Ada kalanya kamu perlu membatalkan tiket kereta api (KA) yang sudah dibeli karena alasan tertentu. Tak perlu khawatir, tiket KA yang sudah dibeli bisa dibatalkan kok. Berikut cara pembatalan tiket kereta api.
Pembatalan tiket KA bisa dilakukan melalui aplikasi Access by KAI atau loket di stasiun tertentu. Namun sebelum melakukan pembatalan tiket KA, sebaiknya kamu mengetahui sejumlah ketentuan yang ada.
Menurut keterangan VP Public Relations PT KAI Joni Martinus, pembatalan tiket kereta api dikenakan biaya 25 persen dari harga tiket. Artinya, jumlah uang yang akan kamu terima hanya sebesar 75 persen dari harga tiket.
Ketentuan pembatalan tiket lewat Access by KAI juga bisa dilihat di akun Instagram KAI. Berikut sejumlah ketentuan yang perlu dipenuhi untuk pembatalan tiket KA lewat Access by KAI:
Hal yang perlu kamu cek adalah nomor identitas pemilik akun (pemesan tiket) dan/atau calon penumpang lain yang ada dalam satu kode booking, harus sama dengan nomor identitas yang tertera di tiket.
Jadwal perjalanan KA yang dapat dibatalkan adalah paling lambat dua jam sebelum keberangkatan KA tersebut. Status tiket lunas dan belum dicetak sebagai boarding pass/e-boarding pass
Tiket yang dapat dibatalkan melalui aplikasi Access by KAI, adalah tiket KA antarkota atau jarak jauh. Untuk pembatalan tiket KA lokal, hanya dapat dilakukan di stasiun
Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Lewat Access by KAI
Setelah mengetahui ketentuan di atas, berikut cara pembatalan tiket KA via Access by KAI:
- Pada halaman utama, klik “Tiket Saya” Pilih tiket/kode booking yang akan dibatalkan
- Klik “Kelola Pesanan Anda”
- Klik “Pembatalan” Pilih daftar penumpang yang ingin dibatalkan (semua atau sebagian penumpang)
- Klik “BATALKAN PERJALANAN” Ditampilkan informasi bea pembatalan dan dana yang akan di-refund
- Klik “BATALKAN PERJALANAN” Pada halaman Detail Pengembalian Dana, pilih rekening bank atau e-wallet yang diinginkan
- Isi data yang diperlukan sesuai metode pengembalian dana yang sudah dipilih
- Klik “NEXT” Jika sudah sesuai dan yakin untuk pembatalan tiket
- Klik “YA
- Klik “LANJUTKAN”
- Klik “SELESAI”
Baca Juga: Tertarik Jadi Digital Nomad? Yuk Intip Tips Suksesnya!
Cara Pembatalan Tiket Kereta Api via Loket Stasiun
- Proses pembatalan tiket sudah harus diproses oleh petugas loket, paling lambat 30 (tiga puluh) menit sebelum jadwal keberangkatan KA. Waktu tersebut adalah batas akhir seluruh proses pembatalan selesai.
- Pembatalan tiket akan dikenakan bea sebesar 25 persen Melampirkan formulir pembatalan tiket yang telah diisi, boarding pass, dan identitas penumpang.
- Jika pembatalan tiket diwakilkan orang lain yang tidak tercantum dalam tiket, wajib menyertakan Surat Kuasa bermaterai disertai identitas pemilik tiket dan penerima kuasa.
- Pengembalian bea/refund dapat melalui skema transfer bank, e-wallet atau tunai di stasiun online yang ditentukan
- Bea pengembalian tiket (transfer bank/e-wallet) akan dilakukan selama 30-45 hari setelah permohonan pembatalan. Untuk pengembalian secara tunai selama 30 hari setelah permohonan pembatalan
Pembatalan KA via loket hanya berlaku untuk sejumlah stasiun yang sudah ditentukan, antara lain:
Daop 1 Jakarta
- Stasiun Gambir
- Stasiun Pasar Senen
- Stasiun Jakarta Kota
- Stasiun Bekasi
- Stasiun Bogor Paledang
- Stasiun Cikampek
- Stasiun Cikarang
- Stasiun Sukabumi
Daop 2 Bandung
- Stasiun Bandung
- Stasiun Kiaracondong
- Stasiun Purwakarta
- Stasiun Tasikmalaya
- Stasiun Banjar
Daop 3 Cirebon
- Stasiun Cirebon
- Stasiun Cirebon Prujakan
- Stasiun Jatibarang
- Stasiun Brebes
Daop 4 Semarang
- Stasiun Semarang Tawang
- Stasiun Semarang Poncol
- Stasiun Tegal
- Stasiun Pekalongan
- Stasiun Cepu
Daop 5 Purwokerto
- Stasiun Purwokerto
- Stasiun Kutoarjo
- Stasiun Kroya
- Stasiun Cilacap
Daop 6 Yogyakarta
- Stasiun Yogyakarta
- Stasiun Lempuyangan
- Stasiun Solo Balapan
Daop 7 Madiun
- Stasiun Madiun
- Stasiun Jombang
- Stasiun Kediri
- Stasiun Kertosono
- Stasiun Blitar
Daop 8 Surabaya
- Stasiun Surabaya Pasar Turi
- Stasiun Gubeng Baru
- Stasiun Malang
- Stasiun Sidoarjo
- Stasiun Mojokerto
- Stasiun Bojonegoro
Daop 9 Jember
- Stasiun Jember
- Stasiun Ketapang
- Stasiun Kalibaru
- Stasiun Probolinggo
- Stasiun Pasuruan
Divre I Medan
- Stasiun Medan Stasiun Kisaran
- Stasiun Rantau Prapat
- Stasiun Siantar
- Stasiun Tanjungbalai
- Stasiun Tebing Tinggi
Divre II Padang
Stasiun Padang
Divre III Palembang
- Stasiun Kertapati
- Stasiun Lubuklinggau
- Stasiun Prabumulih
Divre IV Tanjungkarang
- Stasiun Tanjungkarang
- Stasiun Kotabumi
- Stasiun Baturaja
Baca juga: Bisnis Properti Tanpa Modal, Mimpi atau Kenyataan?
Itulah cara melakukan pembatalan tiket kereta api yang sudah terlanjur kamu beli. Selain untuk membatalkan tiket, kamu juga bisa membeli tiket kereta api melalui Access by KAI.
Sementara untuk melakukan pembayaran, kamu bisa menggunakan aplikasi OCBC mobile dengan cara sebagai berikut:
Cara Bayar Tiket Kereta Api dengan OCBC mobile
- Pesan Tiket
Gunakan aplikasi KAI Access atau website resmi KAI untuk memilih jadwal, kelas, dan kursi kereta api yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memesan tiket kereta api melalui agen perjalanan lain.
- Pilih Metode Pembayaran OCBC
Saat proses pembayaran, pilih opsi pembayaran melalui OCBC. Kamu akan diberikan nomor virtual account atau kode pembayaran yang unik.
- Buka Aplikasi OCBC Mobile
- Login ke aplikasi OCBC Mobile
- Pilih menu "Pembayaran"
- Masukkan nomor virtual account atau kode pembayaran yang telah kamu dapatkan
- Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan pembayaran.
Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai barang bukti. Setelah itu, cek cek kembali status pembayaran tiket kamu melalui aplikasi KAI atau agen tiket yang kamu gunakan.