Modal saja tidak cukup, berikut faktor keberhasilan usaha yang harus dimiliki!
Dalam mendirikan sebuah usaha, ternyata Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor keberhasilan usaha yang ada. Hal tersebut penting bagi para entrepreneur, sebab tanpa memahaminya dengan baik, bisa-bisa bisnis Anda terancam bangkrut.
Jadi, peluang usaha yang menjanjikan juga harus sebanding dengan berbagai macam risikonya. Lalu sebenarnya, apa saja faktor-faktor keberhasilan usaha? Pada artikel kali ini, OCBC telah merangkumnya khusus untuk Anda. Yuk simak!
Dalam menjalankan bisnis, terdapat beberapa faktor keberhasilan usaha yang perlu Anda cermati dan pertimbangkan. Di antaranya adalah sebagai berikut.
Tekad dan kemauan kuat merupakan salah satu faktor keberhasilan usaha yang utama. Dengan memiliki kedua sifat ini, Anda tidak akan mudah menyerah ketika omset menurun, jumlah klien menurun, atau keuntungan usaha tidak balik modal. Selama ada tekad dalam mencapai target dan bekerja sebaik mungkin, pasti kesuksesan telah menanti.
Dunia bisnis memiliki banyak halangan, risiko, dan kesulitan yang disebabkan oleh kesalahan dan manajemen maupun persaingan usaha. Oleh karena itu, jadikanlah kegagalan serta kerugian yang Anda alami sebagai pelajaran untuk menentukan strategi lebih baik lagi kedepannya.
Faktor keberhasilan usaha selanjutnya adalah dengan bersikap disiplin, baik terhadap waktu, kualitas pekerjaan, maupun manajemen perusahaan. Kedisiplinan ini akan membuat segala keputusan usaha menjadi lebih terkontrol dan berjalan sesuai rencana.
Dengan demikian, target usaha akan lebih mudah tercapai karena tiap-tiap anggota tim mengerjakan pekerjaannya secara bertanggung jawab.
Menjadi kreatif dan inovatif merupakan suatu keharusan ketika Anda menjalankan sebuah bisnis. Hal ini merupakan faktor keberhasilan usaha karena akan menentukan apakah perusahaan mampu bersaing menghadapi kompetitor atau tidak.
Terlebih saat ini persaingan usaha semakin berat karena para pengusaha mulai bisa menciptakan produk-produk berkualitas serupa.
Faktor keberhasilan usaha satu ini juga dapat membuat pembeli lebih setia terhadap produk Anda. Apalagi bila terdapat inovasi-inovasi unik sehingga mereka menganggapnya lebih baik dibanding kompetitor.
Faktor keberhasilan usaha berikutnya adalah seorang pebisnis harus berani mengambil risiko, misalnya dengan berinvestasi, inovasi teknologi, maupun membuat kebijakan-kebijakan lain sewaktu ekspansi bisnis.
Contohnya adalah Gojek sebagai penyedia layanan transportasi online pertama di Indonesia. Mereka mengambil risiko dengan memperkenalkan suatu sistem pemesanan ojek online yang cukup rumit. Namun ternyata inovasi tersebut justru diterima masyarakat dan berhasil dengan pesat.
Faktor keberhasilan usaha secara umum datang dari pengusahanya sendiri, yakni mereka harus percaya diri terhadap bisnis yang sedang dijalankannya. Kepercayaan diri ini tak hanya membantu dalam melakukan ekspansi usaha, namun juga memudahkan dalam pengambilan keputusan perusahaan.
Indikator keberhasilan usaha berkaitan erat dengan seberapa bertanggung jawabnya pemimpin beserta tim perusahaan. Ketika mereka menjalankan perannya secara bertanggung jawab, maka proses bisnis akan berjalan lancar dan target pun mudah tercapai.
Kepemimpinan dan kemampuan kerja sama dalam sebuah tim juga menjadi faktor keberhasilan usaha. Ketika pimpinan mampu mengorganisasikan, mengeksekusi rencana, dan membagi tanggung jawab secara adil, maka seluruh anggota akan bekerja secara produktif.
Selain itu, seluruh anggota tim juga harus mampu bersinergi dalam melakukan tugas masing-masing agar saling mendukung keberlangsungan bisnis. Sehingga, hal ini sangat penting dan menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha.
Tiap-tiap keputusan bisnis selalu mengandung risiko. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus mampu melakukan perencanaan dengan matang sebelum mendistribusikan tanggung jawab kepada seluruh anggota tim. Semakin matang suatu rencana, makin sedikit pula peluang munculnya risiko dan pekerjaan masing-masing orang akan lebih jelas.
Faktor keberhasilan usaha tentu saja tergantung pada jumlah modal yang digunakan untuk melakukan inovasi, produksi, dan operasional perusahaan. Selain itu, seorang pengusaha juga harus tahu bagaimana cara memperoleh permodalan, misalnya dengan menjual saham, sponsorship, dan sebagainya.
Manfaatkan tiap peluang yang ada di sekitar Anda sebaik mungkin. Sebelum melakukan ekspansi bisnis, cermatilah keunikan masing-masing daerah dan apa saja yang sekiranya masih dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Dengan demikian, perusahaan dapat menciptakan inovasi berdasarkan kebutuhan orang lain.
Contoh peluang bisnis yang dapat Anda coba adalah di bidang kuliner, penulisan konten, dan berbagai pekerjaan sampingan.
Produk dan jasa yang unik juga menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha. Mengapa demikian? Hal ini karena semakin unik output suatu perusahaan, makin banyak pula konsumen yang tertarik dan loyal terhadap mereka.
Salah satu dari faktor-faktor keberhasilan usaha adalah seorang pengusaha harus paham betul sektor dan jenis usaha yang sedang mereka jalankan. Dengan demikian, mereka dapat membuat keputusan tepat terkait manajemen perusahaan maupun ekspansi bisnisnya.
Faktor keberhasilan usaha berikutnya adalah Anda harus menentukan siapa target pasar secara spesifik. Hal ini bertujuan untuk merancang inovasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Misalnya, jika target marketing perusahaan adalah anak muda, maka nantinya produk maupun jasa mereka akan disesuaikan pada hal-hal yang sedang populer.
Ketika membangun bisnis, jangan lupa untuk menjalin networking yang luas dengan berbagai kalangan konsumen, perusahaan, sponsor, maupun lembaga pemerintahan. Hal ini memudahkan Anda dalam mencari pendanaan, membuat kontrak kerjasama, hingga melakukan riset pasar.
Lakukanlah promosi secara tepat sesuai target pasar Anda. Selain itu, pastikan untuk selalu melek dengan berita-berita terbaru sehingga dapat tercipta konten marketing yang menarik serta up to date.
Kesabaran dan kegigihan tentu bisa menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha. Hal ini karena dalam bisnis seringkali terjadi kerugian dan kendala-kendala lain yang tak terduga. Oleh karena itu, untuk meraih keberhasilan, Anda harus gigih dalam menjalankan rencana perusahaan.
Pengalaman merupakan salah satu faktor keberhasilan usaha yang tidak bisa kita kesampingkan. Semakin tinggi jam terbang seseorang, makin banyak ide yang dapat mereka sumbangkan pada perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi Sobat OCBC untuk terus belajar dan mengembangkan pengalaman terkait bisnis.
Itulah faktor-faktor keberhasilan usaha yang wajib dimiliki oleh seorang wirausaha. Dari ulasan di atas, dapat dipahami bahwa suksesnya suatu bisnis ternyata bukan hanya soal modal besar saja. Perlu keterampilan berwirausaha serta keuletan tinggi agar bisa berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!