OCBC Pertahankan Kinerja Solid pada Semester Pertama 2024, Ditandai dengan Pertumbuhan Laba Bersih Dua Digit dan Berbagai Pencapaian Strategis

30 Jul 2024

OCBC Pertahankan Kinerja Solid pada Semester Pertama 2024, Ditandai dengan Pertumbuhan Laba Bersih Dua Digit dan Berbagai Pencapaian Strategis

Jakarta, 30 Juli 2024 – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) mengumumkan kinerja yang solid pada semester pertama 2024, menggarisbawahi komitmen Bank dalam memberikan solusi keuangan yang komprehensif dan inovatif untuk seluruh nasabah.

Kinerja Keuangan Utama (Konsolidasi) per 30 Juni dalam Rp triliun kecuali %
Deskripsi 2024 2023 ∆% YoY
Laba Bersih 2,4 2,1 16%
Kredit 162,5 142,3 14%
Simpanan Nasabah 198,6 178,3 11%
Total Aset 266,5 245,4 9%
Total Ekuitas 37,9 35,3 8%

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC, mengatakan, “Di tengah tantangan kondisi ekonomi hingga saat ini, kinerja Bank tetap tumbuh baik. Hal ini terlihat dari laba bersih bank yang naik sebesar 16% menjadi 2,4 triliun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 2,1 triliun.”

Selain itu, Return on Equity (ROE) meningkat menjadi 13,3%. Kondisi likuiditas Bank juga tercatat sehat dengan Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 225,7%, di atas ketentuan regulator.

Secara umum, pertumbuhan laba bersih terutama didorong oleh naiknya pendapatan bunga bersih sebesar 7% YoY, seiring dengan pertumbuhan penyaluran kredit dan penurunan beban cadangan kerugian penurunan nilai atas aset keuangan sebesar 116% yang terutama didorong oleh membaiknya kualitas kredit.

Kredit OCBC juga tumbuh 14% YoY. Kredit ritel tumbuh sebesar Rp13,3 triliun atau 27% YoY, termasuk kredit PT Bank Commonwealth, yang menjadi anak Perusahaan OCBC sejak bulan Mei tahun ini. Kredit perbankan bisnis tumbuh sebesar Rp6,9 triliun atau 7% YoY.

Selain itu, per 30 Juni 2024, Bank telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan (sustainability financing) sebesar Rp34,99 Triliun, dimana 43% di antaranya merupakan penyaluran dalam bentuk green financing.

Parwati melanjutkan, “Dengan kinerja yang baik di semester pertama tahun ini, OCBC terus optimis namun tetap penuh kehati-hatian untuk bertumbuh secara kesinambungan, dengan terus berinovasi untuk melayani nasabah individu dan korporasi.”

Prinsip kehati-hatian terlihat dari rasio NPL bruto yang berada pada level 2% di semester pertama tahun ini. Rasio loan at risk (LAR) berada di angka 5,8% pada semester pertama 2024, turun dibandingkan angka periode yang sama tahun lalu sebesar 6,2%.

Di sisi pendanaan, total dana pihak ketiga (DPK) OCBC di paruh pertama 2024 tumbuh sebesar 11% YoY dengan komposisi CASA sebesar 56% dibandingkan total DPK.

Jumlah transaksi OCBC melalui e-channel berhasil mencatatkan pertumbuhan sebesar 46% YoY, dengan pengguna aktif individu internet banking dan OCBC Mobile meningkat sebesar 26% YoY. Sedangkan untuk nasabah korporasi, jumlah pengguna meningkat sebesar 20% YoY dan jumlah transaksi di OCBC Business meningkat sebesar 60% YoY.

Dari Event Lifestyle dan Korporat untuk Nasabah hingga Insiatif Literasi Keuangan untuk Disabilitas

Pada bulan Juni 2024, OCBC telah sukses menyelenggarakan kembali signature event-nya yaitu ‘Premium Music Experience’ yang menghadirkan David Foster and Friends. Acara ini merupakan apresiasi OCBC untuk nasabah yang telah senantiasa mempercayakan OCBC sebagai partner perbankan mereka. Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 10.000 penonton, mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding acara tahun sebelumnya yang dihadiri 7.000 penonton.

Selain itu, OCBC juga telah meluncurkan insiatif “Semua Bisa #FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas”, sebuah inisiatif literasi keuangan untuk teman-teman disabilitas yang terdiri dari rangkaian workshop, webinar, dan materi edukasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan teman-teman disabilitas. Peluncuran insiatif ini dihadiri oleh Dante Rigmalia Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) dan Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI.

Selain itu, OCBC bersama dengan OCBC Group menyelenggarakan One Connect Series 2024: Medical Technology Day, sebuah acara yang mempertemukan berbagai perusahaan teknologi kesehatan dari Indonesia, Singapura, dan Tiongkok untuk berkolaborasi dan menjajaki kemitraan. Acara ini turut dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, dan Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Republik Indonesia/Plt. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dr. Dra. L. Rizka Andalusia, Apt., M.Pharm., MARS.

OCBC Meraih Berbagai Award Nasional dan Internasional di Semester 1 2024

Sebagai pembuktian dari komitmen kami dalam menjadi mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup, OCBC telah menerima berbagai penghargaan nasional dan internasional dalam berbagai segmen, di antaranya Global Banking and Finance Review Awards 2024, AsiaMoney/Euromoney Private Banking Award 2024, Asian Banking & Finance Retail Banking Awards 2024, Euromoney Awards for Excellence 2024, The Best Bank Service Excellence 2024 dari Majalah Infobank, dan Marcomm-Corcomm Dream Team Award 2024 dari MIX Marcomm.

Penghargaan tersebut diberikan kepada OCBC atas keunggulannya dalam berbagai kategori, termasuk Small and Medium Enterprise (SME), Private Bank, Forex Bank, Corporate Governance, Retail, performa layanan bank, dan juga kegiatan marketing dan corporate communication.

Sekilas laporan keuangan dan rasio keuangan per 30 Juni 2024, disajikan dalam factsheet terlampir.

Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 83 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 30 Juni 2024, OCBC melayani nasabah melalui 200 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 492 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 580 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbc.id,
Mobile: 62-8119860068
Chandra Novita
Publicist
chandra.novita@ocbc.id,
Mobile: 62-8111071069
Nadya Maharani
Publicist
nadya.maharani@ocbc.id
Mobile: 62-81294289252
Novi Henriatika
Publicist
novi.henriatika@ocbc.id
Mobile: 62-8119812329

News for your Inspiration

Read More
OCBC Tower

Kinerja OCBC - 31 Okt 2024

Semakin Tangguh, Laba Bersih OCBC Naik 25% sampai dengan Kuartal Ketiga 2024

Read More
OCBC Tower

Kinerja OCBC - 30 Apr 2024

OCBC Pertahankan Pertumbuhan Laba Dua Digit di Kuartal Pertama 2024

See All