Bayar pakai QRIS tapi gagal? Nggak usah panik! Cari tahu beberapa penyebabnya berikut ini beserta solusinya!
Pemanfaatan teknologi tidak selamanya berjalan mulus. Adakalanya kamu menemui kegagalan, dengan berbagai sebabnya. Namun, selalu ada solusi dari setiap masalah tersebut.
Begitu pula saat kamu menggunakan QRIS saat transaksi. Bisa saja kamu menemui kegagalan, sehingga dana tidak terkirim. Atau laporan dalam perangkat menunjukkan transaksi berhasil, tetapi uang tidak diterima oleh merchant.
Baca juga: Waspada QRIS Palsu di Masjid, Kenali Ciri dan Cara Menghindarinya!
Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan transaksi menggunakan QRIS. Artinya, kamu nggak bisa hanya menyalahkan satu sebab saja.
Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan pembayaran menggunakan QRIS mengalami kegagalan dan dana tidak tertransfer.
Pembayaran QRIS memerlukan koneksi internet yang baik, baik dari sisi pengguna maupun merchant.
Jika koneksi lambat atau terputus, proses pembayaran tidak bisa dilakukan karena aplikasi tidak dapat mengakses server bank atau penyedia layanan pembayaran.
QRIS terhubung langsung dengan rekening atau e-wallet pengguna. Jika saldo di rekening atau e-wallet tidak mencukupi untuk membayar jumlah transaksi, pembayaran otomatis akan gagal.
Proses pembayaran QRIS bergantung pada pemindaian kode QR. Jika kamera ponsel tidak membaca kode QR dengan jelas, transaksi tidak bisa dilakukan.
Kegagalan transaksi terjadi bukan karena pengguna, tetapi karena sistem merchant atau bank sedang offline atau mengalami gangguan teknis.
Dalam kondisi ini, server tidak dapat memproses transaksi meskipun pengguna sudah memenuhi semua persyaratan.
Aplikasi dompet digital atau mobile banking yang tidak diperbarui ke versi terbaru mungkin tidak kompatibel dengan sistem QRIS saat ini.
Selain itu, perangkat yang sudah usang atau tidak mendukung fitur tertentu juga dapat menyebabkan kegagalan saat mencoba menggunakan QRIS.
Baca juga: Apa itu Carding, Pengertian dan Tips untuk Mencegahnya
Lalu bagaimana solusi jika terjadi kegagalan saat membayar dengan QRIS? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi persoalan ini.
Hal pertama yang wajib dilakukan saat bertransaksi secara digital adalah menyimpan bukti transaksi. Bukti ini akan sangat berguna ketika terjadi masalah seperti pembayaran gagal.
Pihak bank atau Penyedia Jasa Pembayaran QRIS akan melakukan pengembalian dana yang gagal. Kamu bisa menggunakan bukti transaksi ini saat melaporkan kegagalan dan dana belum dikembalikan.
Setiap transaksi yang dilakukan pasti akan tercatat dalam riwayat. Ketika terjadi kegagalan, kamu bisa langsung mengecek riwayat transaksi, untuk memastikan status transaksi tersebut.
Jika statusnya “gagal”, maka uang akan dikembalikan ke kamu sesuai ketentuan. Adapun jika status “berhasil” dan uang belum diterima merchant, bisa jadi itu terjadi keterlambatan dan merchant akan menerima dananya nanti.
Solusi berikutnya yang bisa dilakukan adalah menghubungi bank atau penyedia jasa pembayaran QRIS. Langkah ini bisa dilakukan oleh pelanggan maupun merchant.
Kamu beruntung jika memilih OCBC sebagai penyedia jasa pembayaran ini. Pasalnya, bank ini memiliki kanal pengaduan yang lengkap. Adukan saja setiap transaksi yang mengalami kegagalan itu melalui:
Itulah ulasan mengenai pembayaran QRIS yang mengalami kegagalan. Setiap persoalan selalu ada solusinya, sehingga kamu tidak perlu khawatir dan panik!
Baca juga: Nggak Perlu Repot! Begini Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM