Jakarta, 31 Januari 2022 - Bank OCBC NISP siap mendorong pemulihan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dengan pertumbuhan kinerja positif sepanjang tahun 2021. Keberhasilan Bank dalam mengubah tantangan menjadi peluang yang dihadirkan pandemi terlihat pada perolehan laba bersih sebesar Rp2,5 Triliun atau naik 20% yoy dari Rp2,1 Triliun pada tahun 2020. Peningkatan ini dikontribusikan dari Pendapatan Bunga Bersih yang mengalami pertumbuhan 7% yoy menjadi Rp7,6 Triliun hingga akhir tahun 2021.
Di tengah perlambatan ekonomi, Bank OCBC NISP konsisten menjalankan fungsi intermediasinya, seperti terlihat pada tabel berikut:
Kinerja Keuangan Utama (Diaudit) per posisi 31 Desember, dalam Rp triliun | |||
---|---|---|---|
Keterangan | 2020 | 2021 | ∆% YoY |
Dana Pihak Ketiga | 159,0 | 168,0 | 6% |
Kredit – bruto | 114,9 | 120,8 | 5% |
Pertumbuhan penyaluran kredit Bank OCBC NISP terutama didorong oleh pertumbuhan kredit ritel. Fungsi intermediasi ini dijalankan dengan prinsip kehati-hatian, terlihat dari rasio NPL terjaga di bawah rata-rata NPL industri perbankan dan ketentuan regulator, di mana net NPL pada posisi 0,9% dan NPL bruto pada posisi 2,4%.
“Sejalan dengan visi kami ‘menjadi mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup’, kami fokus dalam mendukung nasabah untuk beradaptasi dengan tantangan karena pandemi. Kami terus menghadirkan inovasi dan inisiatif untuk membantu nasabah meraih financial fitness baik untuk nasabah individu dalam mengelola keuangan dan nasabah korporasi untuk mempertahankan atau mengembangkan bisnisnya. Upaya yang disambut baik oleh nasabah ini mendorong pertumbuhan kinerja Bank OCBC NISP yang positif dan akan menjadi modal yang kuat untuk kami memberikan kontribusi lebih dalam pemulihan ekonomi secara berkelanjutan,” ujar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.
Inisiatif Bank untuk dorong generasi muda jadi #Financiallyfit disambut baik
Komitmen Bank OCBC NISP untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pengetahuan, mindset, dan kebiasaan yang benar terkait pengelolaan keuangan membuahkan hasil positif. Bank OCBC NISP melihat pertumbuhan minat nasabah untuk mengembangkan dananya melalui produk-produk investasi. Pada Desember 2021, transaksi produk wealth management untuk produk reksadana, bancassurance dan surat berharga secara keseluruhan mengalami peningkatan pendapatan sebesar 15% jika dibandingkan dengan tahun 2020. Fee-based income dari bisnis wealth management juga memberikan kontribusi positif, yakni sebesar 25%, yang berasal dari transaksi penjualan reksadana dan bancassurance serta keuntungan dari penjualan surat berharga terhadap total fee-based income Bank OCBC NISP
Tidak hanya itu, edukasi yang konsisten dan juga peningkatan aktivitas di dalam rumah selama pandemi juga meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda untuk memiliki rumah tinggal. Penyaluran KPR Bank OCBC NISP sepanjang tahun 2021 tercatat tumbuh 23% YoY. Generasi muda Indonesia dengan aspirasi memiliki tempat tinggal, dapat memanfaatkan produk KPR Easy Start Bank OCBC NISP dengan cicilan terjangkau dan skema cicilan bertingkat.
Peningkatan Penggunaan ONe Mobile untuk Tumbuhkan Uang
Di tahun 2021, Bank OCBC NISP terus memperkuat transformasi digital yang telah mulai dikembangkan jauh sebelum pandemi, salah satunya dengan kembali mengembangkan kapabilitas ONe Mobile, aplikasi mobile banking untuk nasabah individu untuk membantu menumbuhkan uangnya. Kapabilitas ONe Mobile untuk menumbuhkan uang dan melakukan transaksi sehari-hari telah mendapat sambutan yang positif dari nasabah. Jumlah transaksi yang dilakukan nasabah melalui ONe Mobile sepanjang tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 17%, nilai transaksi mengalami peningkatan sebesar 20%, sementara jumlah pengguna bertambah 19% dibandingkan tahun 2020.
Peningkatan Pengunaan Velocity untuk kebutuhan Bisnis
Bank OCBC NISP sangat memahami tantangan yang dihadapi para pelaku usaha. Hal ini yang mendorong Bank untuk terus meningkatkan dukungan kepada pelaku UMKM, lebih dari sekedar pembiayaan. Bank OCBC NISP juga melanjutkan pengembangan kapabilitas layanan digital untuk nasabah korporasi, yakni pada velocity@ocbcnisp. Hal ini mendapat sambutan yang baik dari nasabah korporasi, tercermin dari peningkatan penggunaan sepanjang tahun 2021, dimana nilai transaksi melalui velocity@ocbcnisp tumbuh 64%, sementara jumlah frekuensi transaksi dan pengguna masing-masing tumbuh sebesar 20% dan 11% dibandingkan tahun 2020.
Untuk mendukung bangkitnya pelaku UMKM dan mendorong perekonomian masyarakat Indonesia ke arah yang lebih baik, Bank OCBC NISP konsisten menyalurkan kredit kepada pelaku UMKM. Selain itu, Bank juga membangun kolaborasi dengan beberapa perusahaan fintech untuk mendukung UMKM. “Perkembangan ekonomi global dan domestik di tahun 2022 diproyeksikan semakin membaik meski di tengah ketidakpastian kapan pandemi akan berakhir karena merebaknya varian baru COVID-19. Penanganan pandemi yang semakin efektif diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap prospek pemulihan ekonomi, baik untuk masyarakat maupun pelaku usaha di Indonesia. Bank OCBC NISP akan terus menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif secara konsisten untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang #financiallyfit,” tutup Parwati.
Sekilas laporan keuangan dan rasio keuangan per 31 Desember 2021, disajikan dalam factsheet terlampir.
Sekilas tentang Bank OCBC NISP
OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal 31 Desember 2021, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 211 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia, dilengkapi dengan 537 unit ATM Bank OCBC NISP yang dapat diakses di lebih dari 100.000 jaringan ATM di Indonesia, sekaligus terhubung dengan lebih dari 700 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat idAAA (stabil) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dan AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.
Brand & Communication Division
OCBC NISP Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: 021-57944000
corporate.communication@ocbcnisp.com
Website : www.ocbcnisp.com
Aleta Hanafi Division Head aleta.hanafi@ocbcnisp.com, Mobile: 62-8119860068 |
Duhita Rahma Mahatmi (Gandis) Corporate Communication Head duhita.mahatmi@ocbcnisp.com Mobile: 62-8111071069 |
Masniar Hutajulu Corporate Communication masniar.hutajulu@ocbcnisp.com Mobile: 62- 85218211636 |