Lengkapi sistem pembayaran untuk jemput setiap peluang bisnis

Solusi pembayaran cashless untuk kelancaran transaksi bisnis Anda

Mengapa OCBC Merchant Solution

placeholder.png

Cashless

Kartu Debit, Kartu Kredit (Visa, Mastercard), dan QRIS

placeholder.png

Contactless

Transaksi lebih mudah, tap & pay

placeholder.png

Aman

Sistem keamanan yang terpercaya dan terjamin - Teknologi enkripsi - Kontrol akses, dll

placeholder.png

Mudah

Monitor transaksi QRIS real-time dan riwayat transaksi melalui OCBC Merchant

    Solusi EDC (Kartu & QR)

    Solusi Online Acquiring

    Solusi Penerimaan Pembayaran QRIS dengan OCBC Merchant

    Ringkasan Informasi Produk

    Syarat & Ketentuan Umum

    Biaya

    Settlement & Laporan Transaksi

    Support

Solusi Pembayaran EDC OCBC untuk kemudahan transaksi bisnis dan pelanggan Anda.

Menerima pembayaran via Kartu GPN, Visa, Mastercard, & QRIS Dinamis*

*Kode QR dimunculkan setelah jumlah pembayaran ditetapkan melalui perangkat EDC

Produk Program Syarat & Ketentuan
Giro Business Smart • Bebas biaya transfer BI-FAST tanpa batas
• Bebas biaya top up e wallet & tagihan bulanan hingga tanpa batas
• Bebas biaya transfer online ke Bank manapun hingga 1000 kali
• Bebas biaya transfer dalam jumlah besar (RTGS) hingga 10 kali
• Bebas biaya transfer ke luar negeri (RTGS) hingga 2 kali
• Bebas biaya layanan
• Reward penerimaan dana masuk hingga Rp150 Ribu/ bulan
• Hanya berlaku untuk Nasabah Nyala Bisnis
• Benefit transaksi berlaku jika transaksi dilakukan via OCBC Mobile atau OCBC Business
• Bebas biaya layanan berlaku untuk saldo rata-rata gabungan min. Rp 1 Juta
• Reward penerimaan dana masuk berlaku untuk saldo rata-rata gabungan min. Rp 1 Juta
QRIS Bebas biaya MDR QRIS untuk 6 bulan pertama hingga max. Rp1 Juta/ bulan • Hanya berlaku untuk Nasabah:
    • Nyala Bisnis
    • Premier Banking dengan Kode Promosi NYBIS2
• Merupakan Nasabah baru produk QRIS
• Minimal refund MDR adalah Rp10 Ribu
• Nasabah menggunakan OCBC Mobile / OCBC Business
• Nasabah harus memenuhi transaksi keluar minimal 6x setiap bulannya
EDC Bebas biaya rental mesin EDC untuk 12 bulan pertama, untuk 2 outlet pertama • Hanya berlaku untuk Nasabah:
    • Nyala Bisnis – Dengan penempatan di rekening giro sebesar Rp50 Juta
    • Premier Banking dengan Kode Promosi NYBIS2
• Merupakan Nasabah baru produk EDC
• Nasabah menggunakan OCBC Mobile / OCBC Business
• Nasabah harus memenuhi transaksi keluar minimal 6x setiap bulannya

Kemudahan transaksi online bisnis Anda, terintegrasi secara langsung dengan Merchant.

Menerima pembayaran kartu transaksi jaringan Visa dan Mastercard tanpa harus berpindah platform.

Solusi Penerimaan Pembayaran QRIS Statis dari seluruh channel pembayaran mobile banking dan e-wallet dengan notifikasi real time melalui aplikasi OCBC Merchant untuk memudahkan transaksi bisnis Anda.

Unduh Aplikasi OCBC Merchant di Playstore dan App Store dan dapatkan beragam keuntungan penerimaan Pembayaran QRIS OCBC.

Merchant Solution
Merchant Solution

Merchant Solution

OCBC Merchant
OCBC Merchant

OCBC Merchant

 
Persyaratan Dokumen PT CV Yayasan Pribadi
Formulir pendaftaran Merchant (hardcopy)
Syarat ketentuan Merchant Jika terdapat pengaturan khusus, PKS berlaku
Identitas pemilik atau penanggungjawab (KTP) ✓ atas nama direktur ✓ atas nama pengurus
NPWP ✓ atas nama pribadi
TDP atau NIB (Nomor Induk Berusaha)
Izin Usaha (berupa SIUP atau dokumen setara) -
*Untuk Merchant Offline: Foto lokasi (tampak depan, kiri, dan kanan), foto barang & aktivitas usaha serta sales, dan foto plang nama.
*Untuk Merchant Online: Foto tampilan website dan foto lokasi usaha (gudang & kantor)
Akta pendirian atau perubahan -
SK KEMENKUMHAM - -

Catatan:

  • Untuk badan usaha yang melampirkan NIB (Nomor Induk Berusaha), tetap wajib melampirkan Izin Usaha yang diterbitkan melalui OSS tetapi tidak perlu melampirkan TDP (Tanda Daftar Perusahaan).
  • Untuk Yayasan dengan kategori sosial (Tempat ibadah, bantuan sosial, donasi) tidak membutuhkan NIB dan Izin Usaha.
  • Apabila proses akuisisi dilakukan melalui penerima kuasa dari Merchant, maka wajib melampirkan Copy Surat Kuasa dan Copy KTP Penerima Kuasa.
  • Bagi merchant pribadi yang mengajukan jenis pembayaran menggunakan kartu, maka wajib melampirkan surat izin usaha.

Kartu MDR

Kartu Jenis Solusi Tipe Kartu Kategori Merchant Tarif MDR
Kartu Debit EDC/Online Acquiring Debit GPN OCBC Reguler 0,15%
Khusus Pendidikan 0,15%
Khusus SPBU 0,15%
Khusus G2P, P2G, Donasi 0%
Debit GPN Bank Lain Reguler 1%
Khusus Pendidikan 0,75%
Khusus SPBU 0,5%
Khusus G2P, P2G, Donasi 0%
Debit Domestik Bank lain   1%
Debit Visa   1%
Debit Mastercard   1%
Kartu Kredit EDC Kartu Kredit Visa   2%
Kartu Kredit Mastercard   2%
Online Acquiring Kartu Kredit Visa   2,5%
Kartu Kredit Mastercard   2,5%

Keterangan:
*)MDR dihitung dari nominal transaksi yang terproses
**) MDR tidak termasuk biaya per transaksi yang dikenakan oleh Payment Gateway

MDR QRIS

Solusi Kategori Merchant MDR
QRIS Mikro nominal transaksi ≤Rp100.000 0%
Mikro nominal transaksi ≥Rp100.000 0,3%
Reguler 0,7%
Pendidikan 0,6%
SPBU 0,4%
Bantuan sosial/donasi (wajib atas nama Yayasan/Organisasi Sosial) 0%

Biaya Bulanan

  • EDC: Rp200 ribu/EDC/bulan
  • QRIS (QR Stiker) : Tidak dikenakan biaya

Laporan transaksi harian akan dikirimkan via email kepada Merchant maksimal H+1 hari kalender setelah settlement.

Pembayaran harian akan dikreditkan pada rekening Merchant H+1 hari kerja setelah settlement.

24/7 service via TANYA OCBC and email

Email: merchant_solutions@ocbc.id
Call: 1500-999

Download OCBC Merchant Sekarang

 

Tanya OCBC

OCBC Merchant merupakan platform layanan digital milik PT Bank OCBC NISP Tbk (“OCBC”) yang dapat digunakan oleh merchant yang merupakan nasabah OCBC dalam melakukan monitoring penerimaan pembayaran transaksi QRIS atas usahanya dan hal lainnya terkait dengan QRIS OCBC.

Merchant adalah Nasabah OCBC yang sudah terdaftar sebagai Merchant pada layanan Merchant Solution OCBC

Silahkan akses www.ocbc.id/id/digital-channel/merchant-solution untuk info lebih lanjut atau hubungi cabang OCBC terdekat.

OCBC Merchant memiliki layanan berikut:

  1. Menampilkan QRIS;
  2. Menerima notifikasi pembayaran; dan
  3. Melihat informasi riawayat transaksi (payment dan disbursement)

Merchant wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi Formulir Aplikasi Merchant dipandu oleh tim OCBC. Setelah pendaftaran selesai, Merchant dapat mengunduh platform OCBC Merchant melalui Playstore (Android) maupun App Store (iOS).

Merchant melalui Pemilik Usaha (Business Owner) dapat masuk dengan menggunakan nomor handphone yang telah didaftarkan pada Formulir Aplikasi Merchant untuk log in pada OCBC.

Ya, Anda sebagai Business Owner dapat mengakses dan menggunakan OCBC Merchant untuk beberapa usaha yang terdaftar dengan 1 nomor handphone milik Anda.

Bapak/Ibu dapat menambahkan Staff Toko atau Kasir sebagai user baru dan tidak terdapat jumlah maksimal selama no. hp yang didaftarkan masing-masing berbeda.

Merchant melalui Pemilik Usaha (Business Owner) dapat menambahkan nomor karyawan toko dan kasir sebagai user baru untuk diberikan akses tertentu sesuai dengan yang dipilih dan ditentukan Business Owner, dengan cara:

Untuk menambahkan Toko:

  • Business Owner login akun;
  • Pilih “Toko” pada layar Home dan pastikan Tab di layar atas juga untuk “Toko”;
  • Layar “Kelola Toko” akan muncul beserta daftar toko yang terdaftar sebagai toko berdasarkan nomor handphone milik Business Owner
  • Klik tanda panah “>” di toko tertentu
  • Isi dan lengkapi detail Toko dengan nomor handphone.
  • Nomor ponsel pada Toko berhasil ditambahkan.

Untuk menambahkan Kasir:

  • Business owner login akun;
  • Pilih “Toko” pada layar Home dan pastikan Tab di layar atas yang dipilih adalah “Kasir”;
  • Klik “Tambah Kasir”
  • Isi detail informasi pada field “Nama Kasir”, Nomor ponsel, dan Pilih Toko tertentu sesuai yang diinginkan untuk Kasir bekerja
  • Pastikan data sesuai dan lengkap, selanjutnya klik “Tambah”
  • Pilih QRIS yang ingin dihubungkan, selanjutnya klik “Tambah”
  • Kasir baru berhasil ditambahkan

Saat ini penggunaan 1 nomor handphone untuk berbagai roles tersebut belum dapat diterapkan di OCBC Merchant. Jadi, pastikan nomor handphone yang Anda gunakan berbeda untuk masing-masing roles!

Setelah login, User dapat langsung mengklik button berwarna merah di tengah dengan tulisan “QRIS”

Anda dapat menunjukan gambar QRIS yang dapat diakses pada button QRIS di tengah screen kepada customer agar dapat digunakan/di-scan oleh customer (dengan menginput jumlah nominal transaksi).

Anda akan mendapatkan 3 notifikasi, yaitu:

  • Notifikasi SMS OTP untuk akses pertama kali masuk/log in ke OCBC Merchant
  • Notifikasi SMS Successful Onboarding
  • Push Notification atas Pembayaran Diterima

Merchant dapat menghubungi tanya@ocbc.id atau hubungi Tanya OCBC 1500-999 / 021-2650-6300 (dari luar negeri).

Untuk proses pengembalian dana (refund) Merchant dapat menghubungi tanya@ocbc.id atau hubungi Tanya OCBC 1500-999 / 021-2650-6300 (dari luar negeri).

Informasi pembayaran yang diterima dapat dilihat pada halaman beranda, transaksi, dan push notification yang akan didapatkan ketika pembayaran diterima. Halaman beranda menampilkan riwayat transaksi real-time di hari tersebut. Sedangkan di halaman transaksi dapat dilakukan filter sesuai dengan tanggal yang diinginkan.

Device dengan operating system minimal Android 5 atau iOS 15.0.

Di menu pengaturan Anda dapat mengganti password, melihat FAQ, syarat dan ketentuan, dan TANYA OCBC.

Tidak menemukan apa yang Anda Cari?

Lihat FAQ