OCBC Platinum
Elevate Your Discoveries

Jadikan setiap perjalanan menjadi pengalaman baru yang penuh makna

Poinseru setiap transaksi

Setiap transaksi Rp10,000 mendapat 1 Poinseru

Fleksibilitas Penukaran Poinseru

Tukar dimanapun dan kapanpun di www.raih.id

Penawaran di Merchant Rekanan

Penawaran spesial di Indonesia, Singapura & Malaysia

Keuntungan Lainnya

placeholder.png

Pilihan Beragam

Fasilitas pembiayaan untuk berbagai transaksi

placeholder.png

Efisien dan Praktis

Gunakan invoice sebagai dokumen underlying untuk membiayai transaksi

placeholder.png

Cash flow lancar

Membantu kelancaran cash flow

    Persyaratan

    Fasilitas

    Bunga & Biaya

    Kartu Kredit Anda

    Informasi Dalam Lembar Tagihan

    Syarat dan Ketentuan Umum Kartu Kredit

    Informasi lainnya

    Merchant Rekanan di Indonesia

    PIN Kartu Kredit

    Ringkasan Informasi Produk

Syarat Pengajuan Kartu Kredit OCBC Platinum

  • Minimal 21 tahun untuk pemegang kartu utama
  • Minimal 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan
  • Minimal penghasilan per tahun Rp120 Juta
  • WNI atau WNA

OCBC berhak menentukan besarnya pagu kredit dan jenis Kartu yang akan diberikan oleh OCBC kepada Pemegang Kartu

Cicilan Ringan

Konversi Cicilan adalah fasilitas kredit berjangka atas transaksi pembelanjaan kartu kredit Anda dengan bunga mulai 0% dan tenor hingga 18 bulan. Suku bunga Konversi Cicilan ditentukan dengan Bank OCBC dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jangka waktu cicilan ditetapkan sendiri oleh Pemegang Kartu dan tidak dapat diubah kembali. Pemegang Kartu dapat mengajukan permohonan konversi Cicilan melalui :

  1. SMS
    Kirim SMS ke dari Nomor Handphone yang terdaftar di sistem Kartu Kredit dan Anda akan mendapatkan balasan berupa konfirmasi.
    SMS ke 86477
    Format SMS : OCBC(spasi)CICIL(spasi)16 Digit No Kartu Kredit#Jumlah Transaksi#Tenor
    Contoh: OCBC CICIL 5241690000001234#30000000#12
  1. OCBC mobile
    1. Login kedalam Aplikasi OCBC mobile
    2. Pada Tab ‘Pinjam’, pilih jenis Kartu Kredit yang Anda inginkan
    3. Klik Ubah Cicilan pada pilihan transaksi yang tersedia
    4. Pilih Cicilan dan tenor yang Anda inginkan, lalu klik ‘Lanjut’
    5. Masukan ‘PIN Transaksi’
    6. Pengajuan cicilan Anda telah berhasil dikirim. Konfirmasi akan dikirim melalui email.

Diterima di Seluruh Dunia

Kartu OCBC Platinum diterima di seluruh dunia, di lebih dari 29 juta merchant (tempat usaha) dan jasa rekanan yang bekerjasama dengan VISA International


Akses Tunai di Seluruh Dunia

Selain leluasa menarik tunai di seluruh cabang Bank OCBC, kartu kredit OCBC Platinum Anda bisa digunakan untuk menarik tunai di lebih dari 1 juta ATM seluruh dunia, selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Anda bisa menarik tunai hingga 70% dari limit kartu kredit OCBC Platinum Anda dengan cara mengunjungi ATM terdekat dan pilih menu tarik tunai dengan menggunakan PIN kartu kredit Anda.

Fasilitas Bill Payment (Pembayaran Tagihan)

Kartu Kredit OCBC Anda dapat digunakan untuk transaksi pembayaran tagihan bulanan seperti Telkom, PLN, PAM, TV berlangganan, Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), dan Asuransi, dengan cara:

  1. OCBC ONe Bill
    Daftarkan tagihan bulanan Anda untuk penyedia jasa layanan (provider) yang bekerjasama dengan OCBC dengan menghubungi Tanya OCBC 1500-999 atau Relationship Manager Anda. Informasi selengkapnya, klik di sini

  2. ATM OCBC
    Kunjungi ATM OCBC terdekat dan pilih menu “Pembayaran atau Pembelian” atau tarik tunai dengan menggunakan PIN kartu kredit Anda. Apabila Anda belum memiliki PIN, segera buat PIN. Informasi lebih lanjut kunjungi www.ocbc.id/pin


Fleksibilitas Pembayaran Tagihan

Tagihan Kartu Kredit OCBC Anda dapat dibayar minimum 5% dari total tagihan atau Rp50.000 (mana yang lebih besar)


Metode Pembayaran Tagihan

Anda bisa membayar tagihan kartu kredit OCBC Platinum dengan cara:

  • Melalui ATM Bank OCBC atau melalui menu transfer pada jaringan ATM Bersama atau ATM Prima
  • Melalui Internet Banking dan Mobile Banking Bank OCBC
  • Melalui setoran tunai di seluruh cabang Bank OCBC
  • Melalui Direct Debit dengan menandatangani standing instruction di seluruh cabang Bank OCBC
  • Melalui Lalu Lintas Giro (LLG)/Kliring, ditujukan kepada Bank OCBC dengan mencantum nomor kartu kredit OCBC Platinum
  • Melalui pemindahbukuan dari tabungan/giro OCBC di seluruh cabang Bank OCBC

Tanya OCBC

Kami siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu untuk mendapatkan informasi mengenai Kartu Kredit OCBC Platinum di 1500-999

Ketentuan terkait pengumpulan dan penukaran Poinseru Kartu Kredit OCBC Platinum

  • Dapatkan 1 (satu) Poinseru untuk setiap Rp10.000 (sepuluh ribu Rupiah) transaksi ritel.
  • Poinseru dapat dilihat pada kolom saldo poinseru pada lembar tagihan Kartu Kredit Anda
  • Poinseru dapat ditukarkan dengan banyak pilihan hadiah melalui Raih.id.
  • Pada saat melakukan penukaran Poinseru, pastikan kartu kredit dalam keadaan aktif dan tidak terblokir.
  • Transaksi pembelanjaan yang mendapatkan Poinseru adalah transaksi pembelanjaan ritel dari Kartu Kredit utama dan Kartu Kredit tambahan yang telah dibukukan pada sistem Bank.
  • Transaksi yang tidak mendapatkan travel miles adalah sebagai berikut:
    • Seluruh transaksi cicilan,
    • Tarik tunai,
    • Loan on Phone,
    • Transaksi yang dibatalkan
    • Transaksi pembayaran tagihan bulanan dan layanan instansi pemerintahan (berlaku efektif per 11 Juni 2024):
      • Pembayaran Perusahaan Listrik Negara (PLN)
      • Pembayaran Perusahaan Air Minum (PAM)
      • Online Pajak
      • Bea Cukai
      • Pembayaran BPJS, dan
      • Pembayaran instasi pemerintahan lainnya melalui platform e-commerce
  • Transaksi luar negeri adalah transaksi yang dibukukan dengan mata uang asing selain Rupiah (IDR)
  • Poinseru akan dikreditkan maksimal 1 bulan setelah transaksi dibukukan pada sistem Bank
  • Poinseru hanya diberikan pada kartu kredit utama Anda dengan status pembayaran lancar dan tidak terblokir.

Bunga dan Biaya

Iuran Tahunan (bebas iuran tahun pertama)
Kartu Utama Rp600,000 per tahun, Kartu Tambahan: Rp300,000 per tahun
Bunga Ritel 1,75% per bulan, 21% per tahun
Bunga Penarikan Tunai 1,75% per bulan, 21% per tahun
Pembayaran Minimum 5% dari tagihan atau minimum Rp50.000 (Hingga 30 Juni 2025 atau selalu mengikat dengan ketentuan Bank Indonesia)
Biaya Penarikan Tunai 6% atau minimum Rp 100,000 (mana yang lebih besar)
Biaya Keterlambatan Pembayaran (Late Charge) 1% dari total tagihan, minimum Rp50.000 dan maksimum Rp100.000 (Hingga 30 Juni 2025 atau selalu mengikat dengan ketentuan Bank Indonesia)
Biaya Melebihi Batas Limit (over limit) 6% dari kelebihan limit, minimum Rp100,000 dan maksimum Rp250,000
Penggantian Kartu Rusak atau Hilang Rp100,000
Biaya Pengiriman Billing Statement Rp12,500 per tagihan
Biaya Permintaan Salinan Transaksi Nota Transaksi Rp50,000, Tagihan Bulanan Rp30,000, dan Biaya Check/Giro yang Ditolak Rp25,000
Biaya Materai akan dikenakan untuk pembayaran tertentu

Nilai pembayaran diatas Rp5 juta dikenakan Biaya Materai Rp10.000

Biaya Pembayaran Kartu Kredit Melalui Teller di Cabang OCBC Rp10,000
Biaya Pengajuan Cicilan

Melalui Aplikasi OCBC mobile/lainnya Rp15.000 per transaksi

Biaya pengajuan cicilan melalui Tanya OCBC Rp20.000 per transaksi

Biaya Pembatalan atau Percepat Pembayaran Cicilan Rp200.000 per transaksi
Biaya Transfer Rp10,000 ke rekening OCBC
Rp25,000 ke rekening Bank Lain

Biaya Pengiriman E-Statement melalui Email

Biaya Kenaikan Limit

Biaya Notifikasi

Rp5.000 per tagihan per bulan

Rp50.000 per permintaan

Rp10.000 per tagihan per bulan

Informasi Penting
  • Sesuai Peraturan Bank Indonesia, Nasabah tidak diperkenankan menggunakan Kartu Kredit untuk transaksi penarikan tunai di merchant.
  • Waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Bank OCBC. Kami tidak pernah meminta data rahasia Anda, seperti PIN, Password, Passcode/OTP dan User ID.

Perhitungan Bunga Untuk Transaksi Pembelanjaan (Ritel):
Bunga akan dikenakan jika Pemegang Kartu membayar kurang dari total tagihan baru, atau membayar setelah Tanggal Jatuh Tempo. Bunga untuk Transaksi Pembelanjaan dihitung berdasarkan Tanggal Pembukuan (Posting Date) dari transaksi yang dilakukan. Suku bunga yang berlaku untuk transaksi pembelanjaan tercantum pada Lembar Penagihan. Biaya, denda, ataupun bunga yang belum dibayarkan tidak termasuk dalam komponen perhitungan bunga. Bunga akan ditagihkan pada lembar penagihan berikutnya. Untuk perhitungan bunga secara lengkap dapat dilihat pada ilustrasi perhitungan bunga kartu kredit.

Perhitungan Bunga Untuk Transaksi Pengambilan Tunai (Cash Advance):
Bunga untuk Pengambilan Tunai (Cash Advance) dibebankan dan dihitung sejak Tanggal Penarikan (Cash Advance) sampai dengan tanggal dilakukannya pembayaran penuh dari transaksi Pengambilan Tunai tersebut. Suku bunga yang berlaku untuk transaksi Pengambilan Tunai tercantum pada Lembar Penagihan. Biaya, denda, ataupun bunga yang belum dibayarkan tidak termasuk dalam komponen perhitungan bunga. Untuk perhitungan bunga secara lengkap dapat dilihat pada ilustrasi Perhitungan Bunga Kartu Kredit.

Ilustrasi Perhitungan Bunga Transaksi Pembelanjaan (Ritel)*

*Ilustrasi ini menggunakan perhitungan tanggal jatuh tempo Kartu Kredit Platinum

Catatan:
Ilustrasi perhitungan bunga dapat memberikan hasil berbeda yang disebabkan oleh:

  1. Pembulatan dalam perhitungan.
  2. Urutan pelunasan tagihan. Untuk keterangan lebih lanjut atas urutan pelunasan tagihan, Anda dapat merujuk ke Syarat dan Ketentuan Umum Kartu Kredit OCBC.

Ilustrasi Perhitungan Bunga Transaksi Tarik Tunai (Cash Advance)**

Contoh perhitungan bunga transaksi Pengambilan Tunai:
Transaksi pengambilan Tunai sebesar Rp1.000.000 dilakukan dan dibukukan pada tanggal 8 Maret 2020. Tanggal cetak Lembar Penagihan adalah 10 Maret 2020. Tanggal Jatuh Tempo adalah 2 April 2020.

Bunga transaksi Pengambilan Tunai yang tercetak di Lembar Penagihan bulan April 2020 adalah Rp2.215 (*** lihat cara perhitungan dibagian bawah).

Gambar perhitungan hari bunga untuk transaksi Pengambilan Tunai (Cash Advance)

** Ilustrasi ini menggunakan perhitungan tanggal Jatuh Tempo Kartu Kredit Titanium
*** Pehitungan bunga untuk transaksi Pengambilan Tunai ditagihkan di bulan April 2020 adalah sebagai berikut:

Selisih hari = (10 - 8) + 1 = 3, Bunga = Rp1.000.000 x 3 x (2,245% x 12 bulan) / 365 = Rp2.215

Kredit card anda
  1. Chip
    Chip berfungsi untuk menyimpan data rahasia Anda serta untuk kenyamanan dan keamanan bertransaksi yang lebih baik.
  2. Nama Anda
    Hanya nama yang tercetak di dalam Kartu Kredit yang berhak untuk menggunakannya. Untuk itu periksa nama di dalam kartu kredit Anda dan segera laporkan kepada OCBC bila nama yang tercetak tidak sesuai.
  3. Tanggal Berlaku
    Kartu Anda berlaku sejak Anda menerima dan mengaktivasi Kartu Kredit Anda pada bulan yang tercetak pada bagian ini sampai dengan hari terakhir dari bulan yang tercetak pada bagian ini.
  4. Nomor Kartu Kredit
    Ini adalah nomor khusus untuk kartu kredit Anda. Cantumkan setiap kali Anda melakukan korespondensi dengan OCBC. Setiap pembayaran atau transaksi apapun dari Kartu Kredit Anda, mohon mencantumkan nomornya dengan jelas.
  5. Stiker Tanda Tangan
    Segera tandatangani pada bagian ini begitu menerima Kartu Kredit OCBC. Pastikan tanda tangan Anda sama dengan yang tercantum di dalam Kartu Tanda Penduduk/Kartu Identitas Anda.
  6. Magnet Stripe
    Hindarkan bagian ini dari magnet dan jangan tergores karena bagian ini menyimpan data mengenai Kartu Kredit Anda.
  7. Call OCBC
    Untuk informasi apapun yang Anda butuhkan mengenai Kartu Kredit OCBC, Anda bisa menghubungi nomor tersebut.

Informasi Dalam Lembar Tagihan

Lembar tagihan merupakan catatan atas rincian transaksi Kartu Kredit OCBC (dari tanggal penagihan bulan sebelumnya ke tanggal penagihan bulan berikutnya). Rincian transaksi yang dicatat adalah transaksi yang dilakukan oleh kartu utama dan kartu tambahan (bila ada). Kartu tambahan tidak akan menerima lembar tagihan yang terpisah.

Nomor Kartu Kredit Utama
Adalah nomor Kartu Kredit Utama OCBC.

Tanggal Cetak Tagihan
Adalah tanggal ditagihnya transaksi-transaksi dan saldo hutang terhutang lainnya. Tanggal ini setiap bulannya akan jatuh pada tanggal yang sama.

Tanggal Jatuh Tempo
Adalah batas akhir pembayaran atas saldo terhutang yang harus sudah diterima oleh PT. Bank OCBC NISP, Tbk yaitu 16 hari untuk Kartu Kredit Platinum dan 23 hari untuk Kartu Kredit Titanium sejak tanggal penagihan. Pembayaran minimum harus dilunasi setiap bulan pada atau sebelum jatuh tempo walaupun Anda belum menerima Lembar Tagihan. Pembayaran yang diterima setelah tanggal jatuh tempo akan dikenakan biaya keterlambatan.

Tagihan Bulan Ini
Adalah saldo terhutang pada saat tanggal penagihan yang mencakup saldo terhutang bulan lalu ditambah transaksi-transaksi sampai dengan tanggal penagihan, biaya-biaya, bunga dan koreksi dikurangi pembayaran dan kredit.

Pembayaran Minimum
Pembayaran minimum 5% dari total tagihan atau Rp50.000,- (mana yang lebih besar)*. Bila saldo terhutang Anda melebihi batas kredit Anda, maka kelebihan tersebut akan ditambahkan pada pembayaran minimum yang akan jatuh tempo. Apabila Anda belum membayar seluruh pembayaran minimum bulan lalu, jumlah tersebut akan ditambahkan juga pada pembayaran minimum Anda yang akan jatuh tempo. Apabila ada transaksi cicilan maka akan ditagih secara penuh.

*Hingga 30 Juni 2025 atau selalu mengikat dengan ketentuan Bank Indonesia

 

Tanggal Transaksi
Adalah tanggal transaksi belanja, penarikan uang tunai atau transaksi lainnya yang dilakukan dengan menggunakan Kartu kredit OCBC.

Tanggal Pembukuan (Tanggal Posting)
Adalah tanggal transaksi Anda dibukukan atau dibebankan ke dalam rekening Kartu Kredit OCBC Anda.

Uraian Transaksi
Informasi di dalam kolom ini merupakan rincian transaksi yang dilakukan menggunakan Kartu Kredit OCBC Anda:

  • Tagihan bulan lalu/sebelumnya menunjukkan posisi saldo akhir tagihan bulan lalu sebelum dikurangi pembayaran dan ditambahkan transaksi dan biaya/denda yang baru.
  • Pembayaran akan mengurangi saldo tagihan bulan lalu.
  • Biaya atau denda adalah nilai biaya atau denda yang dibebankan ke rekening Kartu Kredit OCBC Anda. Misalnya iuran tahunan atau denda keterlambatan jika Anda melakukan pembayaran lewat dari tanggal jatuh tempo.
  • Transaksi yang dilakukan dalam valuta asing akan dicantumkan kode valuta asing yang digunakan, kemudian nilai transaksi tersebut akan dikonversikan ke dalam mata uang Rupiah.
  • Jika anda mempunyai kartu tambahan maka nama pemegang dan nomor kartu tambahan, serta rincian transaksi dari kartu tambahan Anda akan terlihat pada bagian yang terpisah. Jika Anda tidak memiliki kartu tambahan, maka yang tercantum hanyalah rincian transaksi kartu utama.
  • Tagihan bulan ini adalah penjumlahan dari tagihan bulan lalu dikurangi pembayaran kemudian ditambahkan transaksi baru (transaksi kartu utama dan tambahan, biaya dan bunga).
  • Status kredit adalah penggolongan lancar atau tidaknya pembayaran kredit.

Pembelanjaan
Adalah total transaksi pembelanjaan Kartu Kredit OCBC Anda bulan ini.

Bunga & Biaya Administrasi
Adalah besarnya bunga (hanya jika terdapat biaya bunga) dan biaya administrasi yang dikenakan.

Pembayaran
Adalah besarnya pembayaran tagihan Kartu Kredit OCBC yang Anda lakukan.

Total
Adalah besarnya tagihan yang harus Anda bayar bulan ini.

Limit Gabungan
Total batas kredit yang diberikan kepada seorang pemegang kartu melalui 1 atau lebih kartu kredit yang dimilikinya. Total batas kredit Kartu Kredit OCBC Anda merupakan gabungan batas kredit dari semua kartu kredit yang anda miliki. Apabila hanya memiliki 1 kartu maka limit gabungan sama dengan limit Kartu Utama Anda.

Sisa Kredit Gabungan
Adalah jumlah batas kredit yang tersisa sampai dengan tanggal penagihan dan dapat digunakan untuk bertransaksi.

Poin Bulan Ini (hanya untuk Kartu Kredit Platinum)
Adalah jumlah Poin Reward yang Anda dapatkan bulan ini.

Total Poin Sebelumnya (hanya untuk Kartu Kredit Platinum)
Adalah informasi Poin Reward bulan sebelumnya.

Poin Terpakai (hanya untuk Kartu Kredit Platinum)
Adalah informasi jumlah poin Reward yang telah Anda gunakan/redeem hingga bulan ini.

Tanggal Kadaluwarsa (hanya untuk Kartu Kredit Platinum)
Adalah tanggal batas waktu berlakunya Poin Reward Anda.

Total Poin (hanya untuk Kartu Kredit Platinum)
Poin Reward efektif Anda.

Suku Bunga (% Bunga Retail)
Adalah informasi besarnya bunga yang dikenakan karena pembayaran tagihan yang tidak dibayar penuh oleh nasabah. Besarnya suku bunga ditentukan oleh pihak bank.

Suku Bunga (% Penarikan Tunai)
Adalah informasi bunga yang dikenakan karena transaksi penarikan tunai, besarnya suku bunga ditetapkan pihak Bank.

Catatan:
Anda akan dikenakan bunga, bila:

  • Pembayaran melampaui tanggal jatuh tempo.
  • Pembayaran minimum atau tidak penuh.
  • Pembayaran kurang dari minimum.
  • Tidak melakukan pembayaran.
  • Adanya transaksi penarikan uang tunai.
Syarat dan Ketentuan Umum Kartu Kredit OCBC 

 

Definisi
Dalam Syarat dan Ketentuan ini, kecuali dinyatakan lain dalam konteksnya, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

"Anjungan Tunai Mandiri" selanjutnya disebut "ATM" adalah mesin yang bisa dipakai oleh Pemegang Kartu untuk mengakses layanan perbankan selama 24 jam.

"Bank" adalah PT Bank OCBC NISP, Tbk, suatu perusahaan perbankan yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, berkedudukan di Jakarta Selatan dan beralamat di OCBC Tower, Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 25 Jakarta 12940 termasuk seluruh kantor cabang bank yang berada di Indonesia.

"Batas Pengambilan Tunai" adalah batas maksimal penarikan uang tunai di Counter atau ATM sesuai dengan limit yang disetujui oleh Bank, dimana atas pengambilan uang tunai tersebut dikenakan Biaya Administrasi dan Bunga yang dihitung berdasarkan persentase dari jumlah pengambilan atau minimal jumlah tertentu yang ditetapkan oleh Bank.

"Bea Materai" adalah pajak yang dikenakan atas dokumen berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku yang dibebankan kepada Pemegang Kartu untuk setiap pembayaran yang dilakukan.

"Biaya Administrasi" adalah biaya-biaya yang akan dikenakan oleh Bank kepada Pemegang Kartu sehubungan dengan penggunaan Kartu Kredit.

"Biaya Keterlambatan" adalah biaya yang dikenakan kepada Pemegang Kartu apabila membayar tagihannya melewati batas Tanggal Jatuh Tempo.

"Billing Statement" atau "Lembar Penagihan" adalah pemberitahuan kepada Pemegang Kartu Utama yang antara lain mengenai jumlah Tagihan Bulan Ini, jumlah Pembayaran Minimum dan Tanggal Jatuh Tempo untuk melakukan pembayaran dalam suatu periode penagihan Kartu Kredit.

"Bunga" adalah beban biaya yang akan dikenakan kepada Pemegang Kartu apabila Tagihan Bulan Ini tidak dibayar penuh dan/atau apabila pembayaran dilakukan setelah Tanggal Jatuh Tempo.

"Tanya OCBC" adalah layanan telepon perbankan PT Bank OCBC NISP, Tbk yang dapat dihubungi melalui nomor telepon 1500-999 atau nomor lainnya yang diberitahukan oleh Bank dari waktu ke waktu.

Info lebih lanjut

Kelonggaran Waktu Pembayaran
Apabila tanggal jatuh tempo tagihan Kartu Kredit bertepatan pada hari Sabtu/Minggu atau Hari libur Nasional atau Hari Cuti Bersama yang dinyatakan resmi oleh Pemerintah Republik Indonesia, maka Bank OCBC memberikan kelonggaran waktu pembayaran kepada Pemegang Kartu sampai dengan Hari Kerja resmi terdekat sesudahnya.

Kesalahan Pada Lembar Tagihan
Bila Anda meragukan atau tidak mengakui transaksi yang tercetak pada lembar tagihan, segera hubungi Call OCBC selambat-lambatnya 45 hari kalender sejak tanggal cetak Lembar Tagihan dan mengajukan melalui surat dengan menginformasikan data-data berikut:
- Nama dan nomor kartu Anda
- Rincian transaksi dan jumlah yang disanggah
- Tanggal transaksi
- Alasan sanggahan
- Tanda tangan Anda
- Surat Sanggahan harap dikirimkan ke:
OCBC Card Center
PT. Bank OCBC NISP Tbk.
Unsecured Loan Division
Jl. Gunung Sahari 7 No. 36 (Gedung Gunsa 3) Jakarta Pusat 10720

Transaksi di Luar negeri
Setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan mata uang asing akan dikonversikan ke dalam Rupiah pada tanggal pembukuan berdasarkan nilai tukar yang ditetapkan oleh Bank OCBC dan VISA atau MasterCard International. Perbedaan nilai tukar dimungkinkan karena adanya fluktuasi perubahan nilai tukar.

Kartu Hilang atau Dicuri
Segera laporkan kehilangan Kartu Kredit Anda ke Call OCBC. Setiap transaksi yang terjadi sebelum adanya laporan kepada pihak Bank, akan menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya. Hubungi Call OCBC 1500-999.

Pemindahan Saldo Terhutang
Bank OCBC berhak memindahkan saldo terhutang kepada pihak ketiga.

Penutupan dan Pembatalan Kartu
Kartu kredit Anda akan diperpanjang secara otomatis. Bila Anda ingin membatalkan kepesertaan, Anda wajib memberitahukannya kepada kami selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum masa berlaku kartu kredit Anda berakhir.
Dengan pertimbangan tertentu, Bank OCBC berhak tidak memperpanjang masa berlaku kartu kredit Anda.
Bank OCBC juga berhak setiap saat membatalkan kartu kredit Anda bila catatan rekening kartu Anda tidak baik ataupun karena sebab lainnya.

Ikatan Syarat dan Ketentuan
Dengan menandatangani dan menggunakan kartu kredit Anda, maka Anda telah terikat dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank OCBC. Untuk itu disarankan agar Anda memahami informasi yang terdapat di Syarat dan Ketentuan pada ocbcnisp.com/welcomepack. Bila tidak jelas dengan informasi di dalamnya, Anda bisa menghubungi layanan 24 jam Call OCBC

Poin Reward
Dapatkan 1 poin untuk setiap transaksi ritel senilai Rp 10.000 dan kelipatannya. Poin reward yang telah terkumpul, dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik melalui poinseru.com.
Poin Seru akan terakumulasi dengan produk tabungan dan transaksi e-channel
Bahwa Bank berhak melakukan pendebitan atas mileage/poin reward yang dikreditkan sebelumnya apabila nasabah mengubah transaksi menjadi cicilan atau tidak memenuhi ketentuan.
Transaksi pembelanjaan yang mendapatkan Poin Reward adalah transaksi pembelanjaan ritel dari Kartu Kredit utama dan Kartu Kredit tambahan yang telah dibukukan pada sistem Bank dan tidak termasuk seluruh transaksi cicilan, tarik tunai, Loan on Phone dan transaksi yang dibatalkan.

Cicilan Ringan
Konversi Cicilan adalah fasilitas kredit berjangka atas transaksi pembelanjaan kartu kredit Anda mulai dari 3 hingga 36 bulan dengan cicilan ringan. Suku bunga Konversi Cicilan ditentukan oleh Bank OCBC dan dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan sebelumnya. Pemegang Kartu dapat memilih jangka waktu cicilan yang tersedia dan pilihan tidak dapat diubah. Pemegang Kartu dapat mengajukan permohonan Konversi Cicilan melalui SMS dari nomor handphone Pemegang Kartu yang terdaftar di sistem Bank dan akan mendapatkan konfirmasi balasan.

Merchant Rekanan di Indonesia
Bertransaksi dengan penawaran spesial dari merchant-merchant rekanan Bank OCBC di Indonesia

Merchant Rekanan VISA
Bertransaksi dengan penawaran spesial dari merchant-merchant rekanan VISA di seluruh dunia

Merchant Rekanan di Singapura dan Malaysia
Bertransaksi dengan penawaran spesial dari merchant-merchant rekanan VISA di Singapura dan Malaysia

Personal Identification Number(PIN)

PIN adalah kode rahasia yang diberikan kepada pemegang kartu kredit OCBC, berfungsi untuk transaksi pembelanjaan offline, tarik tunai atau bill payment di ATM OCBC.

Dapatkan PIN Kartu Kredit melalui pilihan channel berikut ini :

  1. Aplikasi OCBC mobile
    Unduh versi terbaru OCBC mobile OCBC dan lakukan langkah berikut:
    • Masuk dengan User ID dan Password Anda
    • Klik "Kewajiban Anda"
    • Pilih Kartu
    • Klik "BUAT/UBAH PIN"
    • Atur PIN Anda dan konfirmasi ulang
    • PIN berhasil dibuat
  2. SMS
    Kirim SMS ke 86477 dengan format:
    OCBC(spasi)SETPINCC(spasi)4 Digit Akhir Kartu Kredit#Tanggal Lahir DDMMYYYY#6 Digit PIN yang diinginkan
    Contoh: OCBC SETPINCC 1234#14121990#180825

Jagalah PIN Anda dari penyalahgunaan: Jangan menuliskan PIN Anda di media apapun, jangan menginformasikan kepada pihak lain termasuk pihak Bank.

Catatan :

  • SMS dari nomor handphone Pemegang Kartu yang terdaftar di sistem Kartu Kredit milik Bank dan akan langsung mendapat balasan berupa nomor PIN yang diinginkan.
  • Pembuatan PIN melalui OCBC mobile hanya untuk pemegang Kartu Utama
  • Pembuatan PIN melalui SMS untuk pemegang Kartu Utama dan Kartu Tambahan menggunakan nomor telepon yang terdaftar pada Bank
RIPLAY Kartu Kredit OCBC Platinum
RIPLAY Kartu Kredit OCBC Platinum

RIPLAY Kartu Kredit OCBC Platinum

Promo untuk Anda

Kartu Kredit 90°N, Kartu Kredit Nyala Platinum, Kartu Kredit Platinum, Kartu Kredit Titanium, Kartu Kredit Voyage

Cicilan 0% hingga 24 bulan - Advance

12 Jun 2024 - 2 Mei 2026

Kartu Debit, Kartu Debit GPN, Kartu Debit Online, Kartu Debit Premier, Kartu Kredit 90°N, Kartu Kredit Platinum, Kartu Kredit Titanium, Kartu Kredit Voyage

Hemat hingga 35% - Liburan di Singapura

1 Jun 2022 - 1 Apr 2026

Kartu Kredit Nyala Platinum, Kartu Kredit Voyage, Kartu Kredit 90°N, Kartu Kredit Platinum

Hemat 6% untuk Pemesanan Hotel - Agoda

19 Jun 2024 - 31 Des 2025

Cerita untuk Inspirasi

Baca

Edukasi, Tips & Trick, Special Offer, Nyala

Ketika Anabul Jadi Icon Kartu Debit: Kolaborasi Cuan & Gemas di IIPE 2024

Baca

Edukasi, Nyala

Intip Daftar Gaji Polisi dan Tunjangannya, Lengkap sesuai Pangkat

Pertanyaan Populer Tentang OCBC Platinum

Ketentuan Kartu Kredit OCBC Platinum
Umur Pemegang Kartu Utama berusia 21 - 65 Tahun
Pemegang Kartu Tambahan minimum 17 tahun (Maximum 3 orang)
Kewarganegaraan WNI dan WNA
Penghasilan Min Pendapatan: Rp 120.000.000 per tahun
Dokumen Identitas Diri Fotokopi KTP atau
Fotokopi Paspor/KIMS/KITAS (Khusus WNA) atau
Fotokopi Kartu Kredit Bank Lain (Khusus Nasabah Bank Lain)
Dokumen Penghasilan Slip Gaji Asli bulan terakhir/Surat Keterangan Berpenghasilan (Khusus Karyawan dan WNA) atau
Fotokopi SIUP/ Akte Pendirian Perusahaan
Rekening Koran/Tabungan 3 bulan terakhir (Khusus Pengusaha) atau
Rekening Koran/Tabungan 3 bulan terakhir, Fotokopi Ijin Praktek dan Fotokopi SPT (Khusus Profesional).

Setiap transaksi Rp 10.000 mendapat 1 Poin Reward berlaku kelipatan

Syarat dan Ketentuan Penukaran Poin Reward Kartu Kredit OCBC Platinum melalui www.poinseru.com:
1.Penukaran poin hanya melalui website di www.poinseru.com.
Redeem Poin melalui website www.poinseru.com dengan menggunakan User ID dan password Online Banking.
2. Bagi nasabah yang belum memiliki user dan password Online Banking untuk login (masuk) ke website di www.poinseru.com, dapat mendaftar di kantor cabang OCBC terdekat.
Seluruh proses penukaran Poin Reward Kartu Kredit hanya dapat dilakukan melalui www.poinseru.com
3. Poin yang didapatkan dari semua kegiatan perbankan, seperti tabungan, dan kartu kredit di Bank OCBC akan disatukan menjadi Poinseru di www.poinseru.com.
4. Transaksi cicilan dan sengketa (dispute transaction) tidak mendapatkan poin.
5. Kriteria produk yang diikutsertakan dalam Reedem Poin yaitu Kartu Kredit (Hanya OCBC NISP Platinum), Kartu Debit OCBC, Tabungan (konvensional dan Syariah), dan E-Channel (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking).
6. Hadiah dalam bentuk E-voucher akan dikirimkan ke alamat email nasabah yang bersangkutan.
7. Poin yang didapatkan nasabah berlaku selama 12 bulan sejak poin terbentuk.
8. Proses verifikasi penukaran poin di website www.poinseru.com menggunakan SMS (bagi nasabah Mobile Banking) dan token (bagi nasabah Internet Banking).
9. Informasi mengenai jumlah, masa kadaluwarsa dan riwayat poin dalam dilihat melalui website www.poinseru.com.

Penukaran poin untuk hadiah dilakukan langsung melalui www.poinseru.com. Berikut adalah langkah untuk menukarkan poin Anda:
1. Masuk ke https://www.poinseru.com/ dan lihat katalog hadiah yang bisa ditukar
2. Tukarkan poin dan peroleh hadiah menarik!
3. Masukan nama dan informasi yang dibutuhkan untuk pengiriman hadiah.
4. Poin yang ditukarkan akan mengurangi akumulasi poin Anda sebelumnya.

Informasi lebih lanjut mengenai tanya jawab penukaran poin silakan kunjungi https://www.poinseru.com/#!/redeem-point

Kartu Utama Rp 600.000 per tahun, Kartu Tambahan: Rp 300.000 per tahun (Bebas biaya iuran tahun pertama)

Mengajukan keberatan karena ketidaksesuaian transaksi, paling lambat 45 hari kalender sejak tanggal Billing Statement dikirimkan. Silakan mengajukan keberatan Anda ke Call OCBC 1500-999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri)

• Aplikasi OCBC mobile*
Unduh versi terkini Aplikasi OCBC mobile dan ikuti langkah berikut:
1. Masuk dengan USER ID dan Password OCBC mobile Anda
2. Klik “Kewajiban Anda”
3. Pilih Kartu Kredit yang akan Anda atur PIN-nya
4. Klik “BUAT/UBAH PIN”
5. Atur PIN yang Anda inginkan dan konfirmasi ulang
6. PIN berhasil dibuat
(*Buat PIN melalui OCBC mobile hanya untuk pemegang Kartu Utama)

• Kirim SMS ke 86477 dengan format:
OCBC[spasi]SETPINCC[spasi]4 Digit Akhir KK[#]Tgl Lahir DDMMYYYY[#]6DigitPIN yang diinginkan
Contoh: OCBC SETPINCC 1234#14121990#180690

Pemegang Kartu kredit cukup menghubungi Call OCBC 1500-999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri) untuk proses pemblokiran Kartu Kredit yang hilang dan mengajukan penggantian kartu kredit dengan biaya Rp 100.000 untuk Kartu Kredit OCBC Titanium, Platinum, dan biaya Rp 2.500.000 untuk Kartu Kredit OCBC Voyage.

Tidak menemukan apa yang Anda Cari?

Lihat FAQ

Kartu Kredit yang memberikan Poinseru untuk setiap transaksi

Optimalkan tabungan dengan Nyala Lewat OCBC mobile