produktivitas karyawan yang juga bisa mendorong peningkatan penjualan perusahaan.
Fungsi corporate communication yang terakhir berkaitan dengan media dan public relations. Fungsi ini meliputi:
Menjalin hubungan baik dengan media, termasuk menyediakan informasi yang akurat dan relevan, mengatur konferensi pers, serta mengelola tanggapan terhadap liputan berita
Mengatur berbagai acara serta promosi perusahaan, seperti peluncuran produk dan seminar
Memonitor dan mengevaluasi efektivitas kampanye PR
Menjalankan corporate responsibility
Banyak orang yang masih sering menyamakan corporate communication dengan public relation atau humas.
Hal ini tak mengherankan mengingat keduanya memang memiliki scope pekerjaan yang serupa, yaitu mengelola branding perusahaan.
Nah, agar tidak salah lagi, berikut adalah beberapa perbedaan komunikasi korporasi dengan hubungan masyarakat:
Dalam keilmuan ilmu komunikasi, hubungan masyarakat memiliki pengertian yang lebih luas, yaitu berkaitan dengan proses interaksi organisasi ke publik. Sementara itu, corporate communication hanya terbatas pada perusahaan saja
Public relation hanya berfokus untuk menyampaikan pesan ke publik, sedangkan corporate communication bisa bersangkutan dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan
Public relations lebih cenderung bertujuan untuk membangun citra dan opini publik. Sementara itu, corporate communication membangun citra dua arah, baik internal maupun eksternal perusahaan
Metode komunikasi yang diterapkan public relations umumnya menggunakan pihak ketiga, seperti misalnya media. Sementara itu, corporate communication bisa menggunakan metode langsung
Baca juga: 10 Cara Pemasaran Produk yang Baik & Contohnya agar Omzet Naik
Jika berminat berada dalam tim komunikasi korporasi suatu perusahaan, berikut keterampilan yang wajib dimiliki:
Salah satu tugas komunikasi korporasi adalah menyampaikan pesan tertulis demi kepentingan perusahaan.
Oleh karena itu, skill utama yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis secara kuat dan efektif.
Corporate communication akan banyak berjibaku dengan aktivitas yang mengharuskan seseorang untuk bisa berkomunikasi secara efisien di depan umum.
Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk menyampaikan dan mempresentasikan gagasan atau topik secara jelas, ringkas, serta efektif.
Dengan demikian, keterampilan public speaking merupakan skill yang wajib dimiliki agar bisa tampak layak untuk menjadi perwakilan perusahaan.
Kemampuan dalam menggunakan berbagai alat teknologi komunikasi juga dibutuhkan jika ingin menjadi seorang tim komunikasi korporasi.
Penggunaan tools yang dimaksud di sini misalnya artificial personal assistant, chat bot, serta virtual reality.
Bekerja dalam tim corporate communication mengharuskan seluruh anggotanya untuk memiliki kemampuan melakukan riset yang baik.
Sebab, tim corporate communication akan berjibaku dengan pembuatan konten untuk kepentingan korporat.
Mereka harus memastikan bahwa konten yang dibuat akan menarik, relevan, dan tentunya kredibel.
Itu dia ulasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan skill yang wajib dimiliki tim komunikasi korporasi.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa penting bagi perusahaan untuk dapat menjalankan fungsi corporate communication dengan baik, apalagi jika ingin melakukan ekspansi bisnis.
Sebab, citra dan reputasi perusahaan yang dibangun dengan baik melalui komunikasi korporasi akan mendukung kelancaran ekspansi bisnis.
Selain itu, jika ingin melakukan ekspansi bisnis, aspek lain yang perlu menjadi perhatian adalah pembiayaan dan modal usaha.
Nah, terkait hal ini, temukan solusinya dengan menggunakan layanan Ekspansi Bisnis dari OCBC NISP!
OCBC NISP menyediakan kredit modal kerja, investasi, dan program yang dapat membantu para pelaku usaha untuk melakukan ekspansi bisnis.
Lebih dari itu, menggunakan layanan kredit dari OCBC NISP juga memiliki berbagai keuntungan, mulai dari fleksibel, cepat, tenor yang tinggi, serta fasilitas lengkap.
Oleh karena itu, yuk kembangkan bisnis Anda dan raih #FinanciallyFit bersama OCBC NISP!
Baca juga: Kenali Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis