Berikut ini adalah cara mudah pesan makanan dan minuman saat berada dalam perjalanan kereta api jarak jauh. Simak, ya!
Kereta Api merupakan moda transportasi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia saat melakukan perjalanan jarak jauh. Harganya yang terjangkau, perjalanan tepat waktu, hingga pengalaman perjalanan yang memuaskan menjadi alasannya.
Saat naik kereta api jarak jauh, kamu bisa membawa makanan sendiri dari rumah untuk dimakan dalam kereta. Namun, PT KAI sendiri juga menyediakan restorasi dengan berbagai menu makanan dan minuman yang bisa dipilih.
Untuk keperluan makanan dan minuman, saat ini sudah ada RailFood, yaitu layanan untuk memesan makanan dan minuman di kereta api yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).
RailFood ini merupakan layanan dari PT KAI bersama anak perusahaannya, yakni PT Reska Multi Usaha. Layanan RailFood atau pesan makanan dan minuman di kereta api ini sudah terintegrasi aplikasi Access by KAI, sehingga dapat dipesan secara online.
Selain itu, kamu bisa memesan makanan secara langsung dengan mendatangi gerbong restorasi atau menunggu pramusaji kereta lewat menjajakan makanan.
Baca juga: Cara Naik Kereta di Jepang dan Cara Membeli Tiketnya
Cara Pesan Makanan di Kereta
Ada dua cara memesan makanan di kereta, yaitu secara online melalui aplikasi Access by KAI atau secara langsung kepada pramusaji di kereta. Berikut rincian caranya.
Access by KAI adalah aplikasi super yang berfokus pada pemesanan tiket kereta api serta dikembangkan dan diterbitkan oleh PT Kereta Api Indonesia sebagai KAI Access sejak 2014.
Aplikasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penumpang baik kereta antar kota, kereta lokal dan kereta LRT, kereta Commuter Line, kereta bandara yang dioperasikan oleh KAI Bandara, hingga kereta cepat Jakarta–Bandung.
Melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan pembelian tiket kereta, mengubah jadwal, membatalkan, hingga melakukan pemesanan makanan saat dalam perjalanan.
Adapun untuk membeli makanan di Access by KAI, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:
Cara memesan makanan di kereta menggunakan aplikasi Access by KAI adalah sebagai berikut:
Selain itu, kamu juga bisa pesan makanan secara langsung. Untuk itu, ada dua pilihan yang bisa dilakukan, yaitu mendatangi gerbong restorasi atau membeli langsung dari pramusaji yang menjajakan makanan.
Pembelian makanan di gerbong restorasi memungkinkan kamu untuk dine in atau makan di tempat. Layout ruangan restorasi sudah disesuaikan layaknya restoran dengan ada kursi dan meja sehingga makan bisa nyaman.
Tata cara membelinya sama seperti membeli barang pada umumnya. Untuk pembayaran, baik pesan online maupun offline bisa dilakukan dengan metode QRIS.
Jika memilih metode pembayaran QRIS, kamu bisa menggunakan layanan QR Pay dari OCBC mobile. Cara bayar QRIS di OCBC mobile sangat mudah, sebagai berikut:
Kamu nggak usah khawatir soal keamanan. Pasalnya, transaksi di OCBC mobile juga sudah dijamin keamanannya.
Setiap transaksi dilindungi Two-Factor Authentication (2FA) dengan penggunaan User ID, Password, serta PIN transaksi yang hanya diketahui oleh kamu sebagai pengguna.
Download OCBC mobile sekarang juga untuk menikmati kemudahan transaksi apapun dalam genggaman!
Baca juga: 6 Jenis Tarif Pajak yang Perlu Diketahui Wajib Pajak