Tabungan Emas

Tabungan emas digital dengan fisik emas dijamin 100% untuk investasi yang lebih aman dan stabil.

Terjangkau

Menabung emas mulai dari Rp10 ribu

Aman

Fisik emas dijamin 100% oleh Pegadaian

Mudah

Jual dan beli emas secara online di OCBC mobile

Keuntungan Lainnya

placeholder.png

Stabil

Terlindung dari inflasi dan deflasi

placeholder.png

Risiko Rendah

Tidak memiliki nilai penyusutan dalam jangka panjang

placeholder.png

Dapat Dicetak

Emas dapat dicetak menjadi emas batangan di Pegadaian

placeholder.png

Bonus saldo emas hingga Rp250 ribu

Info klik web.ocbc.id/bonusemas

    Informasi Penting

    Request Kartu

    Guidebook Travelcuan

    Limit Transaksi

    Biaya Transaksi

    Download informasi Global Wallet disini

Cara Memastikan Kartu Anda sudah Global Debit

Kartu Global Debit
Kartu Debit Global Wallet
  • Apabila kamu memiliki kartu NYALA Global Debit, sudah dipastikan kartu debitmu memiliki fitur Global Debit
  • Kartu Debit Mastercard OCBC dengan nomor kartu pada digit ke 7, 8 dan 9 adalah 800.
    Contoh:
    Kartu Global Debit ✓
    5379-4080-0123-4567
    5379-4080-1123-4567
    5379-4080-2123-4567

    Bukan Kartu Global Debit ✖
    5379-4088-0123-4567

Transaksi dengan Kartu Global Debit

  1. Pastikan Anda memiliki saldo yang cukup di rekening valas Anda untuk bertransaksi atau tarik tunai
  2. Pastikan nilai transaksi yang dilakukan tidak melebihi limit harian kartu untuk transaksi tarik tunai/debit di luar negeri
  3. Kartu Debit Anda dapat digunakan pada mesin ATM/EDC yang memiliki Logo Mastercard, Maestro ataupun Cirrus
  4. Saat bertransaksi di ATM, pastikan Anda memilih jenis rekening 'Savings Account' atau “Rekening Tabungan”

Fitur Contactless (Nirsentuh) pada Kartu ATM/Debit OCBC Mastercard

Kartu ATM/Debit OCBC Mastercard saat ini sudah dilengkapi dengan fitur nirsentuh (Contactless) untuk kenyamanan, keamanan dan kecepatan bertransaksi. Berikut ialah informasi penting Kartu ATM/Debit OCBC Mastercard dengan fitur/teknologi Contactless:

  • Fitur Contactless merupakan fitur yang melekat pada kartu ATM/Debit OCBC Mastercard dimana Pemegang Kartu dengan simbol Contactless dapat melakukan transaksi tanpa harus memasukkan kartu ke dalam mesin EDC (Electronic Data Capture) dan tanpa harus memasukkan PIN untuk jumlah transaksi tertentu.
  • Fitur Contactless akan dapat digunakan setelah melakukan pengaturan limit transaksi contactless melalui OCBC mobile dan melakukan satu transaksi pada ATM / EDC melalui jaringan MasterCard di luar negeri.
  • Kartu ATM/Debit OCBC Mastercard dengan fitur Contactless hanya dapat digunakan di mesin EDC di luar negeri yang menerima pembayaran nirsentuh.
  • Kartu ATM/Debit OCBC Mastercard dengan fitur Contactless hanya dapat digunakan di mesin EDC off-us di luar negeri apabila sudah dapat menerima pembayaran nirsentuh. Apabila tidak tersedia perangkat nirsentuh maka nasabah tetap bisa bertransaksi dengan cara memasukkan/ dip kartu ke mesin EDC dan menggunakan PIN.
  • Pemegang Kartu ATM/Debit OCBC Mastercard dengan fitur Contactless dapat melakukan transaksi tanpa PIN dengan jumlah akumulasi transaksi maksimal sebesar Rp1.000.000 (satu juta rupiah) atau ekuivalennya per transaksi per hari. Pemegang Kartu akan dimintakan otentikasi PIN jika transaksi melebihi limit tersebut. Limit Contactless menggunakan satu plafond limit gabungan yang sama dengan limit transaksi debit belanja harian Kartu ATM/Debit OCBC Mastercard.
  • Khusus untuk Kartu ATM/Debit OCBC Mastercard dengan fitur Contactless yang terhubung ke rekening Tanda Junior, maka transaksi tanpa PIN dapat dilakukan dengan jumlah akumulasi transaksi maksimal sebesar Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah) atau ekuivalennya per transaksi per hari.
  • Nasabah dapat mengajukan permintaan untuk menonaktifasi fitur Contactless tanpa PIN melalui cabang bank, Contact Center, atau melakukan penonaktifan melalui fitur Pengelolaan Kartu di OCBC mobile.
  • Transaksi Contactless tanpa PIN hanya dapat dilakukan pada Merchant tertentu yang memiliki mesin EDC Contactless dan tidak dapat digunakan untuk penarikan tunai atau transaksi online.
  • Untuk melakukan transaksi Contactless, Pemegang Kartu harus membawa dan menempelkan kartu pada mesin EDC Contactless.
  • Tidak ada biaya tambahan yang akan diberikan pada Pemegang Kartu yang menggunakan fitur Contactless.

Dalam menggunakan fitur Contactless, pastikan Pemegang Kartu sendiri yang membawa dan menempelkan kartu pada mesin EDC Contactless dan tidak menyerahkan kartu ke pihak Merchant atau orang lain manapun.

Kesalahan dan/atau kelalaian Pemegang Kartu dalam memanfaatkan fitur ini dan/atau penyalahgunaan metode fitur Contactless ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Pemegang Kartu, terkecuali dapat dibuktikan lain.

Pemegang Kartu dengan ini menyetujui bahwa setiap transaksi yang menggunakan fitur Contactless yang telah dilaksanakan Bank tidak dapat dibatalkan atau diubah dengan alasan apapun.

Request Kartu Global Debit Baru Mudah Lewat OCBC mobile

Step 1 - Login OCBC mobile dan klik Pengaturan

Pilih Pengaturan Kartu dan klik kartu yang ingin kamu ganti

Step 2 - Klik Ganti Kartu

dan Pilih Alasan Ganti Kartu

Step 3 - Pilih Kartu Pengganti

Lalu pilih metode pengiriman kartu

Step 4 - Cek ringkasan penggantian kartu

Lalu klik lanjut

Step 5 - Setujui syarat & ketentuan lalu masukkan PIN transaksi

Penggantian kartu diproses

United Kingdom
Australia
Singapore
China
Japan

LIMIT TRANSAKSI KARTU NYALA GLOBAL DEBIT

Kartu Nyala Global Debit
Tarik Tunai Rp15 juta/hari/rekening
Transfer Antar Bank Rp50 juta/hari/rekening
Transaksi Belanja Rp50 Juta/hari/kartu
Pindah Buku Rp100 juta/hari/rekening
Pembayaran Pembelian Rp100 juta/hari/kartu
Contactless(Tanpa PIN) Rp1 juta/transaksi/hari

*Limit transaksi tersebut ekuivalen dengan mata uang asing

Efektif 23 September 2024

BIAYA TRANSAKSI KARTU NYALA GLOBAL DEBIT
Biaya Admin Bulanan Kartu Rp10.000/kartu/bulan (dapat berubah sewaktu-waktu)
Biaya Penggantian Kartu Sebelum Jatuh Tempo/Expired Rp40.000 /kartu (dapat berubah sewaktu-waktu)
Transaksi di Mesin EDC Tidak ada biaya yang dibebankan kepada Nasabah untuk transaksi di mesin EDC di luar negeri.
Transaksi di Mesin ATM Biaya tarik tunai yang dikenakan oleh Bank OCBC:

  • Gratis biaya tarik tunai ATM OCBC Singapura
  • Biaya tarik tunai di ATM internasional lainnya sebagai berikut:
    Biaya Tarik Tunai Per Mata Uang
    AUD EUR GBP USD SGD CAD CHF NZD HKD CNH JPY IDR
    3 3 3 3 3 5 5 5 15 15 200 30.000
Biaya tarik tunai yang dikenakan oleh bank pemilik mesin ATM bank internasional lain di luar negeri.
Biaya ini sifatnya variatif dan tergantung dari kebijakan masing-masing bank pemilik ATM. Biaya ini tetap dibebankan kepada nasabah
Transaksi Transportasi di Luar Negeri (Aggregate Settlement)

 

Efektif 10 Agustus 2023, Skema dana ditahan sementara akan dilakukan dengan nominal sesuai dengan mata uang yang ditransaksikan sebagai berikut
Rp (Rupiah) AUD AUD CHF CAD CNH EUR GBP HKD JPY NZD SGD USD 
200.000 20 20 20 20 200 20 20 200 2.000 20 20 20

Informasi lebih lengkap terkait proses penyelesaian transaksi untuk transportasi di luar negeri menggunakan Kartu Debit Mastercard OCBC dengan fitur nirsentuh (contactless) dan Global Wallet/Global Debit dapat dilihat di sini.

Panduan

Booklet Transaksi Valas di OCBC mobile
Booklet Transaksi Valas di OCBC mobile

Booklet Transaksi Valas di OCBC mobile

E-Brosur Global Wallet
E-Brosur Global Wallet

E-Brosur Global Wallet

Panduan Penggunaan Debit Global Wallet
Panduan Penggunaan Debit Global Wallet

Panduan Penggunaan Debit Global Wallet

Settlement Kartu Debit untuk Transaksi Luar Negeri
Settlement Kartu Debit untuk Transaksi Luar Negeri

Settlement Kartu Debit untuk Transaksi Luar Negeri

Tanya OCBC

Tabungan Emas adalah layanan milik Pegadaian yang ada dalam aplikasi OCBC mobile melalui Kerjasama antara Bank OCBC dengan Pegadaian yang memungkinkan Nasabah untuk melakukan kegiatan investasi emas secara elektronik melalui aplikasi OCBC mobile.

Sampai saat ini, terdapat beberapa fitur yang dapat dipergunakan oleh Nasabah, yaitu:

  1. Registrasi
  2. Transaksi Setoran Awal (Pembelian pada hari pertama) dan Beli Emas
  3. Transaksi Jual Emas
  4. Status Transaksi Emas
  5. Histori Harga Jual dan Harga Beli Emas

  1. Nasabah yang dapat menggunakan layanan Tabungan Emas merupakan nasabah existing Bank OCBC NISP yang memiliki rekening relasi dengan mata uang Rupiah baik rekening Syariah maupun Konvensional Bank OCBC NISP
  2. Sudah melakukan registrasi pada menu beli pada saat nasabah pertama kali bertransaksi di Tabungan Emas yang terdapat pada aplikasi ONe Mobile.

Terkait dengan point 1 di atas, untuk Nasabah yang menggunakan rekening multicurrency (Tanda 360 Plus dan Tanda 360 Plus Karyawan), maka yang dapat digunakan untuk bertransaksi pada layanan Tabungan Emas hanya rekening mata uang Rupiah.

Bisa, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan nasabah telah melakukan update aplikasi OCBC mobile melalui Playstore atau Appstore menjadi versi terbaru.
  2. Dari menu Dashboard, klik Menu Investasi
  3. Pilih Tabungan Emas
  4. Klik Mulai
  5. Klik tombol Beli untuk melakukan registrasi Tabungan Emas
  6. Klik Verifikasi Sekarang
  7. Pilih e-KTP
  8. Foto e-KTP di tempat yang cukup terang dan sesuaikan dengan frame
  9. Lengkapi data yang diminta sesuai dengan data e-KTP Anda. Setelah itu, klik Saya Setujui dan Klik Simpan
  10. Lalu, pilih Selfie + e-KTP
  11. Foto selfie dengan e-KTP Anda di tempat yang cukup terang dan sesuaikan dengan frame
  12. Pilih Kantor Cabang Pegadaian
  13. Pilih kantor pegadaian untuk melakukan pencetakan emas
  14. Klik Lanjut
  15. Klik Simpan apabila data yang diisi sudah tepat. Apabila ingin mengedit/melihat data yang dipilih, silahkan klik bagian yang ingin diedit/dilihat Kembali
  16. Klik satu per satu Syarat & Ketentuan yang harus dibaca dan disetujui
  17. Klik Saya Sudah Membaca & Menyetujui. Silahkan unduh file dengan mengklik tombol Download File
  18. Klik Lanjut apabila sudah membaca semua Syarat & Ketentuan
  19. Masukkan PIN Transaksi
  20. E-KTP berhasil masuk dan sedang diverifikasi
  21. Tunggu maksimal 3 hari kerja untuk diverifikasi:
    • Apabila verifikasi data berhasil, maka akan muncul push notification pada handphone dan nasabah sudah bisa melakukan pembelian emas
    • Apabila verifikasi data gagal, maka akan muncul push notification pada handphone. Nasabah bisa melakukan verifikasi ulang dengan flow yang mirip dengan registrasi awal kembali

Biaya penitipan. Untuk biaya ini, pada tahun pertama tidak dikenakan biaya oleh Pegadaian. Biaya akan dikenakan untuk tahun selanjutnya sesuai dengan aturan yang berlaku di Pegadaian

Bisa, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan nasabah telah melakukan update aplikasi OCBC mobile melalui Playstore atau Appstore menjadi versi terbaru.
  2. Dari menu Dashboard, klik Menu Investasi
  3. Pilih Tabungan Emas
  4. Klik Mulai
  5. Klik tombol Beli untuk melakukan pembelian
  6. Input Nominal Emas yang ingin dibeli, dapat diinput dalam bentuk IDR atau gramasi emas. Klik tombol Beli.
  7. Pilih Rekening yang digunakan untuk membeli emas
  8. Klik Konfirmasi
  9. Klik Saya Sudah Membaca & Menyetujui. Silahkan unduh file dengan mengklik tombol Download File
  10. Masukkan PIN Transaksi
  11. Pembelian berhasil dan muncul resi Sukses, push notification, dan inbox notification

Ada, berikut adalah limit minimum atau maksimum pembelian emas:

  • Minimum Setoran Awal: Rp10.000
  • Maksimal Setoran Awal (Akumulasi Pembelian pada hari Pertama): 10 gram

Untuk melakukan pembelian pada hari kedua dan seterusnya, ikuti flow mirip seperti yang Setoran Awal. Perbedaan hanya terdapat pada batas limit transaksi beli emas.

Ada, berikut adalah limit minimum atau maksimum pembelian emas pada hari kedua dan seterusnya:

  • Minimal Pembelian per transaksi: Rp10.000
  • Maksimal Pembelian per transaksi: Rp50.000.000
  • Maksimal Pembelian per hari: 100 gram

Bisa, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan nasabah telah melakukan update aplikasi OCBC mobile melalui Playstore atau Appstore menjadi versi terbaru.
  2. Dari menu Dashboard, klik Menu Investasi
  3. Pilih Tabungan Emas
  4. Klik Mulai
  5. Klik tombol Jual untuk melakukan penjualan
  6. Input Nominal Emas yang ingin dijual, dapat diinput dalam bentuk IDR atau gramasi emas. Klik tombol Jual
  7. Pilih Rekening yang digunakan untuk menampung hasil penjualan emas
  8. Klik Konfirmasi
  9. Klik Saya Sudah Membaca & Menyetujui. Silahkan unduh file dengan mengklik tombol Download File
  10. Masukkan PIN Transaksi
  11. Penjualan emas berhasil dan muncul resi Sedang Diproses. NOTES: Dana hasil penjualan emas tidak langsung masuk ke rekening dan membutuhkan 1-3 hari proses pencairan dana ke rekening
  12. Apabila dana hasil penjualan sudah masuk ke rekening nasabah dalam rentang 1-3 hari kerja, resi Sedang Diproses akan otomatis berubah menjadi Sukses dan nasabah juga akan mendapatkan inbox notif & push notif

Ada, berikut adalah limit minimum atau maksimum pembelian emas kedua kali dan seterusnya:

  • Minimal Penjualan per transaksi: 0,01 gram
  • Maksimal Penjualan per transaksi: 20 gram
  • Maksimal Penjualan per hari: 100 gram

Wajib, sebesar 0,05 gram emas supaya rekening tidak menjadi dorman

Bisa, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan nasabah telah melakukan update aplikasi OCBC mobile melalui Playstore atau Appstore menjadi versi terbaru.
  2. Dari menu Dashboard, klik Menu Investasi
  3. Pilih Tabungan Emas
  4. Klik Mulai
  5. Pada halaman Dashboard, klik menu Status Transaksi Emas
  6. Nasabah bisa memfilter masing-masing Status: Selesai, Dalam Proses, Beli Emas, Jual Emas.
  7. Nasabah juga bisa melihat detail Resi dengan mengklik salah satu status transaksi emas

Bisa, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan nasabah telah melakukan update aplikasi OCBC mobile melalui Playstore atau Appstore menjadi versi terbaru.
  2. Dari menu Dashboard, klik Menu Investasi
  3. Pilih Tabungan Emas
  4. Klik Mulai
  5. Pada Dashboard Tabungan Emas, terdapat tabel Detail Harga Emas, klik Lihat Selengkapnya untuk melihat lebih detail
  6. Nasabah bisa melihat harga emas berdasarkan harian, bulanan, maupun tahunan
  7. Klik Lihat Berdasarkan Berat untuk melihat berdasarkan berat. Nasabah bisa melihat Harga Emas berdasarkan berat

Bisa. Nasabah dapat melakukan cetak emas dengan cara datang ke Outlet Pegadaian yang dipilih oleh Nasabah

Ada, jumlah minimum gramasi yang dapat dicetak adalah sesuai dengan yang tersedia di Pegadaian

Tidak bisa.

Emas pada produk Tabungan Emas tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) karena bukan merupakan produk bank.

Untuk versi OCBC mobile sekarang masih belum bisa.

Nasabah dapat menghubungi Bank OCBC melalui Contact Center untuk mencari tahu data yang tidak sesuai

Nasabah melakukan registrasi ulang

Tidak menemukan apa yang Anda Cari?

Lihat FAQ

Ajukan Pinjaman dengan OCBC mobile