OttoDigital dan OCBC Bersinergi Berikan Solusi Pembiayaan Holistik untuk Ekosistem Keuangan yang Sehat

26 Jun 2024

Jakarta, 26 Juni 2024 - Transformasi sektor keuangan memainkan peran yang krusial dalam membuka akses layanan keuangan berbasis teknologi, termasuk layanan kredit. Ironisnya, banyak kalangan ekosistem usaha, yang mencakup pelaku UMKM, Usaha Modern, bahkan karyawan yang berada di dalamnya, belum memiliki pemahaman konsep pengelolaan keuangan, terutama di kondisi mendesak yang tidak dapat dihindari. Arus kas modal usaha atau biaya tak terduga misalnya terkait kesehatan, kebutuhan perbaikan rumah, dan kendaraan, menjadi problematika dalam keseharian.

Melihat kondisi tersebut, sebagai wujud komitmen mendorong langkah menuju keuangan sehat, PT Bank OCBC NISP (“OCBC”) dan OttoDigital melalui lini bisnis PT Indoartha Perkasa Sukses resmi berkolaborasi dalam menyediakan akses pembiayaan bagi pelaku usaha UMKM melalui pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebagai solusi yang pasti, mudah, dan aman dalam mengatasi tantangan finansial mereka. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di OttoDigital Head Office, Jakarta, pada pertengahan Juni ini.

Berdasarkan hasil OCBC Business Fitness Index 2023 ditemukan bahwa sebagian besar UMKM masih perlu meningkatkan kemampuan untuk mengelola kondisi keuangan usaha mereka. Sebab, 53% pelaku usaha belum memiliki estimasi ataupun tidak paham cara membuat estimasi anggaran, pendapatan, dana untuk usaha berjalan hingga bagaimana mendapatkan dana darurat. Bahkan hanya 30% karyawan di Indonesia yang paham mengelola keuangan. Akibat kesadaran perencanaan yang rendah tersebut, kebanyakan ekosistem usaha, rata-rata 50% hanya memiliki dana cadangan yang dapat mendukung kegiatan operasional selama 1-4 bulan dan hanya 1% masyarakat Indonesia yang punya tabungan untuk kebutuhan mendesak mereka.

Grace Sunarjo, Direktur PT Indoartha Perkasa Sukses menyambut baik kerja sama OttoDigital dengan OCBC. Menurut Grace, kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas layanan solusi keuangan agar mudah dijangkau oleh target market. “OttoDigital melihat ekosistem usaha perlu diperkuat dengan #Solusi Usaha yang tepat. Agar solusi keuangan dapat dinikmati oleh pengguna, kami membuka akses layanan keuangan di berbagai platform yang kami kelola. Sisi lain untuk mencapai layanan keuangan digital yang lebih inklusif kami pun menyediakan layanan SDK (Software Development Kit) yang aman dan mudah diintegrasikan ke platform milik mitra distribusi dengan harapan memperoleh multiplier effect yang meluas. Bersama OCBC, kami berharap ekosistem usaha dapat tumbuh dan berkembang sehingga menciptakan ekosistem keuangan yang sehat,” ungkap Grace Sunarjo.

Veronika Susanti, Digital Lending Division Head OCBC mengungkapkan, “OCBC berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha agar #BeraniNaikLevel melalui peningkatan inklusi dan literasi. Program referral customer dari OttoDigital kepada OCBC untuk memperoleh pembiayaan dirancang untuk mendukung ekosistem usaha OttoDigital dimana mayoritas merupakan pelaku usaha UMKM, baik itu individu maupun berbadan usaha, karyawan dan berbagai komunitas lainnya. Program ini diharapkan dapat memberikan solusi guna meningkatkan pelayanan, produktivitas dan pendapatan usaha, yang tujuan akhirnya untuk mencapai kesejahteraan finansial bagi para pelakunya,”

Keunggulan KTA CashBiz untuk pelaku usaha dan KTA CashLoan untuk perorangan adalah proses yang mudah dan simple, dimana proses peninjauan setiap pengajuan KTA dilakukan secara cermat dan tanggap dalam waktu 3 hingga 5 hari kerja sejak menerima informasi yang diperlukan dari calon nasabah. Program ini menawarkan jumlah pengajuan KTA hingga Rp 200.000.000,- (dua ratus juta Rupiah) dengan tenor pinjaman yang bervariasi mulai dari 6 bulan hingga 36 bulan dan bunga mulai 0,98% per bulan. Pengajuan kedua layanan tersebut dapat diakses melalui berbagai platform yang OttoDigital kelola dan partner distribusi yang telah bekerja sama.

Dengan kerja sama ini, kedua pihak berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong kemajuan industri keuangan digital di Indonesia, serta menginspirasi lebih banyak lagi inovasi #SolusiUsaha dan kolaborasi yang akan membawa dampak positif bagi seluruh ekosistem usaha agar #BeraniNaikLevel.

Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 83 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Maret 2024, OCBC melayani nasabah melalui 200 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 495 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 580 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbc.id,
Mobile: 62-8119860068
Novi Henriatika
Publicist
novi.henriatika@ocbc.id
Mobile: 62-8119812329

News for your Inspiration

Read More
OCBC x FWD Insurance

Partnership - 10 Sep 2024

Perkuat Kemitraan Bisnis, OCBC dan FWD Insurance Tandatangani Kerja sama Bancassurance

Read More
OCBC Tower

Partnership - 2 Mei 2024

PT Bank Commonwealth Resmi Menjadi Bagian dari PT Bank OCBC NISP Tbk

See All