Jakarta, 30 Januari 2023 – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC Indonesia), hari ini mengumumkan bahwa Bank menutup tahun 2023 dengan kinerja yang solid. Hal tersebut tercermin dari laba bersih Bank yang mencapai Rp4,1 triliun, meningkat 23% dibandingkan Rp3,3 triliun pada tahun lalu. Selain itu, rasio kecukupan modal atau CAR Bank juga senantiasa kuat di angka 23,7%, jauh di atas ketentuan minimum.
Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC Indonesia, mengatakan, “Kami menutup tahun 2023 dengan kinerja yang solid. Kinerja positif tersebut turut didorong oleh pertumbuhan kredit 12% YoY dengan kualitas kredit yang terjaga baik. Sebagai hasilnya, rasio imbal hasil ekuitas (ROE) meningkat menjadi 12,0% pada akhir tahun 2023 dengan total aset Bank sebesar Rp250 triliun.”
Kinerja Keuangan Utama per 31 Desember 2023 dalam Rp triliun, kecuali % |
|||
---|---|---|---|
Deskripsi | 2023 | 2022 | ∆% YoY |
Laba Bersih | 4,09 | 3,33 | 23% |
Total Aset | 250 | 239 | 5% |
Kredit – bruto | 154 | 138 | 12% |
Dana Pihak Ketiga | 182 | 176 | 3% |
Likuiditas OCBC Indonesia senantiasa di posisi sehat dengan Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 206,2%, di atas ketentuan regulator.
Total Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank mencapai Rp182 triliun dengan rasio CASA sebesar 55,8%. Sementara itu, jumlah dana tabungan mengalami pertumbuhan sebesar 14,6% yoy.
Jumlah transaksi melalui e-channel berhasil mencatatkan pertumbuhan hingga 32% YoY. Sedangkan, jumlah pengguna aktif untuk internet banking dan OCBC Mobile meningkat 26% dibandingkan dengan tahun 2022.
Selanjutnya, pada Desember 2023 yang lalu, OCBC Indonesia juga mendapatkan afirmasi dari Fitch Ratings Indonesia 'AAA(idn)/Stabil', prospek peringkat menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh lembaga tersebut.
Parwati menambahkan, “2023 merupakan tahun yang bersejarah, di mana kami tidak hanya mencatatkan kinerja yang positif dan berkelanjutan, namun secara nyata juga memperkuat komitmen kami dengan mengubah logo dan nama merek Bank menjadi OCBC. Transformasi tersebut memperkuat dedikasi kami dalam menyediakan layanan keuangan komprehensif, dengan memanfaatkan sinergi bersama OCBC Group dan menggabungkannya dengan kekuatan lokal yang kami miliki.”
Komitmen Bank dalam menyediakan solusi keuangan komprehensif bagi nasabah tersebut mendapatkan berbagai pengakuan dalam bentuk penghargaan internasional dan nasional, termasuk The Bank of the Year-Indonesia oleh Majalah The Banker, yang merupakan bagian dari Financial Times Group selama enam tahun berturut-turut.
Factsheet kinerja keuangan dan rasio per 31 Desember 2023, terlampir.
Tentang OCBC Indonesia
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC Indonesia’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 82 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 December 2023, OCBC Indonesia melayani nasabah melalui 199 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 496 ATM OCBC Indonesia, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC Indonesia pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC Indonesia merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.
Brand & Communication Division, OCBC Indonesia
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id
Aleta Hanafi Division Head aleta.hanafi@ocbc.id, Mobile: 62-8118725945 |
Chandra Novita Publicist chandra.novita@ocbc.id, Mobile: 62-8111071069 |
Nadya Maharani Publicist nadya.maharani@ocbc.id Mobile: 62-8119812329 |
Novi Henriatika Publicist novi.henriatika@ocbc.id Mobile: 62-8119812329 |